Peran Guru Melalui Metode Bercerita dalam Perkembangan Bahasa Anak
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1354Keywords:
Peran Guru, Metode Bercerita, Perkembangan Bahasa, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini membahas tentang peran guru melalui metode bercerita dalam perkembangan bahasa di TK Al-Istiqomah kelompok A Desa Cibeteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles and Huberman. Subyek pada penelitian ini berjumlah lima belas anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Peran guru sebagai pembimbing melalui metode bercerita dalam perkembangan bahasa di TK Al-Istiqomah Kelompok A telah berhasil diterapkan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; Tahap perkembangan bahasa anak seperti pralinguistik, linguistik, holofrasis, dan ucapan dua kata. Hasil penelitian di TK Al-Istiqomah Desa Cibeuteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Provisi Jawa Barat memperoleh perkembangan bahasa yang baik dan meningkatkan kosa kata dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan anak sudah dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik saat berinteraksi dengan teman sebaya sehingga anak memperoleh banyak kosa kata.
Downloads
References
Adriana. (2013). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak. Bandung: Salemba Medika.
Andini. (2020). Perkembangan & Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Widarma, Adi dkk. (2017). Perancangan Aplikasi Gaji Karyawan Pada PT.PP London Sumatra Indonesia Tbk. Gunung Malayu Estate Kabupaten halaman 166-173. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 1 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v1i2.303.
Anzwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, A W dkk. (Juli, 2019). Peran Guru Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, halaman 37-45. Jambura Early Childhood Education Journal, Volume 1 Nomor 2. DOI:10.37411/jecej.v1i2.57.
Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Azizah, S M. (2021). PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE ROLE PLAYING halaman 17-24. Al-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, Volume 2 Nomor 1. https://doi.org/10.37680/almikraj.v2i1.762.
Elyasari dkk. (Maret, 2020). Penggunaan Modul Stimulasi Perkembangan untuk Melatih Kemampuan Bahasa dan Bicara Anak Usia Dini 0-12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Ranometoo Kabupaten Konewe Selatan halaman 1-4. Jurnal Keperawatan, Jurnal Penelitian Disiplin Ilmu Keperawatan, Volume 3 Nomor 3. https://doi.org/10.46233/jk.v3i03.219.
Hildayani, R. (2013). Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Isna, A. (Desember 2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini halaman 62-69. Jurnal Al Athfal Volume 2 Nomor 1, Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, STAINU Purworejo. DOI: https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140.
Isnawirna dkk. (2019). PERAN GURU DALAM MEMBINA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK CUT MEUTIA BANDA ACEH halaman 62-68. Buah Hati, Volume 6 Nomor 1. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i1.933.
Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasi Dalam Pembelajaran halaman 47-56. Jurnal Ilmiah Universitas Batang Hari Jambi, Volume 17 Nomor 3. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i3.401.
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.
Syamsu Yusuf L.N, N. M. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Depok: Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Novia Ramadani, Haryanti Jaya Harjani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).