Strategi Keluarga dalam Mendampingi Anak Usia 6-12 Tahun Menggunakan Internet
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1386Keywords:
Anak, Handphone, orang tua, stategi orang tua, strategi orang tuaAbstract
Internet lebih banyak memberikan dampak buruk bagi anak, kurangnya pengawasan orang tua membuat anak ketergantungan internet. Sebagian tanggung jawab anak terabaikan karena bermain handphone, orang tua perlu memiliki strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi yang dilakukan orang tua mendampingi anak menggunakan internet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peran orang tua dalam mengontrol penggunaan handphone pada anak usia enam sampai dua belas tahun yaitu dengan mengutamakan strategi komunikasi interpersonal, terdapat kebutuhan inklusi tipe ideal, kebutuhan control tipe perilaku democrat dimana orang tua memegang kendali mengontrol anak, serta pemenuhan kebutuhan afeksi ideal dengan memberikan perhatian. Strategi yang paling utama hubungan komunikasi interpersonal kepada anak dimulai dari interaksi yang sederhana sampai perlahan masuk percakapan mendalam hal ini dianggap efektif mengontrol perilaku anak.
Downloads
References
Alhady, N. C., Salsabila, A. F., & Azizah, N. N. (2018). Rekonstruksi Kognitif, Sosial-Emosional Siswa Melalui Internet Positif. Social Science Education Journal, 5(1), 24-36 https://shorturl.at/AGqYd
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588
Andesta, D. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269
Angkur, M. F. M., & Wati, S. (2023). Strategi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Menggunakan Gadget. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 53-66. https://doi.org/10.53547/realkiddos.v2i1.290
Aprianti, D. N., Hairunnisa, H., & Arsyad, A. W. (2022). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Menumbuhkan Perilaku Positif Pada Anak Tunarungu. Journal of Communication Studies, 2(1), 1-15. https://doi.org/10.37680/jcs.v1i2.1534
Arniansyah, A., Nadhilla, N., Permatasari, R. E., Milani, T., & Putri, Y. W. A. (2018). Pelatihan Empati Dan Perilaku Prososial Pada Anak Usia 6-12 Tahun Di Rptra Anggrek Bintaro. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 432. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.2064
Banunaek, P. C., Aloysius, L., & Manafe, Y. D. (2021). Pengalaman komunikasi kelompok. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2), 159-168. https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/3168
Bestari, K. (2021). Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan se-Asia Tenggara, Pengamat Sebut Ada 3 Faktor Penyebab. Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2021/02/26/194500523/netizen-indonesia-paling-tidak-sopan-se-asia-tenggara-pengamat-sebut-ada-3?page=all
BPS. (2019). Persentase Penduduk Usia 5 Tahun ke Atas yang Pernah Mengakses Internet dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Kelompok Umur (Persen), 2017-2019. https://www.bps.go.id/indicator/2/840/1/-persentase-penduduk-usia-5-tahun-ke-atas-yang-pernah-mengakses-internet-dalam-3-bulan-terakhir-menurut-kelompok-umur.html
Dedyerianto, D. (2020). Pengaruh internet dan media sosial terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. AL-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 208-225. http://eprints.binadarma.ac.id/14164/1/LAPORAN%20AKHIR%20%20Univ-BinaDarma%20%28Nyimas%20Sopiah%29%202013.pdf
Dini, J. P. A. U. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965-1975. https://doi.org/10.52166/madani.v11i2.3267
Elsayed, W. (2021). The negative effects of social media on the social identity of adolescents from the perspective of social work. Heliyon, 7(2), e06327. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06327
Fauzan, M. R. (2021). Hubungan Peran Keluarga dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental Anak Usia Sekolah di Desa Dulangon Kecamatan Lolak. Pharmed: Journal of Pharmaceutical Science and Medical Research, 4(1), 11-19. http://doi.org/10.25273/pharmed.v4i1.8350
Khairunisa, Z., Hasanah, U., & Nugraheni, P. L. (2021). Pengaruh keterlibatan orangtua dalam keluarga terhadap sikap disiplin di era digital. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 8(01), 22-34. https://doi.org/10.21009/JKKP.081.03
Kemit, S. Y., Loekmono, L., & Setyorini, S. (2019). Pola Asuh Otoriter tidak Berhubungan Signifikan dengan Konsep Diri Siswa SMA. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.30653/001.201931.49
Mimin, E. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.6462
Mukarom, Z. (2020). Teori-teori komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://digilib.uinsgd.ac.id/31495/1/ZM%20Book%20Teroi-teori%20Komunikasi.pdf
Mulyawati, Y., & Christine, C. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 21-25. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda/article/view/990
Muslimah, M., Sa’diyah, C., & Nasrulloh, M. E. (2021). Peran Orang Tua Mengatasi Perilaku Anak Dalam Pemanfaatan Media Sosial Selama Pandemi Covid-19 Di Dusun Arjosari Ampelgading Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(4), 39-49. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/11761
Novitasari, N. (2019). Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167-188. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/92
Nur, F. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/1602/1000
Nurlina, N. (2019). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Era Digital. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 12(1), 549-559. http://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa/article/view/453
Rayhan D. (2019) KPAI Sebut Anak Korban Kejahatan Dunia Maya Capai 679 Kasus. Kpai.go.id. dari https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-sebut-anak-korban-kejahatan-dunia-maya-capai-679-kasus
Rizal, S., Syarifuddin, A., & Syarnubi, S. (2019). Pengaruh Akun Dakwah Youtube Terhadap Perilaku Religiusitas Siswa di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(3), 351-370. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i3.3456
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga sebagai strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41-51. https://doi.org/10.24036/108806
Palupi, I. D. R. (2020). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Journal Edukasi Informal, 127–134. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/426/242
Prasanti, D., & Dewi, R. (2018). Analisis Teori Firo Dalam Relasi Persahabatan Sebagai Kajian Komunikasi Antar Pribadi. Jurnal Komunikasi, 9(2), 186-189. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/4289
Samsul, A. (2018). Peran Keluarga dalam Membentuk Kepribadian. Jurnal Pendidikan, 1(2), 99–108.
Santrock, John w. (2007). Perkembangan Anak. Gelora Aksara Pratama
Sari, N. Z., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2022). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak pada Pembelajaran Daring di Desa Gemiring Lor. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 83-87. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5421
Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562-1575. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/1781/pdf.
Solina, E., & Aspariyana, A. (2021). Model Perilaku Positif Orang Tua pada Anak dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 7(1), 11-20. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v7i1.28677
Soesanto, D. (2021). Metode Monitoring Penggunaan Gadget Pada Anak Di Masa Pandemi. http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41022
Umroh, I. L. (2019). Peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini secara islami di era milenial 4.0. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208-225. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1644
Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 257–262. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala%0APengaruh
Widiastiti, N. L. G. M., & Agustika, G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 112-120. http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/622
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sheila Silvia, Nurhadi Nurhadi, Dwi Astutik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).