Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Pertanian Tradisional Kabupaten Kampar

Authors

  • Zulfah Zulfah Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Astuti Astuti Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ika Juliana Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Nopri Herlinda Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Suci Febriani Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.137

Abstract

Ambuong (Ambung), Losuong ( Lesung) dan Nyiru (Penampi) merupakan salah satu alat pertanian tradisional yang ada di Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplor Alat Pertanian yang ada di Sipungguk, Kabupaten Kampar, dan menganalisis kaitan Alat Pertanian Kabupaten Kampar dalam materi Geometri Bidang Datar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi, yaitu jenis penelitian yang mendeskripsikan  dan memperoleh data secara secara utuh, menyeluruh dan mendalam. Hasilnya adalah eksplorasi etnomatematika pada Alat Pertanian Tradisional Kabupaten Kampar, yang mewakili konsep-konsep matematika termasuk bidang datar lingkaran, bidang datar persegi, bidang datar trapesium sama kaki dan nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Siswa dapat mengidentifikasi dan menggambarkan bentuk geometri bidang datar pada alat pertanian tradisional, yaitu 1) konsep lingkaran pada alat pertanian tradisional ambuong (ambung), 2) konsep persegi pada alat pertanian tradisional nyiru (penampi) dan 3) konsep trapesium sama kaki pada alat pertanian tradisional losuong (lesung).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aflah, H., & Andhany, E. (2022). Etnomatematika dalam Budaya Suku Alas di Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2376–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1466

Akbar, A., Haidar, I., & Hidayati, U. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Pada Alat Pertanian Tradisional Suku Bugis di Kabupaten Pinrang. 05(02), 1399–1409.

Andriyani, & Kuntarto, E. (2017). Etnomatematika : Model Baru Dalam Pembelajaran. Jurnal Gantang, 2(2), 133–144.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.

Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1050

Kampar, K. (2017). Sistem Informasi Data Base Kebudayaan Kabupaten Kampar.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.

Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah, 19(2), 220–238.

Sanjaya, W. (2012). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (1st ed.). KENCANA.

Supriatna, A., Imswatama, A., & Nurcahyono, N. A. (2021). Jurnal Utile Studi Etnomatematika pada Tebar Padi di Pawinian dalam Pertanian Masyarakat Kabupaten Bogor. VII, 1–9.

Suwarsono, S. (2015). ETNOMATEMATIKA (Ethnomathematics).

Tradisional, P., & Dayak, S. (2019). EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA DALAM ALAT-ALAT. September, 97–107.

WICAKSONO, R. W. (2019). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA SENI PENCAK SILAT KEPULAUAN RIAU SEBAGAI SUMBER PENYUSUNAN BAHAN AJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan, 3, 1–187.

Aflah, H., & Andhany, E. (2022). Etnomatematika dalam Budaya Suku Alas di Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2376–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1466

Akbar, A., Haidar, I., & Hidayati, U. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Pada Alat Pertanian Tradisional Suku Bugis di Kabupaten Pinrang. 05(02), 1399–1409.

Andriyani, & Kuntarto, E. (2017). Etnomatematika : Model Baru Dalam Pembelajaran. Jurnal Gantang, 2(2), 133–144.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.

Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1050

Kampar, K. (2017). Sistem Informasi Data Base Kebudayaan Kabupaten Kampar.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.

Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah, 19(2), 220–238.

Sanjaya, W. (2012). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (1st ed.). KENCANA.

Supriatna, A., Imswatama, A., & Nurcahyono, N. A. (2021). Jurnal Utile Studi Etnomatematika pada Tebar Padi di Pawinian dalam Pertanian Masyarakat Kabupaten Bogor. VII, 1–9.

Suwarsono, S. (2015). ETNOMATEMATIKA (Ethnomathematics).

Tradisional, P., & Dayak, S. (2019). EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA DALAM ALAT-ALAT. September, 97–107.

Wicaksono, R. W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Seni Pencak Silat Kepulauan Riau Sebagai Sumber Penyusunan Bahan Ajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 3, 1–187.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Zulfah, Z., Astuti, A., Juliana, I., Herlinda, N., & Febriani, S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Pertanian Tradisional Kabupaten Kampar. Journal of Education Research, 4(1), 161–170. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.137

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)