Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Pertanian Tradisional Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.137Abstract
Ambuong, Losuong atau Lesung dan Nyiru atau Penampi merupakan salah satu alat pertanian tradisional yang ada di Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplor Alat Pertanian yang ada di Sipungguk, Kabupaten Kampar, dan menganalisis kaitan Alat Pertanian Kabupaten Kampar dalam materi Geometri Bidang Datar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi, yaitu jenis penelitian yang mendeskripsikan dan memperoleh data secara secara utuh, menyeluruh dan mendalam. Hasilnya adalah eksplorasi etnomatematika pada Alat Pertanian Tradisional Kabupaten Kampar, yang mewakili konsep-konsep matematika termasuk bidang datar lingkaran, bidang datar persegi, bidang datar trapesium sama kaki dan nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Siswa dapat mengidentifikasi dan menggambarkan bentuk geometri bidang datar pada alat pertanian tradisional, yaitu konsep lingkaran pada alat pertanian tradisional ambuong atau ambung, konsep persegi pada alat pertanian tradisional nyiru atau penampi dan konsep trapesium sama kaki pada alat pertanian tradisional losuong atau lesung.
Downloads
References
Aflah, H., & Andhany, E. (2022). Etnomatematika dalam Budaya Suku Alas di Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2376–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1466
Akbar, A., Haidar, I., & Hidayati, U. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Pada Alat Pertanian Tradisional Suku Bugis di Kabupaten Pinrang. 05(02), 1399–1409.
Andriyani, & Kuntarto, E. (2017). Etnomatematika : Model Baru Dalam Pembelajaran. Jurnal Gantang, 2(2), 133–144.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.
Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1050
Kampar, K. (2017). Sistem Informasi Data Base Kebudayaan Kabupaten Kampar.
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.
Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah, 19(2), 220–238.
Sanjaya, W. (2012). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (1st ed.). KENCANA.
Supriatna, A., Imswatama, A., & Nurcahyono, N. A. (2021). Jurnal Utile Studi Etnomatematika pada Tebar Padi di Pawinian dalam Pertanian Masyarakat Kabupaten Bogor. VII, 1–9.
Suwarsono, S. (2015). ETNOMATEMATIKA (Ethnomathematics).
Tradisional, P., & Dayak, S. (2019). EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA DALAM ALAT-ALAT. September, 97–107.
WICAKSONO, R. W. (2019). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA SENI PENCAK SILAT KEPULAUAN RIAU SEBAGAI SUMBER PENYUSUNAN BAHAN AJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan, 3, 1–187.
Aflah, H., & Andhany, E. (2022). Etnomatematika dalam Budaya Suku Alas di Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2376–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1466
Akbar, A., Haidar, I., & Hidayati, U. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Pada Alat Pertanian Tradisional Suku Bugis di Kabupaten Pinrang. 05(02), 1399–1409.
Andriyani, & Kuntarto, E. (2017). Etnomatematika : Model Baru Dalam Pembelajaran. Jurnal Gantang, 2(2), 133–144.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.
Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1050
Kampar, K. (2017). Sistem Informasi Data Base Kebudayaan Kabupaten Kampar.
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.
Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah, 19(2), 220–238.
Sanjaya, W. (2012). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (1st ed.). KENCANA.
Supriatna, A., Imswatama, A., & Nurcahyono, N. A. (2021). Jurnal Utile Studi Etnomatematika pada Tebar Padi di Pawinian dalam Pertanian Masyarakat Kabupaten Bogor. VII, 1–9.
Suwarsono, S. (2015). ETNOMATEMATIKA (Ethnomathematics).
Tradisional, P., & Dayak, S. (2019). EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA DALAM ALAT-ALAT. September, 97–107.
Wicaksono, R. W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Seni Pencak Silat Kepulauan Riau Sebagai Sumber Penyusunan Bahan Ajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 3, 1–187.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Zulfah, Astuti Astuti, Ika Juliana, Nopri Herlinda, Suci Febriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).