Pengaruh Metode Fokus Group Discussion dan Perilaku Inovatif Guru PAUD terhadap Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1393Keywords:
Fokus Group Discussion (FGD), Perilaku Inovatif, Modul AjarAbstract
Salah satu contoh perilaku inovatif guru dalam penyusunan modul ajar adalah desain kegiatan yang mendorong kolaborasi antar siswa, melatih keterampilan komunikasi dan kerja sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Fokus Group Discussion terhadap pengembangan modul ajar kurikulum merdeka, perilaku inovatif guru terhadap pengembangan modul ajar kurikulum merdeka, dan interaksi antara metode Fokus Group Discussion (FGD) dan perilaku inovatif guru terhadap pengembangan modul ajar kurikulum merdeka PAUD di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang meneliti populasi atau sampel tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode survei adalah proses yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Berdasarkan pemaparan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa: Metode Fokus Group Discussion berpengaruh terhadap pengembangan modul ajar kurikulum merdeka di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Dari enam puluh responden yang menjawab kuesioner Sangat Tidak Setuju sebesar dua orang. Tidak Setuju sebesar tiga orang atau sebesar. Netral sebesar delapan orang, dan Setuju sebesar empat puluh tujuh orang. Perilaku inovatif guru berpengaruh terhadap pengembangan modul ajar kurikulum merdeka di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Dari enam puluh tujuh responden yang menjawab Sangat Tidak Setuju sebanyak dua orang. Tidak Setuju sebanyak tiga orang. Netral sebanyak enam orang . Setuju sebanyak empat puluh dua orang. Sangat Setuju sebanyak tujuh orang. Total enam puluh orang. (3) Interaksi antara metode Fokus Group Discussion (FGD) dan perilaku inovatif guru terhadap pengembangan modul ajar kurikulum merdeka antara lain FGD memicu perilaku inovatif guru, mendukung implementasi perilaku inovatif guru, memfasilitasi kolaborasi dan kerjasama, dan FGD sebagai alat evaluasi dan pengembangan.
Downloads
References
--------- (2022) Konsep dan Komponen Modul Ajar https://guru.kemdikbud .go.id/kurikulum/ perkenalan/perangkat-ajar/konsep-komponen-modul-ajar/ 21 Oktober 2023.
----------(2019) Pengertian Guru: Definisi, Tugas, dan Peran Guru dalam Pendidikan. https://smamyserang.sch.id/baca/pengertian-guru-definisi-tugas-dan-peran-guru-dalam-pendidikan.
Adnyani, I. G. nyoman sintya, & Suaryana, I. G. ngurah A. (2020). The Effect of Company Sizes, Sales Growth, And ProfitabilityOn Firm Values. American Journal of Humanities and Social Sciences Research
Ali Mudlofir (2018), Pendidik Profesional: Konsep Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia (Jakarta: Rajawali Pers).
Azka Rais Muhammad (2022) 4 Standar Kompetensi Guru yang Harus Pengajar Miliki. https://www.ruangguru.com/blog/apa-saja-standar-kompetensi-guru-yang-harus-dimiliki.
Detikjabar (2022)., "FGD Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Karakteristiknya" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6282782/fgd-adalah-pengertian-tujuan-dan-karakteristiknya.
Freund (2019). "Behavioural biologists do not agree on what constitutes behaviour" (Animal Behaviour. 78: 103–10. doi:10.1016/j.anbehav. 2009.03.018. PMC 2760923 alt=Dapat diakses gratis.
Guru inovatif.id. (2022). Kenapa PAUD itu Penting?. https://guruinovatif.id /artikel /kenapa-paud-itu-penting.
Hanif Sri Yulianto. (2023) Pengertian Inovatif beserta Perilaku dan Ciri-cirinya. https://www.bola.com/ragam/read/5203550/pengertian-inovatif-beserta-perilaku-dan-ciri-cirinya.
Humaira Alya (2022). Focus Group Discussion (FGD): Arti, Teknis Pelaksanaan, dan Cara Menjalaninya. https://glints.com/id/lowongan/fgd-focus-group-discussion-adalah/
Ikhsan (2023). Hakikat Modul Pembelajaran. https://ikhsanaira.wordpress.com /2014/11/11/pengertian-modul-pembelajaran/ 21 Oktober 2023.
Info Kompetensi. ND.(2022)) “Empat Kompetensi Guru Berdasarkan Undang-Undang” [online]. Link: http://kompetensi.info/kompetensi-guru/empat-kompetensi-guru.html
Karban, R. (2019). Plant behaviour and communication. Ecology Letters 11: 727–739, Diarsipkan 4 October 2015 di Wayback Machine.
Karwono (2023) "10 Pengertian Guru Menurut Ahli", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2023/10/20/100000969/10-pengertian -guru-menurut-ahli.
Laudia Tysara (2023). Pengertian Guru adalah Pendidik Profesional, Pahami Peranan dan Syarat Profesinya. https://www.liputan6.com/hot/read /5287694/pengertian-guru-adalah-pendidik-profesional-pahami-peranan-dan-syarat-profesinya?page=2
Lestariningrum, Anik (2023). Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini. https://sabyan.org/fungsi-pendidikan-anak-usia-dini/
Nila. (2018) “ Kumpulan Makna Metode” dalam http//: www.slideshare.co.id /2014/03/02 diakses pada 10 November 2023.
Prawiro (2023). Pengertian Metode Serta Bentuk Karakteristik dan Contohnya. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-metode.html.
Qotrun. (2021). Apa Itu Focus Group Discussion (FGD)?. https://www.gramedia .com /literasi/focus-group-discussion-fgd/.
Ruslan (2018). "Spatial Behaviour Modelling of Unauthorised Housing in Colombo, Sri Lanka". Kemanusiaan the Asian Journal of Humanities. 25 (2): 91–107. doi:10.21315/kajh2018.25.2.5.
Sampoerna (2022). Pengertian Focus Group Discussion (FGD) dan Cara Menjalankan. https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/focus-group-discussion-adalah/.
Sugi Xo (2023) Pengertian Metode. https://www.infomase.com/pengertian-metode/.
Sujiono, Bambang (2023). "Metode Pengembangan Fisik" (PDF). Penerbit Universitas Terbuka.
Sumbarprov.go.id. (2023) .Fungsi Dan Tujuan Paud. https://sumbarprov.go.id /home/news/1557--fungsi-dan-tujuan-paud
Supini, Epin (2022). Mengenal Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka https://blog.kejarcita.id/modul-ajar-kurikulum-merdeka/ 21 Oktober 2023.
Tatminingsih, Sri, dkk. (2019). "CAUD0101 – Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Edisi 2)" (PDF). pustaka.ut.ac.id. Diakses tanggal 2023-12-11.
Wawan, A., & Dewi, M. (2019). Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta. Nuha Medika.
Widayanti (2022) Membuat Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka Itu Mudah! https://www.gurusiana.id/read/widayanti78/article/membuat-modul-ajar-pada-kurikulum-merdeka-itu-mudah-1212563/ diakses 21 Oktober 2023.
Widiastuti, S. (2020). Manajemen Perubahan: Teori dan Aplikasi. Penerbit Andi. (AJHSSR), 4(6), 265–271.
Winarsih, E. (2019). “Pengaruh Kinerja Sosial Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Pt. Indonesia Power”. AJAR, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 49-64).
Quipper (2024) Focus Group Discussion (FGD). https://campus.quipper.com / kampuspedia / focus-group-discussion-fgd.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Alfiyah Alfiyah, Tity Kusrina, Muntoha Nasukha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).