Literasi Sains dan Digital dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1404Keywords:
Poster Digital, Keterampilan Literasi SainsAbstract
Rendahnya keterampilan literasi sains siswa, diakibatkan beberapa faktor salah satunya kurangnya inovasi dalam menerapkan media pemebelajaran. Pembelajaran yang baik memerlukan kemajuan, khususnya pengembangan cara pendidik mendidik atau kemajuan dalam aset pembelajaran. Salah satunya dengan menghadirkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, karena saat ini siswa dan pendidik diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah penggunaan media poster digital berpengaruh terhadap keterampilan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan 24 siswa kelas IV sebagai sampel. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa indikator mengidentifikasi isu-isu masalah ilmiah siswa tergolong dalam kriteria sangat tinggi, indikator menjelaskan fenomena ilmiah siswa tergolong dalam kriteria rendah dan indikator menggunakan bukti ilmiah siswa tergolong dalam kriteria sangat rendah. Hipotesis alternatif bahwa media poster digital berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini berkontribusi untuk memahami pengaruh media poster digital terhadap keterampilan literasi sains siswa, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas pembelajaran di era empat titik nol yang serba digital
Downloads
References
Anuraga G, A. (2021). Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar Dengan Software. 9(1), 1–13.
Darihastining, S., Chalimah, C., & Rizka, A. M. (2023). Media Poster Digital Etnobotani Wujud Sesaji pada Sastra Pentas sebagai Bahan Ajar Mapel Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas X di SMK Darul Ulum 1 Peterongan Jombang. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 250–261. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/9137
Dermawan D., R. A. N. (2022). Journal of Physical Education ( JouPE ) MODEL LATIHAN DUMBBELL SIDE LUNGES DAN DUMBBELL. 3(1), 1–4.
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Harmadji, D. E., Harahap, T. K., Khasanah, U., Rahmah, N., Trisnawati, S. N. I., Isnaini, M., ... & Halawa, M. V. B. (2023). Pembelajaran Jarak Jauh Kondisi Khusus. Penerbit Tahta Media.
Rusdiana, E., Violinda, Q., Pramana, C., Purwoko, R. Y., Chamidah, D., Rahmah, N., ... & Mujib, A. (2022). College students’ perception of electronic learning during COVID-19 pandemic in Indonesia: A cross-sectional study. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(13).
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19 (The Advantages Of Using Digital Learning Media In Increasing Learning Motivation Of Elementary School Students During The Covid-19 Pandemic). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5.
Kholidah, D. R., Badruttamam, C. A., & Hamidah, A. (2023). Sosialisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Media Poster Digital Terhadap Sikap Intoleransi Siswa Sekolah Dasar. Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (PkMN), 4(1), 3. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3349720&val=19444&title=Sosialisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Media Poster Digital Terhadap Sikap Intoleransi Siswa Sekolah Dasar
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Mustafida. (2021). Pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi profesional furu di mahidayatul mubtadiin desa sidoharjo kecamatan jati agung kabupaten lampung selatan tahun pelajaran 2020/2021. 7(2), 17–27.
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134.
Putri, R. K. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Siswa Pada Topik Keanekaragaman Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.71-78
Rahmah, N., & Afifa, N. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 929–956. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1264
Ramawati, N., Fatmaryanti, S. D., & Global, P. (2024). PENGEMBANGAN POSTER DIGITAL MATERI FISIKA PEMANASAN GLOBAL Ramawati , & Fatmaryanti – Pengembangan Poster Digital … PENDAHULUAN Pemanasan global menjadi isu yang mendesak signifikan kehidupan dan pada memiliki dampak dan lingkungan ( Patrianti juga memili. 12(1), 1–13.
Salmitha, L., Saleh, K., & Sardi, N. (2021). Efektivitas Media Poster Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Ma’arif NU 003 Samarinda. Borneo Jounal of Science and Mathematics Education, 1(3), 125–133.
Shalma, U. N., Helmy, I., & Abrilia, H. (2024). Peran Orientasi Pembelajaran dan Kepribadian Proaktif Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Dengan Creative Self-Efficacy Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 22(1), 22–28.
Siddiq, A. B., & Mustafa, S. R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN PAI. In Riau Journal of Computer Science (Vol. 9, Issue 1).
Sutono, S., & Pamungkas, A. P. (2020). Penerapan Metode Eksperimen Semu Pada Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Obat di Apotek Berbasis Web-Base. Media Jurnal Informatika, 12(2), 44–50. https://doi.org/10.35194/mji.v12i2.1225
Syaifa, H., Khairunnisa, Y., & Yulinda, R. (2023). Pengembangan Poster Digital Multimodal Sistem Pernapasan Manusia Dalam Melatih Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Sains Peserta Didik Smp. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 6(1), 40. https://doi.org/10.31602/dl.v6i1.10459
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Zohriah, A., Faujiah, H., Adnan, A., & Nafis Badri, M. S. M. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 704–713. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4081
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Yuyun Putri Wahyuni Patigu, Nur Rahmah, Zulnuraini Zulnuraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).