Kemampuan Pemecahan Masalah Media Tic Tac Toe Materi Pembagian Pecahan Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1390Abstract
Dengan menggunakan media Tic Tac Toe, keterampilan pemecahan masalah dilatih guna meningkatkan hasil belajar, motivasi, dan tingkat aktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi kegiatan yang dilakukan pendidik sekaligus mengkaji tugas, motivasi, dan hasil belajar peserta. Penelitian tindakan kelas adalah metodologi yang digunakan pelaksanaanya di SDN Sungai Miai sepuluh kelas IVB, totalnya ada tiga puluh tiga anak. Data kuantitatif dan kualitatif dari pengambilan tes dan observasi peserta didik digunakan dalam penyelidikan ini. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan motivasi belajar peserta didik pada proses pembelajaran, serta data kuantitatif berupa hasil belajar peserta didik diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan dari skala persentase dan indikator ketercapaian belajar yang telah ditetapkan. Hasil kerja para pendidik memenuhi tingkat Sangat Baik, menurut penelitian. Standar Aktif Sepenuhnya dipenuhi oleh aktivitas siswa. Motivasi belajar memenuhi syarat Tinggi Secara Keseluruhan. Prestasi klasikal: Hasil belajar siswa memenuhi syarat tingkat prestasi tersebut. Saran yang dikemukakan peneliti yaitu penggunaan media Tic Tac Toe dapat menjadi salah satu alternatif pendidik untuk memperbaiki proses pembelajaran guna meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi pembagian pecahan, atau pada materi pembelajaran lainnya yang cocok.
Downloads
References
Darmiyati., Adawiah, Rabiatul., & Silvia, D. N. (2023). Improving The Learning Outcomes Of Elementary School Students Using The Effectiveness, Creative, And Horay Models. International Journal, 5(2), 1539–1590.
Darmiyati. dan Hasanah, R. N. (2017). Penerapan Model Explicit Instruction Dikombinasikan Dengan Model Probing Prompting Dan Media Realita Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. JURNAL VIDYA KARYA, 32(2).
Darmiyati, Elisa, & Shinta. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan melalui Model Demonstrasi Kombinasi dengan Problem Based Learning dan Pair Checks Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Lambung Mangkurat.
Darmiyati, & Novitawati. (2023). Development of a Project-Based Comprehensive Assessment Tool Model for Integrated Mathematics Learning in Elementary School Curriculum in Wetland Environments. Journal of Education Method and Learning Strategy, 2(01), 17–27. https://doi.org/10.59653/jemls.v2i01.303
Darmiyati., Sunarno., & Prihandoko, Yogi. (2023). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu Kalimatan Selatan. Communtiy Development Journal , 4(4), 8891–8895.
Darmiyati., Sunarno., & Prihandoko, Yogi. (2023). The effectiveness of portfolio assessment based problem based learning on mathematical critical thinking skills in elementary schools. International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation.
Fauzi, Z. A., Hasanah, A., Rosydah, L., Fajrul Falah, F., Paulina, N., & Nabila, A. (2024). Permainan Tradisional Babuta’an Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Internasional Pendidikan Multibahasa Dan Linguistik Terapan, 1(2), 102–118. www.onlinedoctranslator.com
Fauzi, Z. A., Maulana, Z., & Asniwati. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ppkn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping Dan Word Square Di Kelas Iv Sdn Sungai Pantai 2 Barito Kuala . Universitas Lambung Mangkurat.
Fauzi, Z. A., & Misdayanti. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model PBL dibantu Model CTNJ dikelas V SDN Kelayan Selatan 6. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 1(3), 595–601.
Fauzi, Z. A., & Rosyadi, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik Sekolah Dasar Dengan Model JIGSAW, NHT Dan TGT. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 3(4), 330–338. https://doi.org/10.58344/locus.v3i4.2530
Metroyadi., Pratiwi, D. Ayu., & Adenan, Faisal. (2019). Implementasi Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repitition (Air), Mind Mapping Dan Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IVA SDN Sungai Lulut 5 Kota. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 77–88.
Musarrofah, S. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Strategi Pemasaran Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XII TKJ 1 SMKN 2 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Lampu.
Noorhapizah., Prihandoko, Yogi., Pratiwi, D. A., & Hartati. (2023). Pendampingan Pengembangan Program Sekolah Untuk Menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka Di Lingkungan Lahan Basah. Communnity Development Journal, 4(4), 8886–8890.
Prastitasari, H. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 83–88.
Prastitasari, H., Jumadi, J., Marhamah, E., Purwanti, R., & Sari, R. (2022). Penggunaan Model Pairing Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 276–288. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8763
Prastitasari, H., Mairin Isnani, N., Purwanti, R., & Huljannah, M. (2023). Peningkatan Aktivitas, Minat, Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Map Turret. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(1). https://doi.org/10.3065
Sulfemi, W. B. S., Arsyad, A., & Nurlelasari, E. (2022). Model Course Review Horay Berbantu Media Kartu Berpadu Permainan Tic Tac Toe Dalam Pembelajarn PAI Masa PPKM. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 171–188. https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.728
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Norhafizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Rajawali Pers
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ilham, Darmiyati Darmiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).