Pengaruh Pemanfaatan Mengajar dan Peran Guru Penggerak terhadap Peningkatan Kompetensi Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1388Keywords:
Guru Penggerak, Platform Merdeka, Kompetensi GuruAbstract
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, peningkatan kompetensi guru menjadi salah satu fokus utama. Kompetensi guru yang tinggi sangat berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh pemanfaatan platform merdeka mengajardan peran guru penggerak terhadap peningkatan kompetensi guru. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru SD dan guru SMP wilayah Rayon 1 dan Rayon 2 Kabupaten Aceh Selatan berjumlah 300 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 guru yang terdiri dari guru SD dan guru SMP wilayah Rayon 1 dan Rayon 2 Kabupaten Aceh Selatan. Hasil penelitian didapatkan beberapa temuan bahwa Pemanfaatan PMM belrpelngarulh selcara parsial telrhadap kompetensi guru di Kabupaten Aceh Selatan delngan nilai Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Peran Guru Penggerak berpengaruh secara parsial terhadap kompetensi guru di Kabupaten Aceh Selatan dengan nilaisignifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Pemanfaatan PMM dan peran guru penggerak belrpelngarulh selcara simultan telrhadap kompetensi guru di Kabupaten Aceh Selatan delngan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Downloads
References
Damayanti, D., Asbari, M., & Zaharantika, A. (2024). Guru Penggerak : Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru. 03(02), 5–10.
Elvira, E. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada : Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(2), 93–98. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i2.1602
Hamid H Lubis, S., Milfayetti, S., Lubis, M. J., & Purba, S. (2022). Peningkatan Sumber Daya Manusia Guru Melalui Program Guru Penggerak. Jurnal Syntax Admiration, 3(6), 823–832. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i6.441
Kusumadewi, R., Susilowati, N., Hariyani, L., & Nita, A. F. (2023). Peranan Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka Era Merdeka Belajar. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 821–827. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.2692
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Mubarokah, L., Azizah, U. N., Riyanti, A., Nugroho, B. N., & Sandy, T. A. (2021). Pentingnya Inovasi Pendidik untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(9), 1349–1358. https://doi.org/10.47387/jira.v2i9.224
Nur, S., & Mardiah, M. (2020). Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Pendidikan. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 215–228. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245
Saragih, E. R., Purba, H. Y., & Turnip, H. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Pak Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Cross Knowledge, 1(2), 183–190.
Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.
Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A. J. B., & Panjaitan, S. M. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:247401126
Tahajudin, D., Rokmanah, S., & Putri, C. H. (2023). Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1967–1972. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1631
Utami, S. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Resijan Resijan, Rita Novita, Syarfuni Syarfuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).