Efektivitas Peran Guru BK Membangun Kepercayaan Diri Peserta Didik melalui Bimbingan Kelompok
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1385Keywords:
Kepercayaan Diri, Bimbingan KelompokAbstract
Kepercayaan diri peserta didik SMK Ma'arif NU Talang relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui proses pelaksanaan program Bimbingan Kelompok dengan Media Film Imperfectdalam meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik mengetahui peran Guru BK dalam penyelengaraan program Bimbingan Kelompok dengan Media Film Imperfect; dan mengetahui efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Media Film Imperfect efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, sedangkan analisis data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Program Bimbingan Kelompok dilaksanakan melalui empat tahap yaitu permulaan, transisi, perkembangan kohesivitas, dan terminasi; dalam pelaksanaan Bimbingan Kelompok media film Imperfect. Guru BK berperan sebagai Informator, Director, Fasilitator, Inisiator, Evaluator, dan Motivator; dan Program Bimbingan Kelompok dengan Media Film Imperfect efektif meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Terdapat sembilan belas peserta didik yang mengalami peningkatan kepercayaan diri secara maksimal, dan dua peserta didik yang berada pada tahap mengalami perkembangan sehingga dalam menjalankan peran Guru BK perlu memperhatikan diverensiasi masalah peserta didik, mengoptimalkan peran sebagai transmitter, dan melakukan repetisi pemutaran film sebagai Media Bimbingan.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.
Afrina Afrina, & Linda Yarni. (2023). Peran Guru BK Dalam Membina Karakter Siswa Setelah Pandemi Covid 19 Di MTSN 1 Pasaman. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 43–55. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.60
Aidussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penebar Media Pustaka.
Akçabozan-Kayabol, N. B., Ozdemir, N. K., Güneri, O. Y., & Korkut-Owen, F. (2022). Integrating video- modeling into counseling skills and techniques course and its impact on counseling self-efficacy.
Current Psychology, 41(12), 8287–8299. https://doi.org/10.1007/s12144-021-02434-8
Alawiyah, D., Nurasmi, N., Asmila, N., & Fatasyah, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 104–113. https://doi.org/10.47435/retorika.v4i2.1201
Ateş, B. (2016). Effect of Solution Focused Group Counseling for High School Students in Order to Struggle with School Burnout. Journal of Education and Training Studies, 4(4), 27–34. https://doi.org/10.11114/jets.v4i4.1254
Azhari, M. T., & Qulsum, N. O. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang. Journal Of Social Science, 3, 7473–7483.
Chabibah, N., Warsiyah, W., Fitriyani, F., & Zuhana, N. (2021). The Differences Between Virtual and Video Counseling Towards Knowledge and Satisfaction of Mothers: A Comparative Study. https://doi.org/10.4108/eai.18-11-2020.2311618
Deni, F. (2020). Bimbingan dan Konseling. CV Brimedia Global.
El Fiah, R. (2014). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. IDEA Press.
Emmi, K. H., & Sumarto. (2020). Bimbingan Kolseling. In Cetakan Kedua. Pustaka Ma’arif Press. [13]. Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa.
Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332
Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam). Umsida Press.
Fajriatul Hidayah, Ramadhana, M. R., Mutiara, T., & Purnamasari, N. (2020). Implementasin Bimbingan dan Konseling untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. In Kemendikbudristek BSKAP RI. BSKAP.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182
Fitriyah, L. A., Wijayadi, A. W., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2019). Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi (Issue 55). LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
Folastri, S., & Rangka, I. B. (2021). Prosedur Layanan Bimbingan & Konseling Kelompok (Panduan Praktis Menyeluruh) (Issue November). Mujahid Press.
Handayani, S. (2013). Optimalisasi Peran Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Didaktika, 19(2), 33–49.
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020a). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis). Badan Penerbit UNM.
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020b). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis). Badan Penerbit UNM.
Hasanah, I., Sa’idah, I., Fakhriyani, D. V., & Aisa, A. (2015). Bimbingan Kelompok Teori dan Praktik. Duta Media Publishing.
Hulukati, W. (2016). pengembangan diri siswa SMA. Ideas.
Hulukati, W., Puluhulawa, M., Manangin, A. S. D., Rahim, M., & Djibran, M. R. (2019). The Development of Learning Motivation Video as Guidance and Counseling Media for Senior High School (Equivalent) Students. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 0–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012129
Jahju Hartanti. (2022). Bimbingan Kelompok. UD Duta Sablon.
Kristiyani, T. (2016). Self Regulated Learning Konsep, Implikasi, dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia. In Sanata Dharma University Press, Yogyakarta. Sanata Dharma University Press.
Liu, J., &Gao, L. (2021). Are diverse media better than a single medium? The relationship between mixed media and perceived effect from the perspective of online psychological counseling. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(16). https://doi.org/10.3390/ijerph18168603
Liu, J., Nie, J., & Wang, Y. (2017). Effects of group counseling programs, cognitive behavioral therapy, and sports intervention on internet addiction in east Asia: A systematic review and meta- analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(12). https://doi.org/10.3390/ijerph14121470
Lutfi, M., Hadiman Bosco, F., Pranovri Putra, R., Rif, W., Fauziyah, A., Rais, R., Al Haddar, G., Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tanjungpura Ketapang, S., & Luar Biasa Negeri Brebes, S. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Kedisiplinan Belajar Siswa The. Global Education Journal, 1(01), 51–61.
Mamik. (2014). Metodologi Kualitatif. In Penerbit Zifatama Publisher. Penerbit Zifatama Publisher.
Marsinun, R., & Ilahi, F. N. (2020). Buku Pengantar Bimbingan dan Konseling Sosial. Pustaka Aksara.
Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling: Prespektif Sekolah. In Nurjati Press. Nurjati Press. [33]. Milfayetty, S. (2018). Multidimentional model in counseling to improve students’ self confidence. International Journal of Research in Counseling and Education, 3(1), 42. https://doi.org/10.24036/0072za0002
Mufiqoh, A., Yuwono, D., Sugiharto, P., & Anni, C. T. (2018). The effectiveness of group guidance with film media to improve students ’ empathy and social interaction. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 96–100.
Nasution, H. S., & Abdillah. (2019). Bimbingan Dan Konseling. Konsep,Teori,Dan Aplikasinya.
Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Ngalimun, & Ihsan. (2011). Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiah. In
Universitas Negeri Padang. Litera.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM. Badan Penerbit UNM.
Pauddikdasmen. (2024). Data Pokok SMKS Ma’arif NU Talang.
Pranata, K., Kartika, Y. W., & Zulherman, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Basicedu, 5(3), 1271–1276.
Pranowo, taufik agung. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 217– 223.
Prayuana, R., Andriani, D. I., Pamulang, U., & Selatan, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Analisis Film dalam Ranah Sastra. Nusantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).
Saleh, A. A. (2018). Pengantar Psikologi. Penerbit Aksara Timur. Sanasintani. (2020). Penelitian Kualitatif. Penerbit Selaras.
Saputri, R., & Makhromi. (2022). Program Kelas Literasi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(1), 73–86. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i1.2856
Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Konformitas Teman Sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.351
Sestiani, R. A., & Muhid, A. (2022). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2), 245–251.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). CV. Nata Karya.
Suhertina. (2017). Bimbingan dan Konseling. CV. Mifan karwa Sekawan.
Sunarto, Suparji, Nugroho, H. S. W., Sumasto, H., & Subagyo. (2018). Buku panduan pengembangan dan pencapaian target soft skill mahasiswa. In Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES). Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).
Sundah, A. J. A. (2017). Bimbingan Konseling Kelompok. Penerbit Seribu Bintang.
Tamelab, P., Ngongo, M. H. L., & Oetpah, D. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Kemampuan Public Speaking Di Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang. Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 2(1), 54–63. https://doi.org/10.61717/sl.v2i1.38
Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.350
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646 [54]. Wenny Huluka. (2016). Pengembangan Diri Siswa SMA. Ideas Publishing.
Xue, X. (2023). Research on the Self confidence Training of Higher Vocational Students Based on Group Motivation. International Journal of Education and Humanities, 6(2), 99–103. https://doi.org/10.54097/ijeh.v6i2.3646
Yu, F. Y., Hsieh, H. T., & Chang, B. (2017). The potential of Second Life for university counseling: a comparative approach examining media features and counseling problems. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1). https://doi.org/10.1186/s41039-017-0064-6
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Fajri Tsani Ramadhani, Maufur Maufur, Rahmad Agung Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).