Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1387Keywords:
Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja Kepala Sekolah, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, Pengaruh motivasi kerja kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal dan Pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se Kecamatan Bumijawa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif melalui survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada tujuh puluh delapan guru di lima puluh SD Negeri di Kecamatan Bumijawa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional dan kinerja guru. motivasi kerja kepala sekolah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Model regresi dari variabel independen Motivasi Kepala Sekolah dan Kepemimpinan Transformasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru.
Downloads
References
Agustini, F. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: UISU Press.
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (1st ed.). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendi- dikan Indonesia.
Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi, 17(02), 14–23.
Asrul, Ananda, R., dan Rosnita. (2019). Evaluasi Pembelajaran (2nd ed.). Bandung: Citapustaka Media.
Asterina, F., dan Sukoco. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 12.
Gafur, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (1st ed.). Sidoarjo: NIzamia Learning Center.
Hartanto, S., dan Purwanto, S. (2019). Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Hasim S, M., Amiruddin, dan Nuridayanti. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Jurnal MEDIA ELEKTRIK, 17(2), 8.
Hutahaean, W. S. (2021). Teori Kepemimpinan (1st ed.). Malang: Ahlimedia Press.
Ibrahim, N. (2018). Perencanaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis (1st ed.). Jakarta: Mitra Abadi.
Jahari, J. dan Rusdiana. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Agama Islam. Bandung: Yayasan Darul Hikam.
Juhro, S. M. (2020). Transformational Leadership: Konsep, Pendekatan, dan Implikasi Pada Pembangunan (2nd ed.). Jakarta: Bank Indonesia Institute.
Jumiatun. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan KInerja Guru. Universitas Sanata Dharma.
Kelvin, A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Maris, Intan Silvana, Aan Komariah dan Abu bakar. 2016. “Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru dan Mutu Sekolah”. Jurnal Administrasi Pendidikan, (Online), Vol.23, No.2, (https://ejournal.upi.edu, diakses 22 Maret 2020.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mugiasih, N. (2019). Motivasi Kerja Guru dan Fasilitas Pembelajaran Dalam Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 118–128. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19854
Mukhtar, A., dan Md, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899
Mukni’ah. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13) (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyadi. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah dam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: Uin Maliki Press.
Mulyono. 2017. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Purwanto, N. A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan (Kepala Sekolah sebagai Manager dan Leader). Yogyakarta: Pujangga Press.
Qodir, A. (2017). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta: K-Media.
Rahmi, S. (2018). Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Banda Aceh: Lembaga Naskah Aceh dan Pascasarjana UIN Ar-Raniry.
Riyadi, S., dan Mulyapradana, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13, 106–117.
Rorimpandey, W. H. F. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar (1st ed.). Malang: Ahlimedia Press.
Siswanti, Y. (2018). Meraih Kesuksesan Organisasi Dengan Kepemimpinan Manajerial Yang ‘Smart’ Dengan Pendekatan Riset Empiris. Yogyakarta.
Suhardi, E. (2019). Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Edum Journal, 2(1),53–64. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v2i1.22
Sujanto, Bejo. 2018. Pengelolaan Kepala Sekolah Permasalahan dan Solusi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sunarsi, D. (2020). Panduan Peningkatan Kinerja dan Kepuasan Guru. Serang: Desanta Muliavisitama.
Sunaryo, W. (2017). Instrumen Pengukuran Gaya Kepemimpinan. Bogor: Yayasan Warkat Utama.
Supardi (2020). Kinerja Guru: Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Suparno. (2019). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepala sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wulan, E. R., dan Rusdiana, H. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.
Wuri, dan Kardiawarman, Y. (2020). Panduan Memimpin Sekolah. Bandung: Tim Inspirasi Foundation.
Yulianti (2018). Kemepimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Griya Media. Salatiga.
Yukl, G. (2019). Leadership in Organizations: Kepemimpinan dalam Organisasi (7th ed.). Jakarta: Penerbit Indeks.
Yunanto, Y. (2022). Transformasional Leadership (1st ed.). Malang: Ahlimedia Press.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Windiawan Windiawan, Sitti Hartinah, Beni Habibi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).