Eksplorasi Etnomatematika Busana Ninik Mamak di Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.136Abstract
Etnomatematika adalah penghubung dunia matematika dan budaya lokal. Pembelajaran berbasis etnomatematika ini sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai karakter sekaligus memupuk rasa cinta anak terhadap budaya lokal yang selama ini sudah mulai ditinggalkan karena kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur matematika yang terkandung di dalam motif busana ninik mamak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data triangulasi yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya unsur-unsur matematika pada busana ninik mamak berupa konsep geometri dan transformasi geometri.
Downloads
References
Afnenda, A. B. (2021). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Masalah Transformasi dan Kesebangunan Geometri pada Rumah Adat Osing.
Ahadi, F. Al. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Suku Samin dan Hubungannya dengan Konsep-Konsep Matematika dalam Pembelajaran Kontekstual.
Andriyanto. (2016). Pergeseran Peran Ninik Mamak Dibidang Kesenian. Jom Fisip, 3(1), 1–10.
Arwanto, A. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40–49. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1493
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Edisi pertama. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Kurino, Y. D., & Rahman. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Panjalin pada Materi Konsep Dasar Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 268–275.
Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis dan Rumah Adat Lampung. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94–110. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1956
Nasir, Kholis. 2005. “Adat Meminang Pada Masyarakat Kampar Tinjauan Sosiologi Hukum”. Hlm 1.
RH, D. S. S. W., Djafar, F. E., Damayanti, E., Haliza, N., Karim, R., & Ugi, L. E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Makna Simbol Pakaian Pernikahan Adat Buton Kajian Semiotik. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 91–99. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i1.1213
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.
Sugama, S. B. G. (2020). Studi Etnomatematika Pada Masyarakat Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu (Vol. 4, Issue 1). https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887 9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika dalam ragam hias melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–118. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.61
Wicaksono, R. W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Seni Pencak Silat Kepulauan Riau Sebagai Sumber Penyusunan Bahan Ajar Matematika (Issue 2).
Zahroh, H. R., Purnama, K. A., Asalauqi, M. F., Faridayanti, I., & Kusuma, J. W. (2021). Eksplorasi etnomatematika ditinjau dari nilai Matematika pada motif batik Banten. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1, 154–161. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6179
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Zulfah, Astuti, Erisya Hermira, Mira Elviana, Putri Ernalira, Yola Malinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).