Pengaruh Pemanfaatan Mengajar dan Peran Guru Penggerak terhadap Peningkatan Kompetensi Guru

Authors

  • Resijan Resijan Universitas Bina Bangsa Getsempena, Indonesia
  • Rita Novita Universitas Bina Bangsa Getsempena, Indonesia
  • Syarfuni Syarfuni Universitas Bina Bangsa Getsempena, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1388

Keywords:

Guru Penggerak, Platform Merdeka, Kompetensi Guru

Abstract

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, peningkatan kompetensi guru menjadi salah satu fokus utama. Kompetensi guru yang tinggi sangat berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian   bertujuan   menganalisis   pengaruh pemanfaatan  platform merdeka   mengajardan peran guru penggerak   terhadap   peningkatan kompetensi guru.    Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru SD dan guru SMP wilayah Rayon 1 dan Rayon 2 Kabupaten Aceh Selatan berjumlah 300 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 guru yang terdiri dari guru SD dan guru SMP wilayah Rayon 1 dan Rayon 2 Kabupaten Aceh Selatan.  Hasil  penelitian  didapatkan  beberapa  temuan  bahwa Pemanfaatan PMM belrpelngarulh selcara parsial telrhadap kompetensi guru di Kabupaten Aceh Selatan delngan nilai Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Peran Guru Penggerak berpengaruh secara parsial terhadap kompetensi guru di Kabupaten Aceh Selatan dengan nilaisignifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Pemanfaatan PMM dan peran guru penggerak belrpelngarulh selcara simultan telrhadap kompetensi guru di Kabupaten Aceh Selatan delngan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti, D., Asbari, M., & Zaharantika, A. (2024). Guru Penggerak : Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru. 03(02), 5–10.

Elvira, E. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada : Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(2), 93–98. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i2.1602

Hamid H Lubis, S., Milfayetti, S., Lubis, M. J., & Purba, S. (2022). Peningkatan Sumber Daya Manusia Guru Melalui Program Guru Penggerak. Jurnal Syntax Admiration, 3(6), 823–832. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i6.441

Kusumadewi, R., Susilowati, N., Hariyani, L., & Nita, A. F. (2023). Peranan Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka Era Merdeka Belajar. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 821–827. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.2692

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Mubarokah, L., Azizah, U. N., Riyanti, A., Nugroho, B. N., & Sandy, T. A. (2021). Pentingnya Inovasi Pendidik untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(9), 1349–1358. https://doi.org/10.47387/jira.v2i9.224

Nur, S., & Mardiah, M. (2020). Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Pendidikan. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 215–228. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245

Saragih, E. R., Purba, H. Y., & Turnip, H. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Pak Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Cross Knowledge, 1(2), 183–190.

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.

Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A. J. B., & Panjaitan, S. M. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:247401126

Tahajudin, D., Rokmanah, S., & Putri, C. H. (2023). Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1967–1972. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1631

Utami, S. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Resijan, R., Novita, R., & Syarfuni, S. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Mengajar dan Peran Guru Penggerak terhadap Peningkatan Kompetensi Guru . Journal of Education Research, 5(4), 4250–4261. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1388

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check