Peran Guru Melalui Metode Bercerita dalam Perkembangan Bahasa Anak

Authors

  • Novia Ramadani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Haryanti Jaya Harjani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1354

Keywords:

Peran Guru, Metode Bercerita, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru melalui metode bercerita dalam perkembangan bahasa di TK Al-Istiqomah kelompok A Desa Cibeteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles and Huberman. Subyek pada penelitian ini berjumlah lima belas anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Peran guru sebagai pembimbing melalui metode bercerita dalam perkembangan bahasa di TK Al-Istiqomah Kelompok A telah berhasil diterapkan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; Tahap perkembangan bahasa anak seperti pralinguistik, linguistik, holofrasis, dan ucapan dua kata. Hasil penelitian di TK Al-Istiqomah Desa Cibeuteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Provisi Jawa Barat memperoleh perkembangan bahasa yang baik dan meningkatkan kosa kata dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan anak sudah dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik saat berinteraksi dengan teman sebaya sehingga anak memperoleh banyak kosa kata. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana. (2013). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak. Bandung: Salemba Medika.

Andini. (2020). Perkembangan & Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Widarma, Adi dkk. (2017). Perancangan Aplikasi Gaji Karyawan Pada PT.PP London Sumatra Indonesia Tbk. Gunung Malayu Estate Kabupaten halaman 166-173. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 1 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v1i2.303.

Anzwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, A W dkk. (Juli, 2019). Peran Guru Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, halaman 37-45. Jambura Early Childhood Education Journal, Volume 1 Nomor 2. DOI:10.37411/jecej.v1i2.57.

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Azizah, S M. (2021). PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE ROLE PLAYING halaman 17-24. Al-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, Volume 2 Nomor 1. https://doi.org/10.37680/almikraj.v2i1.762.

Elyasari dkk. (Maret, 2020). Penggunaan Modul Stimulasi Perkembangan untuk Melatih Kemampuan Bahasa dan Bicara Anak Usia Dini 0-12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Ranometoo Kabupaten Konewe Selatan halaman 1-4. Jurnal Keperawatan, Jurnal Penelitian Disiplin Ilmu Keperawatan, Volume 3 Nomor 3. https://doi.org/10.46233/jk.v3i03.219.

Hildayani, R. (2013). Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Isna, A. (Desember 2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini halaman 62-69. Jurnal Al Athfal Volume 2 Nomor 1, Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, STAINU Purworejo. DOI: https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140.

Isnawirna dkk. (2019). PERAN GURU DALAM MEMBINA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK CUT MEUTIA BANDA ACEH halaman 62-68. Buah Hati, Volume 6 Nomor 1. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i1.933.

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasi Dalam Pembelajaran halaman 47-56. Jurnal Ilmiah Universitas Batang Hari Jambi, Volume 17 Nomor 3. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i3.401.

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.

Syamsu Yusuf L.N, N. M. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Depok: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2024-07-28

How to Cite

Ramadani, N., & Harjani , H. J. (2024). Peran Guru Melalui Metode Bercerita dalam Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education Research, 5(3), 3140–3147. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1354

Issue

Section

Articles

Categories