School Climate and Bullying Prevention A Civic Education Perspective

Authors

  • Siska Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Karim Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Sri Wahyuni Tanshzil Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1369

Keywords:

Iklim Sekolah, Pencegahan Perundungan, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Persoalan perundungan masih menjadi perhatian serius dalam bidang pendidikan. Penelitian ini mengkaji teori iklim sekolah dan perannya dalam pencegahan perundungan, serta bagaimana prinsip-prinsip Pendidikan Kewarganegaraan dapat berkontribusi dalam menciptakan iklim sekolah yang positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Tujuan dari studi literatur ini adalah untuk mengidentifikasi elemen-elemen kunci iklim sekolah yang efektif dalam mengurangi perundungan dan mengeksplorasi integrasi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai alat untuk memperkuat perilaku sosial yang konstruktif di kalangan siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa iklim sekolah yang ditandai dengan keamanan, dukungan emosional, dan hubungan interpersonal yang sehat dapat secara signifikan mengurangi frekuensi dan dampak perundungan. Selain itu, Pendidikan Kewarganegaraan berperan penting dalam membangun kesadaran sosial siswa, mempromosikan nilai-nilai kebajikan, dan meningkatkan partisipasi mereka dalam upaya pencegahan perundungan. Pendidikan Kewarganegaraan membantu siswa memahami hak dan tanggung jawab mereka, yang selanjutnya mendorong pembentukan lingkungan sekolah yang inklusif dan mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S. (2022). The Effectiveness of Character Education through the Multicultural Approach in the Civic Education Subject Sarli Amri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 3273–3279. https://doi.org/doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7114

Arizanti, S. (2018). Peranan Guru PPKN Dalam Menangani Perilaku Bulyying Siswa Di SMPN 2 Tinambung Kec. Balanipa Kab. Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arya, L. (2018). Melawan Bullying: Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. CV. Sepilar Publishing House.

Battistich, V., & Horn, A. (1997). The Relationship Between Students’ Sense of Their School As a Community and Their Involvement in Problem Behaviors. American Journal of Public Health, 87. https://doi.org/10.2105/AJPH.87.12.1997

Bradshaw, C. P., Waasdorp, T. E., Debnam, K. J., & Johnson, S. L. (2014). Measuring School Climate in High schools: A focus on Safety, Engagement, and the Environment. Journal of School Health, 84(9), 593–604. https://doi.org/10.1111/josh.12186

Centers for Disease Control and Prevention. (2009). School connectedness: Strategies for increasing protective factors among youth . Department of Health and Human Services.

Damayanti, S. (2024). Membangun Keadaban Warga Negara (Civic Virtue) Melalui Program Sekolah Ramah Anak dalam Mencegah Perundungan: Studi Kasus di SMP Negeri 29 Palembang (S2 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia).

Damayanti, S., Nanggala, A., & Suryadi, K. (2023). Building Smart and Good Young Citizens Through Project-Based Learning in Civic Education as a Means of Preventing Cyberbullying in The Digitalization Era. International Seminar Tulungagung University, 113–124. https://doi.org/10.36563/proceeding.v5i0.106

Damayanti, S., & Suryadi, K. (2024). Konstruksi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Pendekatan Brain-Based Learning dalam Mewujudkan Iklim Belajar yang Menyenangkan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 693–706. https://doi.org/10.58230/27454312.367

Gregory, A., Clawson, K., Davis, A., & Gerewitz, J. (2015). The Promise of Restorative Practices to Transform Teacher-Student Relationships and Achieve Equity in School Discipline. Journal of Educational and Psychological Consultation, 26(4), 325–353. https://doi.org/10.1080/10474412.2014.929950

Gregory A, Cornell D, & Fan X. (2011). The relationship of school structure and support to suspension rates for black and white high school students. Am Educ Res J, 48(4), 904–934. https://doi.org/10.3102/0002831211398531

Klein, J., Cornell, D., & Konold, T. (2012). Relationships Between Bullying, School Climate, and Student Risk Behaviors. School Psychology Quarterly, 27(3), 154–169. https://doi.org/10.1037/a0029350

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Refika Aditama.

Nasiton, I. N., & Syaf, A. (2018). Hubungan Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Abdurrab. Psychopolytan (Jurnal Psikologi), 1(22), 98–110.

Shumer, R., Lam, C., & Laabs, B. (2012). Ensuring good character and civic education: Connecting through service learning. Asia Pacific Journal of Education, 32(4), 430–440. https://doi.org/10.1080/02188791.2012.741768

T. Pickeral, L. A. E. W. H. and D. H. (2009). School climate guide for district policymakers and education leaders. Center for Social and Emotional Education.

Thapa, A., Cohen, J., D’alessandro, A. H., & Guffey, S. (2012). School Climate Research Summary: August 2012. National School Climate Center, 3, 1–21.

Thapa, A., Cohen, J., Guffey, S., & Higgins-D’Alessandro, A. (2013). A Review of School Climate Research. Review of Educational Research, 83(3), 357–385. https://doi.org/10.3102/0034654313483907

Untari, A. D., & Setiawati, E. (2020). Strategi Guru PPKn dalam Mengantisipasi Kekerasan Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 185–200. https://doi.org/10.47080/propatria.v3i2.993

Usmaedi, Sapriya, & Mualimah, E. N. (2021). Optimalisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Sekolah Dasar. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 16(1), 100–107. https://doi.org/10.26858/supremasi.v16i1.20405

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan (Riduwan & Rohmiyati, Ed.). Alfabeta CV.

Wang, C., Berry, B., & Swearer, S. M. (2013). The Critical Role of School Climate in Effective Bullying Prevention. In Theory into Practice (Vol. 52, Issue 4, pp. 296–302). https://doi.org/10.1080/00405841.2013.829735

Winataputra, U. S., & Budimansyah, D. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran). Widya Aksara Press.

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah). In Sistem Informasi Manajemen (Vol. 1). CV Pustaka Setia.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Damayanti, S., Suryadi, K., & Tanshzil, S. W. (2024). School Climate and Bullying Prevention A Civic Education Perspective. Journal of Education Research, 5(4), 4980–4990. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1369

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check