Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Project untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir dan Literasi Sains

Authors

  • Milati Masruroh Pedagogi, Universitas Pancasakti, Indonesia
  • Burhan Eko Purwanto Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Project untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir dan Literasi Sains, Indonesia
  • Tity Kusrina Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Project untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir dan Literasi Sains, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1361

Keywords:

Modul Pembelajaran, Model Project Based Learning (PjBL), Kreativitas Berpikir, Literasi Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul pembelajaran kimia berbasis projek, menghasilkan modul pembelajaran kimia berbasis projek yang layak, menganalisis peningkatan kreativitas berpikir dan literasi sains siswa setelah menggunakan modul pembelajaran kimia berbasis Projek Based Learning. Pengembangan modul ini menggunakan metode Research and Development, dengan model Analisys, Design, Development, Implemetation, dan Evaluation. Analisis efektivitas penggunaan modul menggunakan N Gain Score. Temuan penelitian adalah desain modul pembelajaran kimia berbasis project dengan enam sintaks pembelajaran PjBL, uji kelayakan modul memenuhi kriteria layak. Hasil validasi ahli materi menunjukkan kriteria sangat layak dan hasil validasi ahli media menunjukkan kriteria sangat layak. Jadi  pembelajaran menggunakan modul berbasis project pada materi hidrokarbon dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa kategori cukup efektif, dan meningkatkan literasi sains siswa kategori cukup efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, Dasep bayu, Ema Butsi Prihastari, Rahmadsyah, and Ratna Setyaningsih. 2021. Model-Model Pembelajaran. Sukoharjo: Penerbit Pradina Pustaka.

Banawi, Asmin. 2019. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning.” Biosel: Biology Science and Education 8(1): 90.

Desviana Siregar, Anggi, Ravico, and Lenni Khotimah Harahap. 2022. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Kimia Berbasis Project Based Learning (Pjbl).” CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science 6(1): 1–6.

Fuadi, Husnul, Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin Jamaluddin, dan Abdul Wahab Jufri. 2020. “Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5(2): 108–16.

Hasanah, Izzatul, Sarwanto Sarwanto, and Mohammad Masykuri. 2018. “Pengembangan Modul Suhu Dan Kalor Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA.” Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) 3(1): 38.

Hasanuddin et al. 2022. Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar). Serang: Sada Kurnia Pustaka.

Kemendikbud. 2014. “Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.” Pedoman Evaluasi Kurikulum. http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf.

Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.

Kemendikbud. 2019. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2021. Modul Literasi Sains Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbudristek. 2022. “Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi: 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344.

Lestari, Nyoman Ayu Putri et al. 2023. Model-model pembelajaran untuk kurikulum merdeka di era society 5.0. Bali: Nilacakra.

OECD. 2014. PISA 2012 Results: what 15-year-olds know and what they can do with what they know. OECD Publishing.

Pagan, Maria Merliana. 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Materi Suhu Kalor Dan Perpindahan Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA/MA.”

Rusilowati, Ani. 2018. “Asesmen Literasi Sains: Analisis Karakteristik Instrumen Dan Kemampuan Siswa Menggunakan Teori Tes Modern Rasch Model.” Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Riau ke-3 (September): 2–15. https://snf.fmipa.unri.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/0.-300B-2-15NI.pdf.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susongko, Purwo, Mobinta Kusuma, and Yuni Arfiani. 2019. “Model Asesmen Literasi Sains Siswa Berbasis Ipa Terpadu Dengan Pemodelan Rasch Untuk Peningkatan Kompetensi Lulusan SMA Program Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).”

Yuniwati, Ika, Elfira Rahmadani, Eli Syafitri, and Syahriani Sirait. 2023. Project Based Learning (Pjbl) Di Berbagai Jenjang Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis

Yusmanidar, Ibnu Khaldun, and Mudatsir. 2017. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Metode Praktikum Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam.” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 1(1): 73–80. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9569

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Masruroh, M., Purwanto, B. E., & Kusrina, T. (2024). Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Project untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir dan Literasi Sains. Journal of Education Research, 5(3), 2864–2867. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1361

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>