Efektivitas Penerapan Strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.139Abstract
Artikel ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam As-Shofa Pekanbaru. Penelitian melibatkan 24 siswa kelas VII SMP Islam As-Shofa Pekanbaru, dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, tes, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan ganda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang dianalisis dengan menggunakan uji sample paired t-test dan uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh sig sebesar 0,000 dan t0 sebesar 9,776 > 8,59. Dari kedua perhitungan diperoleh, Ha di terima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi TGT efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam As- Shofa Pekanbaru.
Downloads
References
Amir. (2022). Aplikasi Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Ekonomi dan Bisnis pada Siswa. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(1).
Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card
Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112.
Hamdani, M. S., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games
Tournamen ( TGT ) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. 3(4), 440–447.
Hartono, (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru : Zanafa Publishing
Javira, W. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dan Kreativitas Guru
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sman 7 Gurun Panjang Dumai. Jurnal Wibawa, 2(2), 25–34.
Lestari, N. I., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta-Analisis Pengaruh
Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 17–30.
Murtiyasi, B., & Hidayah, D. N. (2022). Perbandingan Pengaruh Strategi Make A Match Dan
Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 694–702.
Natalia, D. S. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Menulis Teks Eksplanasi dengan
Metode Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Menggala Tahun Peajaran 2021/2022. 44(12), 2–8. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/304
Sandra, E., & Theresia, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams
Games Tournament ( Tgt ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. 2(2), 22–28.
Satriawati, S. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games
Tournaments) Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas Xii Mia-5 Man 3 Medan. Jurnal Biolokus, 2(2), 201.
Sarumaha, murnihati. (2021). Pengaruh Model Pembelajarannominal Group Technique
(NGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Education and DevelopmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(2)
Savitri, A. S., Sallamah, D., Permatasari, N. A., Guru, P., Dasar, S., Indonesia, U. P.,
Pembelajaran, S., & Belajar, M. (2022). Peran strategi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa 1. 13(2), 505–511.
Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian Edisi Revisi Tahun 2021. Pekanbaru : UR Press
Pekanbaru.
Wijiningsih, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media ”Doraku
Sayang” untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3489–3497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2489
Wulandari, F., Wahyuni, S., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh Media Booklet Terhadap Hasil
Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2071–2080.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Resta Novita Permadi, Sri Kartikowati, Mifta Rizka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).