Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua, Fasilitas Belajar, dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SD

Authors

  • Kholidin Kholidin Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Burhan Eko Purwanto Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Tri Mulyono Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1352

Keywords:

Hasil Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Fasilitas Belajar, Minat Belajar

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya yaitu tingkat pendidikan orang tua siswa, fasilitas belajar di sekolah siswa, dan minat belajar siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh tingkat pendidikan orang tua, fasilitas belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar Siswa SD Negeri Se-Kecamatan Pangkah. Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif berbentuk hubungan kausal. Tempat penelitian di SD se-Kecamatan Pangkah. Waktu penelitian pada bulan Juni dua ribu dua puluh empat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pangkah. Sampel penelitian ini ada enam puluh enam orang. Hasil penelitian adalah Variabel tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya kita sebagai penerus lebih meningkatkan pendidikan agar kelak dapat memberikan pendidikan yang lebih baik kepada penerus. Bagi sekolah agar melengkapi semua fasilitas belajar. Sementara itu untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran dengan cara merubah pola belajar dan metode pengajaran yang digunakan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas Sudijono, 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmara. 2009. Prestasi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dalyono. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto, H.M. 2006. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.

Dewantara, Ki Hadjar. Karya Ki Hadjar Dewantara bagian pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa, 2011.

Djaali, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS.Semarang: Universitas Diponegoro.

Gie The Liang. 2002. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Gie The Liang. 2004. Ensiklopedia Administrasi. Jakarta: Gunung Agung

Gulo, W. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara Idris. 2008. Metode Penelitian kuantitatis. UNP . Padang.

Hasibuan, Malayu S.P 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Ihsan, Fuad. 2003. Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta.Rieneka Cipta Mulyasa. 2010. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Kasmadi dan Nia Sri Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mulyasa, E. 2010. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.

Moeheriono. 2009. Kompetensi Pegawai dalam Organisasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Notoatmojo, Soekjidjo. 2007. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka Cipta.

Purwanto, M Ngalim. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanusi. 2013. Statistik Konsep Dasar, Aplikasinya dan Pengembangannya. Prenada Media Group. Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono.2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Suharsimi, Arikunto, Lia Yuliana, 2008. Manajemen pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Andi: Yogyakarta

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Syah, M. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Wardiana, U. (2005). Psikologi Umum. Jakarta: Bina Ilmu.

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Kholidin, K., Purwanto, B. E., & Mulyono, T. (2024). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua, Fasilitas Belajar, dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SD . Journal of Education Research, 5(3), 2848–2854. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1352

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>