Analisis Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1370Keywords:
Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, MatematikaAbstract
Media pembelajaran merupakan komponen penting sebagai alat perantara bagi guru agar siswa menerima materi pembelajaran. Media ini sangat membantu guru dalam mengajar dan memberikan banyak manfaat. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar akan menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien, seperti penggunaan media video. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Hasil kesimpulan pada penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dengan penggunaan media video youtube guru menyampaikan isi materi bangun ruang dengan jelas melalui visualisasi yang menarik, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengulang kembali materi bangun ruang yang sudah disampaikan, membuat siswa tidak merasakan jenuh dalam memahami materinya, dan dapat memotivasi siswa terutama pada pembelajaran matematika.
Downloads
References
Agusdianita, N., & Inzoni. (2022). Konsepsi Geometri pada Etnomatematika Pane sebagai Sumber Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JuRiDikDas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(3), 275–283.
Alfayanti, L., Suwandi, S., & Winarni, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Video Pembacaan Cerpen Bermuatan Budaya Nasional Indonesia untuk Kompetensi Menelaah Karya Satra Bagi Pemelajar BIPA. Proceedings of Education and Language International Conference, 1(1), 624–629. http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/497277.
Anggraini, I. (2011). MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH: SEBUAH KAJIAN PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN MAHASISWA. Jurnal Mahasiswa, 1(2), 100–109. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/39/37.
Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 13–21. https://e-journal.unib.ac.id/index.php/jpmr.
Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “TELAAH PERSPEKTIF PADA ERA SOCIETY 5.0” Penulis.
Asmahasanah, S., Supriatna, I., & Hanifah, I. (2022). Problematika Guru Dalam Menerapkan Video Pembelajaran Tematik Kelas Rendah Di SD Al – Azhar Syifa Budi Cibinong. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 114. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7197.
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242.
Faristin, V. A., Ismanto, H. S., & Venty. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA Factors Influencing High School Students’ Learning Motivation. PGRI Semarang; Jl. Sidodadi Timur No, 24(024), 125–153.
Guzman & Oktarina. (2018). Descriptive Method. An Oak Spring Sylva, 7(1), xxvii–xxviii. https://doi.org/10.2307/j.ctvckq9v8.7
Hendra, Hery Afriyadi, T., Noor Hayati, S., Laila, S. N., Prakasa, Y. F., & Rahmat Putra Ahmad Hasibuan Achmad Dzulfikri Almufti Asyhar, S. P. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktek). In Mahesa (Vol. 1, Nomor 1).
Hendrawan, A., & Huizen, L. M. (2022). Pemanfaatan Platform Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MA Ma’Arif, 4(1),21–27. https://journals.usm.ac.id/index.php/view/4679.
Hidayati, N. & K. (2017). Upaya Institusi Sosial dalam Menanggulangi Pengemis Anak di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2 (Nov), 181–191. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/2700.
Huriyanti, L., & Rosiyanti, H. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick on the Draw. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 65. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.65-76.
Husnul Khaatimah, R. W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknolofi Pendidikan, 2(2), 76–87.
Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Salwa Ramadhanty, Aam Amaliyah, Najib Hasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).