Literasi Sains dan Digital dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Yuyun Putri Wahyuni Patigu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Nur Rahmah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Zulnuraini Zulnuraini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1404

Keywords:

Poster Digital, Keterampilan Literasi Sains

Abstract

Rendahnya keterampilan literasi sains siswa, diakibatkan beberapa faktor salah satunya kurangnya inovasi dalam menerapkan media pemebelajaran. Pembelajaran yang baik memerlukan kemajuan, khususnya pengembangan cara pendidik mendidik atau kemajuan dalam aset pembelajaran. Salah satunya dengan menghadirkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, karena saat ini siswa dan pendidik diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah penggunaan media poster digital berpengaruh terhadap keterampilan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan 24 siswa kelas IV sebagai sampel. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa indikator mengidentifikasi isu-isu masalah ilmiah siswa tergolong dalam kriteria sangat tinggi, indikator menjelaskan fenomena ilmiah siswa tergolong dalam kriteria rendah dan indikator menggunakan bukti ilmiah siswa tergolong dalam kriteria sangat rendah. Hipotesis alternatif bahwa media poster digital berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini berkontribusi untuk memahami pengaruh media poster digital terhadap keterampilan literasi sains siswa, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas pembelajaran di era empat titik nol yang serba digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anuraga G, A. (2021). Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar Dengan Software. 9(1), 1–13.

Darihastining, S., Chalimah, C., & Rizka, A. M. (2023). Media Poster Digital Etnobotani Wujud Sesaji pada Sastra Pentas sebagai Bahan Ajar Mapel Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas X di SMK Darul Ulum 1 Peterongan Jombang. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 250–261. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/9137

Dermawan D., R. A. N. (2022). Journal of Physical Education ( JouPE ) MODEL LATIHAN DUMBBELL SIDE LUNGES DAN DUMBBELL. 3(1), 1–4.

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Harmadji, D. E., Harahap, T. K., Khasanah, U., Rahmah, N., Trisnawati, S. N. I., Isnaini, M., ... & Halawa, M. V. B. (2023). Pembelajaran Jarak Jauh Kondisi Khusus. Penerbit Tahta Media.

Rusdiana, E., Violinda, Q., Pramana, C., Purwoko, R. Y., Chamidah, D., Rahmah, N., ... & Mujib, A. (2022). College students’ perception of electronic learning during COVID-19 pandemic in Indonesia: A cross-sectional study. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(13).

Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19 (The Advantages Of Using Digital Learning Media In Increasing Learning Motivation Of Elementary School Students During The Covid-19 Pandemic). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5.

Kholidah, D. R., Badruttamam, C. A., & Hamidah, A. (2023). Sosialisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Media Poster Digital Terhadap Sikap Intoleransi Siswa Sekolah Dasar. Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (PkMN), 4(1), 3. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3349720&val=19444&title=Sosialisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Media Poster Digital Terhadap Sikap Intoleransi Siswa Sekolah Dasar

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Mustafida. (2021). Pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi profesional furu di mahidayatul mubtadiin desa sidoharjo kecamatan jati agung kabupaten lampung selatan tahun pelajaran 2020/2021. 7(2), 17–27.

Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134.

Putri, R. K. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Siswa Pada Topik Keanekaragaman Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.71-78

Rahmah, N., & Afifa, N. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 929–956. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1264

Ramawati, N., Fatmaryanti, S. D., & Global, P. (2024). PENGEMBANGAN POSTER DIGITAL MATERI FISIKA PEMANASAN GLOBAL Ramawati , & Fatmaryanti – Pengembangan Poster Digital … PENDAHULUAN Pemanasan global menjadi isu yang mendesak signifikan kehidupan dan pada memiliki dampak dan lingkungan ( Patrianti juga memili. 12(1), 1–13.

Salmitha, L., Saleh, K., & Sardi, N. (2021). Efektivitas Media Poster Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Ma’arif NU 003 Samarinda. Borneo Jounal of Science and Mathematics Education, 1(3), 125–133.

Shalma, U. N., Helmy, I., & Abrilia, H. (2024). Peran Orientasi Pembelajaran dan Kepribadian Proaktif Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Dengan Creative Self-Efficacy Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 22(1), 22–28.

Siddiq, A. B., & Mustafa, S. R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN PAI. In Riau Journal of Computer Science (Vol. 9, Issue 1).

Sutono, S., & Pamungkas, A. P. (2020). Penerapan Metode Eksperimen Semu Pada Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Obat di Apotek Berbasis Web-Base. Media Jurnal Informatika, 12(2), 44–50. https://doi.org/10.35194/mji.v12i2.1225

Syaifa, H., Khairunnisa, Y., & Yulinda, R. (2023). Pengembangan Poster Digital Multimodal Sistem Pernapasan Manusia Dalam Melatih Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Sains Peserta Didik Smp. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 6(1), 40. https://doi.org/10.31602/dl.v6i1.10459

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Zohriah, A., Faujiah, H., Adnan, A., & Nafis Badri, M. S. M. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 704–713. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4081

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Patigu, Y. P. W., Rahmah, N., & Zulnuraini, Z. (2024). Literasi Sains dan Digital dalam Pembelajaran IPA. Journal of Education Research, 5(3), 3103–3110. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1404

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check