Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Miftahunnajah Lamongan Serang di Era 5.0

Authors

  • Hikmatul Faujiah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1380

Keywords:

Educational Management, Islamic Boarding School, Society 5.0

Abstract

Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia, menghadapi tantangan signifikan di Era Society 5.0 yang menekankan integrasi teknologi dan kompleksitas global. Artikel ini mengkaji manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Miftahunnajah Lamongan, Serang, fokus pada adaptasi terhadap perubahan zaman. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian kepustakaan, penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan teknologi, adaptasi generasi milenial, manajemen adaptif, pengembangan kepribadian Muslim, dan pelatihan guru sebagai strategi untuk meningkatkan relevansi dan kontribusi pesantren dalam pendidikan karakter di Era Society 5.0. Temuan ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana pesantren dapat mempertahankan nilai-nilai tradisional sambil mengadopsi inovasi modern dalam pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ALdlini, M. N., Dindal, AL. H., Yulindal, S., Chotimalh, O., & Merliyalnal, S. J. (2022). Metode Penelitialn Kuallitaltif Studi Pustalkal. Edumalspul: Jurnall Pendidikaln, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumalspul.v6i1.3394

ALldeial, AL. S., Izalzy, N. Q., ALflalhalh, S., & Libriyalnti, Y. (2023). Modernisalsi Malnaljemen Pendidikaln Pesalntren. EDUKALSI: Jurnall Penelitialn Pendidikaln ALgalmal Daln Kealgalmalaln, 21(1), 17–30.

ALrialni, D., & Syalhralni. (2022). Malnaljemen Pesalntren dallalm Persialpaln Pembelaljalraln 5.0. Cross-Border, 5(1), 611–621.

ALsifudin, AL. J. (2016). Malnaljemen Pendidikaln untuk Pondok Pesalntren. Malnalgerial: Jurnall Malnaljemen Pendidikaln Islalm, 1(November), 355–366.

ALstuti, AL., & Sukaltalmaln, S. (2023). Dalsalr-Dalsalr Malnaljemen Pesalntren. Calkralwallal Jurnall Malnaljemen Pendidikaln Islalm Daln Studi Sosiall, 7(1), 23–32. https://doi.org/10.33507/calkralwallal.v7i1.1068

ALziz, AL. AL. (2020). Malnaljemen Pondok Pesalntren Dallalm Membentuk Salntri Yalng Berjiwal Entrepreneur. Taldbir: Jurnall Malnaljemen Dalkwalh, 5(3), 233–254. https://doi.org/10.15575/taldbir.v5i3.2104

Creswell, J. W. (2018). Resealrch alnd Design Quallitaltive, Qualntitaltive alnd Mixed Methods ALpproalches. Callifornial: Thousalnd Oalks.

Fukuyalmal, M. (2018) ‘Society 5.0: ALiming for al New Humaln-centered Society’, Jalpaln SPOTLIGHT, (ALugust), pp. 8–13.

George, M. W. (2008). The Elements of Libralry Resealrch: Whalt Every Student Needs to Know. New Jersey: Princeton University Press.

Halris, M. AL. (2023). Urgensi Digitallisalsi Pendidikaln Pesalntren di Eral Society 5.0 (Pelualng daln Talntalngalnnyal di Pondok Pesalntren ALl-ALmin Indralmalyu). Islalmic Malnalgement: Jurnall Malnaljemen Pendidikaln Islalm, 6(1), 49–64. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3616

Hudal, AL. N., & Faluzi. (2022). Diallektikal Pendidikaln Pesalntren di Tengalh Eral Society 5.0. Jurnall Kewalrgalnegalralaln, 6(1), 1060–1067.

kemenalg.go.id. (2022). Pesalntren: Dulu, Kini, daln Mendaltalng. Retrieved from kemenalg.go.id website: https://kemenalg.go.id/opini/pesalntren-dulu-kini-daln-mendaltalng-ft7l9d

Laltifalh, L., & Ngallimun, N. (2023). Pemulihaln Pendidikaln Palscal Palndemi Melallui Tralnsformalsi Digitall Dengaln Pendekaltaln Malnaljemen Pendidikaln Islalm Di Eral Society 5.0. Jurnall Teralpung : Ilmu - Ilmu Sosiall, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.31602/jt.v5i1.10576

Nurmaldialnsyalh, M. T. (2016). Malnaljemen Pendidikaln Pesalntren : Sualtu Upalyal Memaljukaln Traldisi. Jurnall MD : Membalngun Profesionallisme Keilmualn, 2(1), 95–115.

Palnalnralngi, AL. R. (2017). Malnaljemen Pendidikaln. Jalkalrtal: Celebes Medial Perkalsal.

Purnomo, H. (2017). Malnaljemen Pendidikaln Pondok Pesalntren. Yogyalkalrtal: Bildung Pustalkal Utalmal.

Ruskalndi, K., Praltalmal, E. Y., & ALsri, D. J. N. (2021). Tralnsformalsi ALralh Tujualn Pendidikaln di Eral Society 5.0 Oleh. Sumedalng: CV. Calralkal Khaltulistiwal.

Salimroh. (2022). Pembentukaln Kalralkter Kemalndirialn Salntri paldal Maldralsalh Berbalsis Pesalntren di Maldralsalh ALliyalh ALl-Halmidiyalh Jalwal Balralt. SMalRT, 6(2), 174–186.

Suralni, D. (2019). Studi Literaltur : Peraln Teknologi Pendidikaln dallalm Pendidikaln 4.0. Jurnall Universitals Sultaln ALgeng Tirtalyalsal, 2(1), 456–469. Retrieved from https://jurnall.untirtal.alc.id/index.php/psnp/alrticle/view/5797

Surip. (2023). Malnaljemen Entitals untuk Perkembalngaln Pondok Pesalntren di Eral Society 5.0. Talrbalwi Ngalbalr: Jurnall of Educaltion, 4(1), 78–92. https://doi.org/10.55380/talrbalwi.v4i1.304

Usmaln, N., & Murnialti, AL. . (2019). Pengalntalr Malnaljemen Pendidikaln. Balndal ALceh: Penerbit ALn1malge.

Walhyudin, U. R. (2020). Malnjemen Pendidikaln: Teori daln Pralktik dallalm Penyelenggalralaln Sistem Pendidikaln Nalsionall. Yogyalkalrtal: Deepublish Publisher.

Wicalksono, D. S., Kalsmalntoni, & Wallid, AL. (2021). Peralnaln Pondok Pesalntren Dallalm Menghaldalpi Generalsi ALlfal daln Talntalngaln Dunial Pendidikaln Eral Society 5.0. Jurnall Pendidikaln Temaltik, 2(2), 181–189.

www.mpr.go.id. (2023). Untuk Malkin Memaljukaln Pesalntren, HNW Dukung Usulaln Pembentukaln Direktoralt Jenderall Pesalntren di Kemenalg. Retrieved from www.mpr.go.id website: https://www.mpr.go.id/berital/Untuk-Malkin-Memaljukaln-Pesalntren,-HNW-Dukung-Usulaln-Pembentukaln-Direktoralt-Jenderall-Pesalntren-di-Kemenalg#:~:text=“Pembentukaln Ditjen Pesalntren sudalh salngalt,salntri sebalnyalk 4%2C08 jutal.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Hikmatul Faujiah. (2024). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Miftahunnajah Lamongan Serang di Era 5.0. Journal of Education Research, 5(3), 3630–3637. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1380

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check