Penerapan Bermain Peran Makro dalam Menstimulasi Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6

Authors

  • Manda Athifah Sari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang
  • Tomas Iriyanto Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1381

Keywords:

Keterampilan Menyimak, Bermain Peran Makro, KidZania

Abstract

Keterampilan menyimak merupakan aspek perkembangan bahasa yang pertama kali didapatkan dan dilatih kepada anak. Anak harus memiliki keterampilan menyimak agar dapat menerima informasi dengan baik, sehingga aspek perkembangan lainnya dapat terstimulasi. Metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menyimak adalah bermain peran makro. Kidzania merupakan tempat eduwisata anak yang menggunakan konsep bermain peran makro. Penlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran penerapan metode bermain peran makro dan faktor yang mempengaruhi dalam menstimulasi keterampilan menyimak anak usia lima sampai enam tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman dengan kebasahan data melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa dengan bermain peran makro  anak dapat mencapai dua indikator pencapaian keterampilan menyimak, yaitu mendengarkan dengan saksama dan memahami aturan permainan dengan beberapa faktor yang memperngaruhi baik sebagai pendukung maupun penghambat dalam kegiatan menyimak anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adipu, C. E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kabupaten Boalemo. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 160. Https://Doi.Org/10.32529/Glasser.V3i2.296

Ariawan, V. A. N., Agustin, E. D., & Rahman, R. (2019). Bermain Sebagai Sarana Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. (Japra) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (Japra), 2(1), 25–36. Https://Doi.Org/10.15575/Japra.V2i1.5310

Astuti, W., Adiba, F., & Muna, N. (2017). Model Keterlibatan Orangtua Dalam Optimalisasi Program Stimulasi Motorik Kasar. Seminar Nasional Pendidikan – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Sinergitas, 483–494.

Bourdeaud’hui, H., Aesaert, K., Van Keer, H., & Van Braak, J. (2018). Identifying Student And Classroom Characteristics Related To Primary School Students’ Listening Skills: A Systematic Review. Educational Research Review, 25, 86–99. Https://Doi.Org/10.1016/J.Edurev.2018.09.005

Dewita, E. (2021). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Kelompok B Tk Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 000, 2013–2015.

Edele, A., & Stanat, P. (2016). The Role Of First-Language Listening Comprehension In Second-Language Reading Comprehension. Journal Of Educational Psychology, 108(2), 163–180. Https://Doi.Org/10.1037/Edu0000060

Ernesta, Y. (2022). Aspek-Aspek Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 4-6 Tahun [Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng]. Http://Repository.Unikastpaulus.Ac.Id/1419/2/Skripsi Yulita Ernesta %2c 18315051 .Pdf

Fauziah, N., Elan, & Mulyadi, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun : Tinjauan Pustaka. Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 219–228.

Haimunah. (2013). Metode Pegembangan Anak Usia Dini. Cendikia Insanihapsari.

Hariroh, U. (2023). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Anak Kelompok B Di Ra Raudlatul Ulum Panti Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Hijriyah, U. (2016). Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa. In Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa. Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Iain Raden Intan Lampung.

Ismail, F., Darwis, M. A., Halifah, S., & Tiara, T. A. S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Menggunakan Media Kertas Gambar Pada Usia Anak Kelompok B Di Tk Grand Laugi Parepare. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 6–10. Https://Doi.Org/10.35905/Anakta.V1i1.3299

J.Juangsih. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan Menyimak Bahasa Jepang Dan Pengajarannya. Journal Of Chemical Information And Modeling, 15(2), 56.

Jalongo, M. R. (2010). Listening In Early Childhood: An Interdisciplinary Review Of The Literature. International Journal Of Listening, 24(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.1080/10904010903466279

Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia.

Mustiningtyas, P., Wahono, & Sa’ida, N. (2022). Hubungan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Anak Usia Dini Dengan Penggunaan Media Animasi Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Kb. At-Taqwa Tahun Pelajarn 2021/2022. Conference Of Elementary Studies, 1(1), 403–427. Https://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Pro/Article/View/14982/5447

Noviana, L. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok Bermain Tunas Bangsa Di Ds.Wotansari, Kec.Balongpanggang, Kab. Gresik. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 20.

Novitasari, I. H. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dengan Metode Pembelajaran Read Aloud Pada Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Di Tk Wachid Hasyim 2 Surabaya [Universitas Narotama]. Http://Repository.Narotama.Ac.Id/Id/Eprint/1939

Nurani, Y. (2016). Bermain Peran Makro Tema : Rumah Sakit (Y. Nurani (Ed.)). Tim Indocamp.

Oktavianti, R., & Hartati, S. (2023). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4689–4697.

Prihatin, Y. (2017). Problematika Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Stkip Pgri Jombang, 5(3), 45–52. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/267901046.Pdf

Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3520

Rahma, A., Nurmeiyati, Aprilia, P. D., Nuari, P. A., Rahmadian, R., Fatmawati, F., & Lestari, S. A. (2022). Aspek Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Paud Emas, 1(2), 18–27.

Rosyidi, A. A., Octaviana, E. N., & Hafidah, R. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 6(1), 44. Https://Doi.Org/10.26858/Pembelajar.V6i1.27521

Sepang, F. P. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Di Kelompok B Taman Kanak- Kanak Andika Songgo, Kelurahan Rante Alang, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak Dan Berbicara: Teori Dan Praktik.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Sari, M. A., Iriyanto, T., & Astuti , W. (2024). Penerapan Bermain Peran Makro dalam Menstimulasi Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 . Journal of Education Research, 5(3), 2936–2945. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1381

Issue

Section

Articles

Categories