Evaluasi Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka di SMA IT Fadhilah Pekanbaru: Studi Kasus pada Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Ilma Zulfina Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yurni Suasti Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ernawati Ernawati Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.1366

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar, Implementasi Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SMA IT Fadhilah Pekanbaru dengan fokus perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi pada bulan Mei 2024, yang kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dimulai dengan penyusunan KOSP dan pembentukan tim kurikulum. Pengorganisasian melibatkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berbasis proyek. Pelaksanaan kurikulum menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek dan diferensiasi. Evaluasi dilakukan melalui asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, dengan program remedial dan pengayaan bagi siswa.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kurikulum merdeka di SMA IT Fadhilah telah diterapkan secara efektif, namun membutuhkan penguatan pada aspek pelatihan guru dan pengelolaan evaluasi berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, W. . (2021). Sekolah Berkualitas di Era Merdeka Belajar. 1st edn. Edited by A. Salim et al. Direktorat SMA, Kemdikbud.

Andini, G. T. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jurnal Islamic Education Manajemen.

Fadillah, Mardianto, & Nasution, W. N. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Wiraswasta Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 2(1), 27–33. http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v2i1.1443

Fathurrochman, I. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 85. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.216

Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(1), 181–192. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/544

Ikram, M. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar d i SMP Negeri 2 Parepare. Edium : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 21–29. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/edium/article/view/6359

Kerwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392

Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. MAHESA Research Center, 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180

Maylitha, E., Alfiyana, F. M., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hanifa, S., & Prihantini, P. (2023). Kesiapan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2523–2548. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/545

Mentari, E. G. (2022). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Hijaz Pustaka Mandiri.

Pendidkan, K. & Indonesia, K. R. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Rajawali, Pers.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,. Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2018). Manajemen Kurikulum di Sekolah. STKIP Muhammadiyah.

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Zulfina, I., Suasti, Y., & Ernawati, E. (2025). Evaluasi Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka di SMA IT Fadhilah Pekanbaru: Studi Kasus pada Tahun Ajaran 2023/2024. Journal of Education Research, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.1366

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check