Evaluasi Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka di SMA IT Fadhilah Pekanbaru: Studi Kasus pada Tahun Ajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.1366Keywords:
Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar, Implementasi KurikulumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SMA IT Fadhilah Pekanbaru dengan fokus perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi pada bulan Mei 2024, yang kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dimulai dengan penyusunan KOSP dan pembentukan tim kurikulum. Pengorganisasian melibatkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berbasis proyek. Pelaksanaan kurikulum menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek dan diferensiasi. Evaluasi dilakukan melalui asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, dengan program remedial dan pengayaan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kurikulum merdeka di SMA IT Fadhilah telah diterapkan secara efektif, namun membutuhkan penguatan pada aspek pelatihan guru dan pengelolaan evaluasi berbasis teknologi.
Downloads
References
Akbar, W. . (2021). Sekolah Berkualitas di Era Merdeka Belajar. 1st edn. Edited by A. Salim et al. Direktorat SMA, Kemdikbud.
Andini, G. T. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jurnal Islamic Education Manajemen.
Fadillah, Mardianto, & Nasution, W. N. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Wiraswasta Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 2(1), 27–33. http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v2i1.1443
Fathurrochman, I. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 85. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.216
Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(1), 181–192. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/544
Ikram, M. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar d i SMP Negeri 2 Parepare. Edium : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 21–29. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/edium/article/view/6359
Kerwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392
Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. MAHESA Research Center, 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180
Maylitha, E., Alfiyana, F. M., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hanifa, S., & Prihantini, P. (2023). Kesiapan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2523–2548. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/545
Mentari, E. G. (2022). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Hijaz Pustaka Mandiri.
Pendidkan, K. & Indonesia, K. R. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.
Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Rajawali, Pers.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,. Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2018). Manajemen Kurikulum di Sekolah. STKIP Muhammadiyah.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ilma Zulfina, Yurni Suasti, Ernawati Ernawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).