Strategi Keluarga dalam Mendampingi Anak Usia 6-12 Tahun Menggunakan Internet

Authors

  • Sheila Silvia Pendidikan Sosiologi Antropologi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Nurhadi Nurhadi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Dwi Astutik Pendidikan Sosiologi Antropologi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1386

Keywords:

Anak, Handphone, orang tua, stategi orang tua, strategi orang tua

Abstract

Internet lebih banyak memberikan dampak buruk bagi anak, kurangnya pengawasan orang tua membuat anak ketergantungan internet. Sebagian tanggung jawab anak terabaikan karena bermain handphone, orang tua perlu memiliki strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi yang dilakukan orang tua mendampingi anak  menggunakan internet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peran orang tua dalam mengontrol penggunaan handphone pada anak usia enam sampai dua belas tahun yaitu dengan mengutamakan strategi komunikasi interpersonal, terdapat kebutuhan inklusi tipe ideal, kebutuhan control  tipe perilaku democrat dimana orang tua memegang kendali mengontrol anak, serta pemenuhan kebutuhan afeksi ideal dengan memberikan perhatian. Strategi yang paling utama hubungan komunikasi interpersonal kepada anak dimulai dari interaksi yang sederhana sampai perlahan masuk percakapan mendalam hal ini dianggap efektif mengontrol perilaku anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhady, N. C., Salsabila, A. F., & Azizah, N. N. (2018). Rekonstruksi Kognitif, Sosial-Emosional Siswa Melalui Internet Positif. Social Science Education Journal, 5(1), 24-36 https://shorturl.at/AGqYd

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588

Andesta, D. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269

Angkur, M. F. M., & Wati, S. (2023). Strategi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Menggunakan Gadget. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 53-66. https://doi.org/10.53547/realkiddos.v2i1.290

Aprianti, D. N., Hairunnisa, H., & Arsyad, A. W. (2022). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Menumbuhkan Perilaku Positif Pada Anak Tunarungu. Journal of Communication Studies, 2(1), 1-15. https://doi.org/10.37680/jcs.v1i2.1534

Arniansyah, A., Nadhilla, N., Permatasari, R. E., Milani, T., & Putri, Y. W. A. (2018). Pelatihan Empati Dan Perilaku Prososial Pada Anak Usia 6-12 Tahun Di Rptra Anggrek Bintaro. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 432. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.2064

Banunaek, P. C., Aloysius, L., & Manafe, Y. D. (2021). Pengalaman komunikasi kelompok. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2), 159-168. https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/3168

Bestari, K. (2021). Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan se-Asia Tenggara, Pengamat Sebut Ada 3 Faktor Penyebab. Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2021/02/26/194500523/netizen-indonesia-paling-tidak-sopan-se-asia-tenggara-pengamat-sebut-ada-3?page=all

BPS. (2019). Persentase Penduduk Usia 5 Tahun ke Atas yang Pernah Mengakses Internet dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Kelompok Umur (Persen), 2017-2019. https://www.bps.go.id/indicator/2/840/1/-persentase-penduduk-usia-5-tahun-ke-atas-yang-pernah-mengakses-internet-dalam-3-bulan-terakhir-menurut-kelompok-umur.html

Dedyerianto, D. (2020). Pengaruh internet dan media sosial terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. AL-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 208-225. http://eprints.binadarma.ac.id/14164/1/LAPORAN%20AKHIR%20%20Univ-BinaDarma%20%28Nyimas%20Sopiah%29%202013.pdf

Dini, J. P. A. U. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965-1975. https://doi.org/10.52166/madani.v11i2.3267

Elsayed, W. (2021). The negative effects of social media on the social identity of adolescents from the perspective of social work. Heliyon, 7(2), e06327. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06327

Fauzan, M. R. (2021). Hubungan Peran Keluarga dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental Anak Usia Sekolah di Desa Dulangon Kecamatan Lolak. Pharmed: Journal of Pharmaceutical Science and Medical Research, 4(1), 11-19. http://doi.org/10.25273/pharmed.v4i1.8350

Khairunisa, Z., Hasanah, U., & Nugraheni, P. L. (2021). Pengaruh keterlibatan orangtua dalam keluarga terhadap sikap disiplin di era digital. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 8(01), 22-34. https://doi.org/10.21009/JKKP.081.03

Kemit, S. Y., Loekmono, L., & Setyorini, S. (2019). Pola Asuh Otoriter tidak Berhubungan Signifikan dengan Konsep Diri Siswa SMA. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.30653/001.201931.49

Mimin, E. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.6462

Mukarom, Z. (2020). Teori-teori komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://digilib.uinsgd.ac.id/31495/1/ZM%20Book%20Teroi-teori%20Komunikasi.pdf

Mulyawati, Y., & Christine, C. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 21-25. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda/article/view/990

Muslimah, M., Sa’diyah, C., & Nasrulloh, M. E. (2021). Peran Orang Tua Mengatasi Perilaku Anak Dalam Pemanfaatan Media Sosial Selama Pandemi Covid-19 Di Dusun Arjosari Ampelgading Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(4), 39-49. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/11761

Novitasari, N. (2019). Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167-188. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/92

Nur, F. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/1602/1000

Nurlina, N. (2019). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Era Digital. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 12(1), 549-559. http://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa/article/view/453

Rayhan D. (2019) KPAI Sebut Anak Korban Kejahatan Dunia Maya Capai 679 Kasus. Kpai.go.id. dari https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-sebut-anak-korban-kejahatan-dunia-maya-capai-679-kasus

Rizal, S., Syarifuddin, A., & Syarnubi, S. (2019). Pengaruh Akun Dakwah Youtube Terhadap Perilaku Religiusitas Siswa di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(3), 351-370. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i3.3456

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga sebagai strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41-51. https://doi.org/10.24036/108806

Palupi, I. D. R. (2020). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Journal Edukasi Informal, 127–134. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/426/242

Prasanti, D., & Dewi, R. (2018). Analisis Teori Firo Dalam Relasi Persahabatan Sebagai Kajian Komunikasi Antar Pribadi. Jurnal Komunikasi, 9(2), 186-189. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/4289

Samsul, A. (2018). Peran Keluarga dalam Membentuk Kepribadian. Jurnal Pendidikan, 1(2), 99–108.

Santrock, John w. (2007). Perkembangan Anak. Gelora Aksara Pratama

Sari, N. Z., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2022). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak pada Pembelajaran Daring di Desa Gemiring Lor. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 83-87. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5421

Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562-1575. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/1781/pdf.

Solina, E., & Aspariyana, A. (2021). Model Perilaku Positif Orang Tua pada Anak dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 7(1), 11-20. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v7i1.28677

Soesanto, D. (2021). Metode Monitoring Penggunaan Gadget Pada Anak Di Masa Pandemi. http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41022

Umroh, I. L. (2019). Peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini secara islami di era milenial 4.0. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208-225. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1644

Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 257–262. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala%0APengaruh

Widiastiti, N. L. G. M., & Agustika, G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 112-120. http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/622

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Silvia, S., Nurhadi, N., & Astutik, D. (2024). Strategi Keluarga dalam Mendampingi Anak Usia 6-12 Tahun Menggunakan Internet . Journal of Education Research, 5(3), 3353–3367. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1386

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check