Optimalisasi Career Maturity melalui Psikoedukasi dalam Menggali Potensi Bakat Siswa SMAIT Al-Fityan

Authors

  • Kartika Cahyaningrum Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Dian Afifah Hazwani Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Faradhiba Natasya Ho Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Mirfat Safira Ichsan Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1407

Keywords:

Kematangan Karir, Psikoedukasi, Remaja, Minat Bakat, Career Maturity

Abstract

Masa remaja adalah periode kritis dalam perkembangan individu, di mana pembentukan jati diri dan kematangan karir menjadi aspek penting yang perlu mendapat perhatian khusus. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kematangan karir siswa SMAIT Al-Fityan School Gowa melalui psikoedukasi bertema "Career Maturity". Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest, melibatkan 33 siswa kelas XI. Need assessment dilakukan melalui wawancara dengan guru BK dan survei kepada siswa. Psikoedukasi disampaikan melalui ceramah interaktif serta worksheet analisis SWOT dan mind-map. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan terkait persiapan kematangan karir setelah mengikuti psikoedukasi, dengan perbedaan signifikan (p<0,001) pada hasil Pre-Test dan Post-Test berdasarkan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank. Evaluasi juga menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, di mana seluruh 33 siswa merasa puas dengan program tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa psikoedukasi efektif meningkatkan kematangan karir siswa serta membantu mereka memilih jalur karir yang sesuai dengan minat dan bakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhini, L. P. R., Aryanata, N. T., Widianti, A., Astaningtias, N. M. I. N., & Utami, N. M. S. N. (2021). Seminar merancang masa depan siswa sma. UNBI Mengabdi, 2(1), 12-17. http://ejournal.unbi.ac.id/index.php/UNBIMengabdi/article/view/207/151

Apriliana, I. P. A., & Suranata, K. (2022). Membantu kematangan karir siswa SMK melalui konseling cognitive behavioral teknik bibliotherapy. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(2), 33-48. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i3.57921

Azwar, S. (2022). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Pustaka pelajar.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Pustaka pelajar

Burhamzah, M., Fatimah, S., Asri, W. K., & Mannahali, M. (2023). Pelatihan pengembangan diri, bakat, dan kreativitas untuk remaja di era global. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(04), 737-745. https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/111

Dalimunthe, H. L. (2017). Pelatihan “Masa Depanku” Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMA Negeri X Yogyakarta. Kognisi Jurnal, 1(2), 153-164. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1469236

Faruq, F., Aziz, M. F., Sukmakarti, L. D., Rahmawati, S., & Purwandari, E. (2022). Pelatihan karir sebagai upaya meningkatkan pengambilan kuputusan karir siswa. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 795-805. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.2008

Febriani, Z., Caninsti, R., & Kumalasari, D. (2022). Psikoedukasi pengenalan diri remaja forum anak jakarta pusat. Info Abdi Cendekia, 5(1), 7-12. https://doi.org/10.33476/iac.v5i1.71

Ginting, P. A., Yusuf, S., Taufiq, A., & Saripah, I. (2024). Analisis literatur bimbingan karir terhadap keputusan karir pada remaja. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(3), 1260-1275. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5004

iNews.id. (2020). Survei: 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan. Diakses pada 1 Juli 2024, dari https://www.inews.id/news/nasional/survei-87-persen-mahasiswa-di-indonesia-salah-jurusan

Jalal, N. M., Piara, M., Jufri, I. H., Astuti, R. B., Ananda, R. A., Patiung, R., & Bunga, S. R. (2022). Pengaruh psikoedukasi self-efficacy terhadap perencanaan karir pada mahasiswa di universitas negeri makassar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 769-778. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.769-778.2022

Jalal, N. M., Syam, R., Ansar, W., & Piara, M. (2023). Psikoedukasi get our future menuju generasi andalan siap menantang masa depan. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(4), 783-791. https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/129

Kasan, I. A. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan karir di kelas X sma negeri 1 tilamuta. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83-89. https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1111

Maesaroh, S., & Saraswati, S. (2020). Prediksi locus of control internal dan kecerdasan emosi dengan kematangan karir. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 90-103. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/6332

Muhammad, M., Yuniarsih, N., Marganus, E., & Rosihan, R. (2021). Analisis kebutuhan sdm di mulai dari sejak sekolah kejuruan dalam rangka pengembangan karir di dunia usaha. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(3), 166-178. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i3.4015

Muslikah, M., Sugiharto, D. Y. P., Sugiyo, S., & Sutoyo, A. (2022). Psikoedukasi kelompok dengan peer support untuk meningkatkan career adaptability santri di pesantren. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 718-724. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Nakamura, J., & Csikszentmihalyi, M. (2012). Flow theory and research. Handbook of positive psychology, 195, 206. Oxford, MS: Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780195187243.013.0018

Ni’matuzaroh. (2019). Aplikasi Psikologi di Sekolah: Teori dan Praktik dalam Memahami Masalah-Masalah di Sekolah. Malang: UMM Press

Nurhastuti, E. S., Oktapiana, D., & Nabila, R. P. (2023). Career opportunities “kuliah atau kerja”. Jurnal Bhakti Karya dan Inovatif, 3(2), 66-70. https://interoperabilitas.perpusnas.go.id/archive/detail/17419/jurnal-bhakti-karya-dan-inovatif?page=2&sets=Articles

Nurhayati, T., Mustika, R. I., & Fatimah, S. (2021). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management terhadap kematangan karier pada siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(3), 219-226. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i3.6020

Pratiwi, M., Purnamasari, A., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas pemberian konseling minat dan bakat untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMA di Kota palembang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(1), 132-136. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6169

Puspitasari, D. A. (2023). Meningkatkan perencanaan karir menggunakan media mind mapping dengan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas xi 3 sma n 8 semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 862–868. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5193

Raihana, P. A., Roesmalita, M., & Mahira, R. S. (2024). Peningkatan pengetahua kematangan karir siswa smk yosonegoro magetan. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm), 4(1), 26-35. https://doi.org/10.31967/jpm.v4i1.968

Rais, M. R. (2022). Kepercayaan diri (self-confidence) dan perkembangannya pada remaja. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12(1), 40-47. http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935

Rambe, I. H., Panjaitan, Y. J., Anissaniwaty, M., & Widyastuti, L. (2023). Peningkatan potensi diri: Mengenali diri, minat, dan bakat pada pelajar SMK. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 96-105. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i4.1116

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Shobrina, S. (2024). Pelaksanaan layanan bimbingan karier dalam membantu pemilihan karier siswa. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 2209-2216. https://doi.org/10/33394/realita.v9i1.9877

Start, D., & Hovland, I. (2004). Tools for policy impact: a handbook for researchers. London: Overseas Development Institute.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supratiknya, A. (2011). Merancang Program dan Modul Psikoedukasi. Yogyakarta: PENERBIT UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Tunggali, A. P. P. W. (2021). Konseling karir virual untuk meningkatkan kematangan karir kelas xii di masa pandemi. Jurnal Sinergi, 2(1), 18-24. https://doi.org/10.23960/jsi.v2i1.20

Ulfah, U. (2019). Peran konselor dalam mengembangkan potensi peserta didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. http://dx.doi.org/10.57171/jt.v1i1.45

Wadhlah, Z. H., Rahmiawan, N. A., Firdaus, A., & Habsy, B. A. (2024). Peran guru bimbingan dan konseling abad 21 dalam meningkatkan kemandirian peserta didik dalam perencanaan karier melalui layanan bimbingan kelompok. TSAQOFAH, 4(3), 1695-1714. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i3.2971

Wibana, A. (2022). Upaya meningkatkan pemahaman menuju proses dunia kerja melalui layanan karir metode mind mapping pada siswa kaelas xii-s2 sma batik surakarta semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Syntax Admiration, 3(9), 1213-1230. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i9.490

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Cahyaningrum, K., Hazwani, D. A., Natasya Ho, F., & Ichsan, M. S. (2024). Optimalisasi Career Maturity melalui Psikoedukasi dalam Menggali Potensi Bakat Siswa SMAIT Al-Fityan. Journal of Education Research, 5(4). https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1407

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check