Pengembangan Project Based Learning (PjBL) Berbantuan MPI pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI

Authors

  • Nursobah Nursobah Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sitti Hartinah Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Basukiyatno Basukiyatno Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1379

Keywords:

Project Based Learning, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), Prestasi Belajar

Abstract

Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan MPI dilatarbelakangi oleh prestasi belajar yang rendah yang diakibatkan oleh cara mengajar konvensional, keterlibatan siswa yang rendah, media yang tidak sesuai, dan efek pandemi dua tahun yang masih terasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan terhadap Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan MPI, mengetahui desain dan mengetahui bagaimana efektivitasnya dalam meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas XI di SMAN satu Bojong Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE dengan metode eksprimen. Hasil penelitian Nilai signifikansi uji t prestasi belajar menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan MPI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Ismanto, Vitriani, and Khairul Anshari, “Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul untuk Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL),” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 6, no. 2, pp. 17–24, Nov. 2022, doi: 10.37859/jpumri.v6i2.3628.

I. G. D. Buana, M. Putra, and IB. G. S. Abadi, “Dampak Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Indonesian Journal of Instruction, vol. 3, no. 2, pp. 54–63, May 2022, doi: 10.23887/iji.v3i2.44508.

R. Yektyastuti and J. Ikhsan, “Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA,” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 2, no. 1, p. 88, Apr. 2016, doi: 10.21831/jipi.v2i1.10289.

K. E. Ardiani, “Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 26–35, Apr. 2022, doi: 10.23887/jppp.v6i1.45159.

N. M. P. Sastradewi, “Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Muatan Pelajaran IPA,” Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, vol. 2, no. 1, Feb. 2022, doi: 10.23887/jmt.v2i1.44855.

H. Faizah and R. Kamal, “Belajar dan Pembelajaran,” Jurnal Basicedu, vol. 8, no. 1, pp. 466–476, Feb. 2024, doi: 10.31004/basicedu.v8i1.6735.

A. Desviana Siregar and L. Khotimah Harahap, “PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI MEDIA KOMPUTASI HYPERCHEM PADA MATERI BENTUK MOLEKUL,” 2020. [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps

A. Desviana Siregar and L. Khotimah Harahap, “UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) EFFORTS TO INCREASE STUDENT CREATIVITY USING CHEMICAL-BASED TEACHING MATERIALS PROJECT BASED LEARNING.”

W. Herawati, S. Wahyuni, M. Nurlatifah, and M. U. Fauziyah, “Penerapan Model Project Based Learnıng (PJBL) Berbantuan Multımedıa Interaktıf Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa,” Journal of Innovation in Primary Education, vol. 1, no. 2, pp. 76–83, 2022.

A. Robianto, P. S. Studi, and P. Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin, “Pengembangan Modul Berbasis Aplikasi Android untuk Mata Kuliah Ilmu Bahan Teknik pada Prodi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Malang.” [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp

I. Ernawati and T. Sukardiyono, “UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER.”

N. D. Ulfah, S. Sugiarti, and P. Salempa, “Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Hidrolisis dalam Model Discovery Learning,” Chemistry Education Review (CER), vol. 5, no. 1, p. 50, Sep. 2021, doi: 10.26858/cer.v5i1.26358.

K. E. Ardiani, “Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 26–35, Apr. 2022, doi: 10.23887/jppp.v6i1.45159.

N. D. Ulfah, S. Sugiarti, and P. Salempa, “Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Hidrolisis dalam Model Discovery Learning,” Chemistry Education Review (CER), vol. 5, no. 1, p. 50, Sep. 2021, doi: 10.26858/cer.v5i1.26358.

I. W. Santyasa and I. M. Tegeh, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SELF REGULATED LEARNING DENGAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MENDOYO,” 2014.

S. Ferlianti, A. R. Nurbani, D. Rusdiana, and I. R. Suwarma, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SAC (Smart Apps Creator) PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS,” Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), vol. 3, no. 1, 2022.

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Nursobah, N., Hartinah , S., & Basukiyatno, B. (2024). Pengembangan Project Based Learning (PjBL) Berbantuan MPI pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI . Journal of Education Research, 5(3), 2874–2885. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1379

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>