Penerapan Bermain Peran Makro dalam Menstimulasi Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1381Keywords:
Keterampilan Menyimak, Bermain Peran Makro, KidZaniaAbstract
Keterampilan menyimak merupakan aspek perkembangan bahasa yang pertama kali didapatkan dan dilatih kepada anak. Anak harus memiliki keterampilan menyimak agar dapat menerima informasi dengan baik, sehingga aspek perkembangan lainnya dapat terstimulasi. Metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menyimak adalah bermain peran makro. Kidzania merupakan tempat eduwisata anak yang menggunakan konsep bermain peran makro. Penlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran penerapan metode bermain peran makro dan faktor yang mempengaruhi dalam menstimulasi keterampilan menyimak anak usia lima sampai enam tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman dengan kebasahan data melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bermain peran makro anak dapat mencapai dua indikator pencapaian keterampilan menyimak, yaitu mendengarkan dengan saksama dan memahami aturan permainan dengan beberapa faktor yang memperngaruhi baik sebagai pendukung maupun penghambat dalam kegiatan menyimak anak
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Adipu, C. E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kabupaten Boalemo. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 160. Https://Doi.Org/10.32529/Glasser.V3i2.296
Ariawan, V. A. N., Agustin, E. D., & Rahman, R. (2019). Bermain Sebagai Sarana Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. (Japra) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (Japra), 2(1), 25–36. Https://Doi.Org/10.15575/Japra.V2i1.5310
Astuti, W., Adiba, F., & Muna, N. (2017). Model Keterlibatan Orangtua Dalam Optimalisasi Program Stimulasi Motorik Kasar. Seminar Nasional Pendidikan – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Sinergitas, 483–494.
Bourdeaud’hui, H., Aesaert, K., Van Keer, H., & Van Braak, J. (2018). Identifying Student And Classroom Characteristics Related To Primary School Students’ Listening Skills: A Systematic Review. Educational Research Review, 25, 86–99. Https://Doi.Org/10.1016/J.Edurev.2018.09.005
Dewita, E. (2021). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Kelompok B Tk Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 000, 2013–2015.
Edele, A., & Stanat, P. (2016). The Role Of First-Language Listening Comprehension In Second-Language Reading Comprehension. Journal Of Educational Psychology, 108(2), 163–180. Https://Doi.Org/10.1037/Edu0000060
Ernesta, Y. (2022). Aspek-Aspek Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 4-6 Tahun [Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng]. Http://Repository.Unikastpaulus.Ac.Id/1419/2/Skripsi Yulita Ernesta %2c 18315051 .Pdf
Fauziah, N., Elan, & Mulyadi, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun : Tinjauan Pustaka. Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 219–228.
Haimunah. (2013). Metode Pegembangan Anak Usia Dini. Cendikia Insanihapsari.
Hariroh, U. (2023). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Anak Kelompok B Di Ra Raudlatul Ulum Panti Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Hijriyah, U. (2016). Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa. In Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa. Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Iain Raden Intan Lampung.
Ismail, F., Darwis, M. A., Halifah, S., & Tiara, T. A. S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Menggunakan Media Kertas Gambar Pada Usia Anak Kelompok B Di Tk Grand Laugi Parepare. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 6–10. Https://Doi.Org/10.35905/Anakta.V1i1.3299
J.Juangsih. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan Menyimak Bahasa Jepang Dan Pengajarannya. Journal Of Chemical Information And Modeling, 15(2), 56.
Jalongo, M. R. (2010). Listening In Early Childhood: An Interdisciplinary Review Of The Literature. International Journal Of Listening, 24(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.1080/10904010903466279
Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia.
Mustiningtyas, P., Wahono, & Sa’ida, N. (2022). Hubungan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Anak Usia Dini Dengan Penggunaan Media Animasi Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Kb. At-Taqwa Tahun Pelajarn 2021/2022. Conference Of Elementary Studies, 1(1), 403–427. Https://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Pro/Article/View/14982/5447
Noviana, L. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok Bermain Tunas Bangsa Di Ds.Wotansari, Kec.Balongpanggang, Kab. Gresik. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 20.
Novitasari, I. H. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dengan Metode Pembelajaran Read Aloud Pada Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Di Tk Wachid Hasyim 2 Surabaya [Universitas Narotama]. Http://Repository.Narotama.Ac.Id/Id/Eprint/1939
Nurani, Y. (2016). Bermain Peran Makro Tema : Rumah Sakit (Y. Nurani (Ed.)). Tim Indocamp.
Oktavianti, R., & Hartati, S. (2023). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4689–4697.
Prihatin, Y. (2017). Problematika Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Stkip Pgri Jombang, 5(3), 45–52. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/267901046.Pdf
Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3520
Rahma, A., Nurmeiyati, Aprilia, P. D., Nuari, P. A., Rahmadian, R., Fatmawati, F., & Lestari, S. A. (2022). Aspek Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Paud Emas, 1(2), 18–27.
Rosyidi, A. A., Octaviana, E. N., & Hafidah, R. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 6(1), 44. Https://Doi.Org/10.26858/Pembelajar.V6i1.27521
Sepang, F. P. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Di Kelompok B Taman Kanak- Kanak Andika Songgo, Kelurahan Rante Alang, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak Dan Berbicara: Teori Dan Praktik.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Manda Athifah Sari, Tomas Iriyanto, Wuri Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).