Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Kemandirian di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1394Keywords:
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kemandirian, Kreativitas, Peserta DidikAbstract
Dalam pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kemandirian dan kreatifitas peserta didik tidak dapat tumbuh begitu saja, akan tetapi perlu adanya dorongan atau stimulus yang diberikan baik dari wali murid, guru maupun lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi, tantangan, tindakan dan refleksi yang dilakukan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian merupakan sampel empat SD beradasarkan letak geografis dan perwakilan dari masing masing daerah binaan yang ada di Koordinator Wilayah Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Hasil penelitian menemukan bahwa guru yang mengajar di SD Negeri di Kecamatan Talang Kabupaten Tegal melakukan berbagai cara untuk menumbuhkan kemandirian dan kreativitas peserta didik di lingkungan sekolah seperti mempelajari lebih dalam tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila agar lebih fleksibel dalam memilih model, metode, bekerjasama dengan guru lain dan melakukan pendampingan pada peserta didik.
Downloads
References
Anissa, Neza., Purnamasari, Iin., Rofian. (2023).”Analisis Muatan Dimensi Kreatif pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah 02 Kendalsari”. Jurnal Pena Edukasia Volume 1, Nomor 3 https://journal.cvsupernova.com/index.php/pe
Artati, Risna. (2023).”Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Terhadap Perkembangan Kreativitas Peserta Didik”. Jurnal Edu Research Corporate Indonesian Institute For Learning And Studies. Volume 4, Nomor 2
Ayudia, Inge. dkk. (2023). “Pengembangan Kurikulum”. Serdang: PT. Mifandi Mandiri Digital
Darmiyati Zuchdi, dkk. (2013). “Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi”. Yogyakarta: UNY Press
Dedyerianto, D. (2020). “Pengaruh internet dan media sosial terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa”. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 208–225.
Deliana, dkk. (2024).”Paradigma Karakteristik Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Kreativitas Siswa”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 8 Nomor 1
Dilfa, Alrizka Hairi., dkk. (2023).”Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka”. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Edriani, D., Harmelia, H., & Gumanti, D. (2021). Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Painan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4506–4517. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1479
Fajriansyah, Irham., Syafi’i, Imam., Wulandari, Heny. (2023).”Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Sikap Mandiri Siswa”. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume 6, Nomor 3 http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Fatimatuzzahra. Sakinah, Lulu. Alikha, Siti. (2024).”Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah: Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan”. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Volume 2, Nomor 1 Tahun 2024.
Fattah, Abdul. (2023).” Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu”. Jurnal on Education Volume 5 Nomer 4 Tahun 2023
Forendra, Salsabilla., Hijrah, Ganda. (2023).” Implementasi Model Pembelajaran Pjbl Guna Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi”. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya Yasin, Volume 3, Nomor 5, Oktober 2023
Hadi, M., & Sovitriana, R. S. (2019). “Model kemandirian belajar siswa madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta”. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(3), 26–32.
Hamalik, Oemar. (2017). “Kurikulum dan Pembelajaran “. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryati, Nik. (2011).“Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam”. Jakarta: Alfabeta
https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v14i1.4841
Hudaidah, & Ananda, A. P. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108.
Ilmaknun, Lulu., Ulfah, Maria. (2023). “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar”. Jurnal Sains dan Teknologi Volume 5 No. 1
Iramdan, I., & Manurung, L. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 57–58.https://doi.org/10.5281/zenodo.2678137
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah”. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). “Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53.
Khoirurrijal, dkk. (2022).”Pengembangan Kurikulum Merdeka”. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86.
Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation “ Independent Learning ” In The Era Of Society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2 .e-ISSN
Masykur. (2019).”Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum”. Bandar Lampung: Aura
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 2022.
Misniati., Fitriani, Wahidah. (2023).” Landasan Pengembangan Kurikulum Merdeka dan Urgensinya pada Pembelajaran PAI”. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023.
Mulia, Yuda., dkk. (2023).”Analisis Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Daya Serap Peserta Didik”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Volume 9, Nomor (18) DOI: . https://doi.org/10.5281/zenodo.8310594
Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197-214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246
Nafi’ah, Jamilatun., Faruq, Jauhari., Mutmainah, Siti. (2023).”Karakteristik Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah”. Jurnal Auladuna.
Neni Maryani, Nani Marlina, and Risma Amelia. (2019).”Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pendekatam Open Ended Materi Trigonometri”. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika
Ningsih, Setia. dkk. (2023).”Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka”. Competitive Journal of Education Volume 2 Nomor 3 Tahun 2023
Oktavia, F. T. A., Maharani, D., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di SMK Negeri 2 Pacitan. Edumatic, 4(1), 14–23.
Pramita, Aulia., Zumrotun, Erna., Sofiana, Nina. (2023).”Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar”. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Volume 12, Nomor 2.
Prayekti, P., Budiman, M. H., & Budi, U. L. (2016). “Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa bidik misi masa registrasi 2016”. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII, 143–154.
Putri. dkk. (2022). “Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila”. Jurnal Basicedu Volume 6, Nomor 5 Tahun 2022
Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15 (1), 63.
Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education.
Regina, Prisca., dkk. (2023).”Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel”. Journal Of Information Systems And Management Volume 2 Nomor 6 Tahun 2023
Rejeki, Sri., Setiawan, Deni. (2023). Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 1, No. 1
Safitri, S. F. (2021). “Pengaruh Kemandirian Belajar Peserta Didik dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Di SDIT Al Madina Purworejo”. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 114–124.
Sam, Alfonsus., Tarsan, Vitalis., Leonangung, Ambros. (2023).”Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar”. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar Volume 4 No. 1, Tahun 2023, pp. 65-72
Samsu. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Reseach & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Samsudin, E. (2019). “Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa (Survey Pada Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Di Kecamatan Telagasari–Karawang). Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 14(1), 29–39.
Sanjaya, Wina. (2010).”Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik KTSP”. Jakarta: Kencana
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9 (2), 369–377
Sari, Evi Catur. (2022). Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan
Kurikulum Pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, Vol. 2, No. 2, Juni 2022
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila”.
Septi, y. (2021). Perencanaan Merdeka Belajar Berbasis literasi dalam Pembelajaran IPA. Tesis. Batusangkar: IAIN Batusangkar.
Setiyaningsih, Suci., Wiryanto, Wiryanto. (2022) “Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar,” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 4 (2022): 3041–3052
Sholihah, Primanita., dkk. (2023).”Proyek Profil Pelajar Pancasila Dalam Penguatan Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar”. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Volume 3, Nomor 2 https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Sugianto, I., Suryandari, S., & Diyas Age, L. (2020). “Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah”. JIP Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159-169.
Sukamdinata, S. Nana. (2007).”Pengembangan Kurikulum teori dan Praktek”. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sukamdinata, S. Nana. (2007).”Pengembangan Kurikulum teori dan Praktek”. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sukmawati. (2023). Kajian dan Evaluasi Kurikulum. Sukoharjo: Pradina Pustaka
Sulangasih. dkk. (2023).”Pengembangan Kurikulum Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Volume 8, Nomor 1, Juni 2023
Sulistiyaningrum, Tri., Fathurrahman, Mohammad. (2023).” Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang”. Jurnal Profesi Keguruan Volume 9, Nomor 2
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Supanti, S., & Hartutik, I. (2018). “Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa pada Materi Sistem Koloid dengan Metode Inkuiri”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1).
Swarniti, N. W. (2019). The Translation Procedures of Bible Translation. RETORIKA:Jurnal Ilmu Bahasa, 5 (2), 187–196.
Wijaya, Tresna Sastra. (1999).“Pengembangan Program Pengajaran”. Bandung : Rineka Cipta Karya,
Winarso, Widodo. (2015). “Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah”. Cirebon.
Wirianto, D. (2014). Perspektif Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia. Islamic Studies Journal, 2, 140–147. Dicky Wirianto Perspektif Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia.pdf
Wulandari, Shinta., Misdalina., Tanzimah. (2023).” Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Memahami Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 33 Palembang”. Journal on Education Volume 06, No. 01, September-Desember 2023, pp. 6155-6163 http://jonedu.org/index.php/joe
Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zainal, Arifin. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Anieq Nurbani, Suriswo Suriswo, Dewi Apriani Fr
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).