Pengembangan Project Based Learning (PjBL) Berbantuan MPI pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1379Keywords:
Project Based Learning, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), Prestasi BelajarAbstract
Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan MPI dilatarbelakangi oleh prestasi belajar yang rendah yang diakibatkan oleh cara mengajar konvensional, keterlibatan siswa yang rendah, media yang tidak sesuai, dan efek pandemi dua tahun yang masih terasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan terhadap Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan MPI, mengetahui desain dan mengetahui bagaimana efektivitasnya dalam meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas XI di SMAN satu Bojong Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE dengan metode eksprimen. Hasil penelitian Nilai signifikansi uji t prestasi belajar menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan MPI.
Downloads
References
E. Ismanto, Vitriani, and Khairul Anshari, “Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul untuk Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL),” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 6, no. 2, pp. 17–24, Nov. 2022, doi: 10.37859/jpumri.v6i2.3628.
I. G. D. Buana, M. Putra, and IB. G. S. Abadi, “Dampak Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Indonesian Journal of Instruction, vol. 3, no. 2, pp. 54–63, May 2022, doi: 10.23887/iji.v3i2.44508.
R. Yektyastuti and J. Ikhsan, “Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA,” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 2, no. 1, p. 88, Apr. 2016, doi: 10.21831/jipi.v2i1.10289.
K. E. Ardiani, “Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 26–35, Apr. 2022, doi: 10.23887/jppp.v6i1.45159.
N. M. P. Sastradewi, “Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Muatan Pelajaran IPA,” Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, vol. 2, no. 1, Feb. 2022, doi: 10.23887/jmt.v2i1.44855.
H. Faizah and R. Kamal, “Belajar dan Pembelajaran,” Jurnal Basicedu, vol. 8, no. 1, pp. 466–476, Feb. 2024, doi: 10.31004/basicedu.v8i1.6735.
A. Desviana Siregar and L. Khotimah Harahap, “PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI MEDIA KOMPUTASI HYPERCHEM PADA MATERI BENTUK MOLEKUL,” 2020. [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps
A. Desviana Siregar and L. Khotimah Harahap, “UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) EFFORTS TO INCREASE STUDENT CREATIVITY USING CHEMICAL-BASED TEACHING MATERIALS PROJECT BASED LEARNING.”
W. Herawati, S. Wahyuni, M. Nurlatifah, and M. U. Fauziyah, “Penerapan Model Project Based Learnıng (PJBL) Berbantuan Multımedıa Interaktıf Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa,” Journal of Innovation in Primary Education, vol. 1, no. 2, pp. 76–83, 2022.
A. Robianto, P. S. Studi, and P. Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin, “Pengembangan Modul Berbasis Aplikasi Android untuk Mata Kuliah Ilmu Bahan Teknik pada Prodi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Malang.” [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp
I. Ernawati and T. Sukardiyono, “UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER.”
N. D. Ulfah, S. Sugiarti, and P. Salempa, “Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Hidrolisis dalam Model Discovery Learning,” Chemistry Education Review (CER), vol. 5, no. 1, p. 50, Sep. 2021, doi: 10.26858/cer.v5i1.26358.
K. E. Ardiani, “Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 26–35, Apr. 2022, doi: 10.23887/jppp.v6i1.45159.
N. D. Ulfah, S. Sugiarti, and P. Salempa, “Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Hidrolisis dalam Model Discovery Learning,” Chemistry Education Review (CER), vol. 5, no. 1, p. 50, Sep. 2021, doi: 10.26858/cer.v5i1.26358.
I. W. Santyasa and I. M. Tegeh, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SELF REGULATED LEARNING DENGAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MENDOYO,” 2014.
S. Ferlianti, A. R. Nurbani, D. Rusdiana, and I. R. Suwarma, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SAC (Smart Apps Creator) PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS,” Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), vol. 3, no. 1, 2022.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nursobah Nursobah, Sitti Hartinah , Basukiyatno Basukiyatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).