Optimalisasi Career Maturity melalui Psikoedukasi dalam Menggali Potensi Bakat Siswa SMAIT Al-Fityan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1407Keywords:
Kematangan Karir, Psikoedukasi, Remaja, Minat Bakat, Career MaturityAbstract
Masa remaja adalah periode kritis dalam perkembangan individu, di mana pembentukan jati diri dan kematangan karir menjadi aspek penting yang perlu mendapat perhatian khusus. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kematangan karir siswa SMAIT Al-Fityan School Gowa melalui psikoedukasi bertema "Career Maturity". Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest, melibatkan 33 siswa kelas XI. Need assessment dilakukan melalui wawancara dengan guru BK dan survei kepada siswa. Psikoedukasi disampaikan melalui ceramah interaktif serta worksheet analisis SWOT dan mind-map. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan terkait persiapan kematangan karir setelah mengikuti psikoedukasi, dengan perbedaan signifikan (p<0,001) pada hasil Pre-Test dan Post-Test berdasarkan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank. Evaluasi juga menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, di mana seluruh 33 siswa merasa puas dengan program tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa psikoedukasi efektif meningkatkan kematangan karir siswa serta membantu mereka memilih jalur karir yang sesuai dengan minat dan bakat.
Downloads
References
Andhini, L. P. R., Aryanata, N. T., Widianti, A., Astaningtias, N. M. I. N., & Utami, N. M. S. N. (2021). Seminar merancang masa depan siswa sma. UNBI Mengabdi, 2(1), 12-17. http://ejournal.unbi.ac.id/index.php/UNBIMengabdi/article/view/207/151
Apriliana, I. P. A., & Suranata, K. (2022). Membantu kematangan karir siswa SMK melalui konseling cognitive behavioral teknik bibliotherapy. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(2), 33-48. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i3.57921
Azwar, S. (2022). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Pustaka pelajar.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Pustaka pelajar
Burhamzah, M., Fatimah, S., Asri, W. K., & Mannahali, M. (2023). Pelatihan pengembangan diri, bakat, dan kreativitas untuk remaja di era global. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(04), 737-745. https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/111
Dalimunthe, H. L. (2017). Pelatihan “Masa Depanku” Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMA Negeri X Yogyakarta. Kognisi Jurnal, 1(2), 153-164. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1469236
Faruq, F., Aziz, M. F., Sukmakarti, L. D., Rahmawati, S., & Purwandari, E. (2022). Pelatihan karir sebagai upaya meningkatkan pengambilan kuputusan karir siswa. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 795-805. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.2008
Febriani, Z., Caninsti, R., & Kumalasari, D. (2022). Psikoedukasi pengenalan diri remaja forum anak jakarta pusat. Info Abdi Cendekia, 5(1), 7-12. https://doi.org/10.33476/iac.v5i1.71
Ginting, P. A., Yusuf, S., Taufiq, A., & Saripah, I. (2024). Analisis literatur bimbingan karir terhadap keputusan karir pada remaja. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(3), 1260-1275. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5004
iNews.id. (2020). Survei: 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan. Diakses pada 1 Juli 2024, dari https://www.inews.id/news/nasional/survei-87-persen-mahasiswa-di-indonesia-salah-jurusan
Jalal, N. M., Piara, M., Jufri, I. H., Astuti, R. B., Ananda, R. A., Patiung, R., & Bunga, S. R. (2022). Pengaruh psikoedukasi self-efficacy terhadap perencanaan karir pada mahasiswa di universitas negeri makassar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 769-778. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.769-778.2022
Jalal, N. M., Syam, R., Ansar, W., & Piara, M. (2023). Psikoedukasi get our future menuju generasi andalan siap menantang masa depan. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(4), 783-791. https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/129
Kasan, I. A. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan karir di kelas X sma negeri 1 tilamuta. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83-89. https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1111
Maesaroh, S., & Saraswati, S. (2020). Prediksi locus of control internal dan kecerdasan emosi dengan kematangan karir. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 90-103. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/6332
Muhammad, M., Yuniarsih, N., Marganus, E., & Rosihan, R. (2021). Analisis kebutuhan sdm di mulai dari sejak sekolah kejuruan dalam rangka pengembangan karir di dunia usaha. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(3), 166-178. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i3.4015
Muslikah, M., Sugiharto, D. Y. P., Sugiyo, S., & Sutoyo, A. (2022). Psikoedukasi kelompok dengan peer support untuk meningkatkan career adaptability santri di pesantren. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 718-724. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Nakamura, J., & Csikszentmihalyi, M. (2012). Flow theory and research. Handbook of positive psychology, 195, 206. Oxford, MS: Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780195187243.013.0018
Ni’matuzaroh. (2019). Aplikasi Psikologi di Sekolah: Teori dan Praktik dalam Memahami Masalah-Masalah di Sekolah. Malang: UMM Press
Nurhastuti, E. S., Oktapiana, D., & Nabila, R. P. (2023). Career opportunities “kuliah atau kerja”. Jurnal Bhakti Karya dan Inovatif, 3(2), 66-70. https://interoperabilitas.perpusnas.go.id/archive/detail/17419/jurnal-bhakti-karya-dan-inovatif?page=2&sets=Articles
Nurhayati, T., Mustika, R. I., & Fatimah, S. (2021). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management terhadap kematangan karier pada siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(3), 219-226. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i3.6020
Pratiwi, M., Purnamasari, A., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas pemberian konseling minat dan bakat untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMA di Kota palembang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(1), 132-136. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6169
Puspitasari, D. A. (2023). Meningkatkan perencanaan karir menggunakan media mind mapping dengan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas xi 3 sma n 8 semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 862–868. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5193
Raihana, P. A., Roesmalita, M., & Mahira, R. S. (2024). Peningkatan pengetahua kematangan karir siswa smk yosonegoro magetan. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm), 4(1), 26-35. https://doi.org/10.31967/jpm.v4i1.968
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan diri (self-confidence) dan perkembangannya pada remaja. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12(1), 40-47. http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Rambe, I. H., Panjaitan, Y. J., Anissaniwaty, M., & Widyastuti, L. (2023). Peningkatan potensi diri: Mengenali diri, minat, dan bakat pada pelajar SMK. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 96-105. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i4.1116
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Shobrina, S. (2024). Pelaksanaan layanan bimbingan karier dalam membantu pemilihan karier siswa. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 2209-2216. https://doi.org/10/33394/realita.v9i1.9877
Start, D., & Hovland, I. (2004). Tools for policy impact: a handbook for researchers. London: Overseas Development Institute.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supratiknya, A. (2011). Merancang Program dan Modul Psikoedukasi. Yogyakarta: PENERBIT UNIVERSITAS SANATA DHARMA
Tunggali, A. P. P. W. (2021). Konseling karir virual untuk meningkatkan kematangan karir kelas xii di masa pandemi. Jurnal Sinergi, 2(1), 18-24. https://doi.org/10.23960/jsi.v2i1.20
Ulfah, U. (2019). Peran konselor dalam mengembangkan potensi peserta didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. http://dx.doi.org/10.57171/jt.v1i1.45
Wadhlah, Z. H., Rahmiawan, N. A., Firdaus, A., & Habsy, B. A. (2024). Peran guru bimbingan dan konseling abad 21 dalam meningkatkan kemandirian peserta didik dalam perencanaan karier melalui layanan bimbingan kelompok. TSAQOFAH, 4(3), 1695-1714. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i3.2971
Wibana, A. (2022). Upaya meningkatkan pemahaman menuju proses dunia kerja melalui layanan karir metode mind mapping pada siswa kaelas xii-s2 sma batik surakarta semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Syntax Admiration, 3(9), 1213-1230. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i9.490
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Kartika Cahyaningrum, Dian Afifah Hazwani, Faradhiba Natasya Ho, Mirfat Safira Ichsan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).