Efektivitas Penerapan Strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SMP

Authors

  • Resta Novita Permadi Prodi Pendidikan Ekonomi, Universitas Riau, Indonesia
  • Sri Kartikowati Prodi Pendidikan Ekonomi, Universitas Riau, Indonesia
  • Mifta Rizka Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.139

Abstract

Artikel ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa.  Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam As-Shofa Pekanbaru. Penelitian melibatkan 24 siswa kelas VII SMP Islam As-Shofa Pekanbaru, dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, tes, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan ganda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang dianalisis dengan menggunakan uji sample paired t-test dan uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh sig sebesar 0,000 dan t0 sebesar 9,776 > 8,59. Dari kedua perhitungan diperoleh, Ha di terima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi TGT efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam As- Shofa Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir. (2022). Aplikasi Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Ekonomi dan Bisnis pada Siswa. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(1).

Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card

Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112.

Hamdani, M. S., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games

Tournamen ( TGT ) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. 3(4), 440–447.

Hartono, (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru : Zanafa Publishing

Javira, W. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dan Kreativitas Guru

Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sman 7 Gurun Panjang Dumai. Jurnal Wibawa, 2(2), 25–34.

Lestari, N. I., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta-Analisis Pengaruh

Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 17–30.

Murtiyasi, B., & Hidayah, D. N. (2022). Perbandingan Pengaruh Strategi Make A Match Dan

Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 694–702.

Natalia, D. S. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Menulis Teks Eksplanasi dengan

Metode Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Menggala Tahun Peajaran 2021/2022. 44(12), 2–8. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/304

Sandra, E., & Theresia, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams

Games Tournament ( Tgt ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. 2(2), 22–28.

Satriawati, S. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games

Tournaments) Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas Xii Mia-5 Man 3 Medan. Jurnal Biolokus, 2(2), 201.

Sarumaha, murnihati. (2021). Pengaruh Model Pembelajarannominal Group Technique

(NGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Education and DevelopmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(2)

Savitri, A. S., Sallamah, D., Permatasari, N. A., Guru, P., Dasar, S., Indonesia, U. P.,

Pembelajaran, S., & Belajar, M. (2022). Peran strategi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa 1. 13(2), 505–511.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian Edisi Revisi Tahun 2021. Pekanbaru : UR Press

Pekanbaru.

Wijiningsih, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media ”Doraku

Sayang” untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3489–3497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2489

Wulandari, F., Wahyuni, S., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh Media Booklet Terhadap Hasil

Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2071–2080.

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Permadi, R. N., Kartikowati, S., & Rizka, M. (2023). Efektivitas Penerapan Strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SMP . Journal of Education Research, 4(1), 197–202. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.139

Issue

Section

Articles

Citation Check