Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Miftahunnajah Lamongan Serang di Era 5.0
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1380Keywords:
Educational Management, Islamic Boarding School, Society 5.0Abstract
Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia, menghadapi tantangan signifikan di Era Society 5.0 yang menekankan integrasi teknologi dan kompleksitas global. Artikel ini mengkaji manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Miftahunnajah Lamongan, Serang, fokus pada adaptasi terhadap perubahan zaman. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian kepustakaan, penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan teknologi, adaptasi generasi milenial, manajemen adaptif, pengembangan kepribadian Muslim, dan pelatihan guru sebagai strategi untuk meningkatkan relevansi dan kontribusi pesantren dalam pendidikan karakter di Era Society 5.0. Temuan ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana pesantren dapat mempertahankan nilai-nilai tradisional sambil mengadopsi inovasi modern dalam pendidikan.
Downloads
References
ALdlini, M. N., Dindal, AL. H., Yulindal, S., Chotimalh, O., & Merliyalnal, S. J. (2022). Metode Penelitialn Kuallitaltif Studi Pustalkal. Edumalspul: Jurnall Pendidikaln, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumalspul.v6i1.3394
ALldeial, AL. S., Izalzy, N. Q., ALflalhalh, S., & Libriyalnti, Y. (2023). Modernisalsi Malnaljemen Pendidikaln Pesalntren. EDUKALSI: Jurnall Penelitialn Pendidikaln ALgalmal Daln Kealgalmalaln, 21(1), 17–30.
ALrialni, D., & Syalhralni. (2022). Malnaljemen Pesalntren dallalm Persialpaln Pembelaljalraln 5.0. Cross-Border, 5(1), 611–621.
ALsifudin, AL. J. (2016). Malnaljemen Pendidikaln untuk Pondok Pesalntren. Malnalgerial: Jurnall Malnaljemen Pendidikaln Islalm, 1(November), 355–366.
ALstuti, AL., & Sukaltalmaln, S. (2023). Dalsalr-Dalsalr Malnaljemen Pesalntren. Calkralwallal Jurnall Malnaljemen Pendidikaln Islalm Daln Studi Sosiall, 7(1), 23–32. https://doi.org/10.33507/calkralwallal.v7i1.1068
ALziz, AL. AL. (2020). Malnaljemen Pondok Pesalntren Dallalm Membentuk Salntri Yalng Berjiwal Entrepreneur. Taldbir: Jurnall Malnaljemen Dalkwalh, 5(3), 233–254. https://doi.org/10.15575/taldbir.v5i3.2104
Creswell, J. W. (2018). Resealrch alnd Design Quallitaltive, Qualntitaltive alnd Mixed Methods ALpproalches. Callifornial: Thousalnd Oalks.
Fukuyalmal, M. (2018) ‘Society 5.0: ALiming for al New Humaln-centered Society’, Jalpaln SPOTLIGHT, (ALugust), pp. 8–13.
George, M. W. (2008). The Elements of Libralry Resealrch: Whalt Every Student Needs to Know. New Jersey: Princeton University Press.
Halris, M. AL. (2023). Urgensi Digitallisalsi Pendidikaln Pesalntren di Eral Society 5.0 (Pelualng daln Talntalngalnnyal di Pondok Pesalntren ALl-ALmin Indralmalyu). Islalmic Malnalgement: Jurnall Malnaljemen Pendidikaln Islalm, 6(1), 49–64. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3616
Hudal, AL. N., & Faluzi. (2022). Diallektikal Pendidikaln Pesalntren di Tengalh Eral Society 5.0. Jurnall Kewalrgalnegalralaln, 6(1), 1060–1067.
kemenalg.go.id. (2022). Pesalntren: Dulu, Kini, daln Mendaltalng. Retrieved from kemenalg.go.id website: https://kemenalg.go.id/opini/pesalntren-dulu-kini-daln-mendaltalng-ft7l9d
Laltifalh, L., & Ngallimun, N. (2023). Pemulihaln Pendidikaln Palscal Palndemi Melallui Tralnsformalsi Digitall Dengaln Pendekaltaln Malnaljemen Pendidikaln Islalm Di Eral Society 5.0. Jurnall Teralpung : Ilmu - Ilmu Sosiall, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.31602/jt.v5i1.10576
Nurmaldialnsyalh, M. T. (2016). Malnaljemen Pendidikaln Pesalntren : Sualtu Upalyal Memaljukaln Traldisi. Jurnall MD : Membalngun Profesionallisme Keilmualn, 2(1), 95–115.
Palnalnralngi, AL. R. (2017). Malnaljemen Pendidikaln. Jalkalrtal: Celebes Medial Perkalsal.
Purnomo, H. (2017). Malnaljemen Pendidikaln Pondok Pesalntren. Yogyalkalrtal: Bildung Pustalkal Utalmal.
Ruskalndi, K., Praltalmal, E. Y., & ALsri, D. J. N. (2021). Tralnsformalsi ALralh Tujualn Pendidikaln di Eral Society 5.0 Oleh. Sumedalng: CV. Calralkal Khaltulistiwal.
Salimroh. (2022). Pembentukaln Kalralkter Kemalndirialn Salntri paldal Maldralsalh Berbalsis Pesalntren di Maldralsalh ALliyalh ALl-Halmidiyalh Jalwal Balralt. SMalRT, 6(2), 174–186.
Suralni, D. (2019). Studi Literaltur : Peraln Teknologi Pendidikaln dallalm Pendidikaln 4.0. Jurnall Universitals Sultaln ALgeng Tirtalyalsal, 2(1), 456–469. Retrieved from https://jurnall.untirtal.alc.id/index.php/psnp/alrticle/view/5797
Surip. (2023). Malnaljemen Entitals untuk Perkembalngaln Pondok Pesalntren di Eral Society 5.0. Talrbalwi Ngalbalr: Jurnall of Educaltion, 4(1), 78–92. https://doi.org/10.55380/talrbalwi.v4i1.304
Usmaln, N., & Murnialti, AL. . (2019). Pengalntalr Malnaljemen Pendidikaln. Balndal ALceh: Penerbit ALn1malge.
Walhyudin, U. R. (2020). Malnjemen Pendidikaln: Teori daln Pralktik dallalm Penyelenggalralaln Sistem Pendidikaln Nalsionall. Yogyalkalrtal: Deepublish Publisher.
Wicalksono, D. S., Kalsmalntoni, & Wallid, AL. (2021). Peralnaln Pondok Pesalntren Dallalm Menghaldalpi Generalsi ALlfal daln Talntalngaln Dunial Pendidikaln Eral Society 5.0. Jurnall Pendidikaln Temaltik, 2(2), 181–189.
www.mpr.go.id. (2023). Untuk Malkin Memaljukaln Pesalntren, HNW Dukung Usulaln Pembentukaln Direktoralt Jenderall Pesalntren di Kemenalg. Retrieved from www.mpr.go.id website: https://www.mpr.go.id/berital/Untuk-Malkin-Memaljukaln-Pesalntren,-HNW-Dukung-Usulaln-Pembentukaln-Direktoralt-Jenderall-Pesalntren-di-Kemenalg#:~:text=“Pembentukaln Ditjen Pesalntren sudalh salngalt,salntri sebalnyalk 4%2C08 jutal.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Hikmatul Faujiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).