Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua, Fasilitas Belajar, dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1352Keywords:
Hasil Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Fasilitas Belajar, Minat BelajarAbstract
Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya yaitu tingkat pendidikan orang tua siswa, fasilitas belajar di sekolah siswa, dan minat belajar siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh tingkat pendidikan orang tua, fasilitas belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar Siswa SD Negeri Se-Kecamatan Pangkah. Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif berbentuk hubungan kausal. Tempat penelitian di SD se-Kecamatan Pangkah. Waktu penelitian pada bulan Juni dua ribu dua puluh empat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pangkah. Sampel penelitian ini ada enam puluh enam orang. Hasil penelitian adalah Variabel tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya kita sebagai penerus lebih meningkatkan pendidikan agar kelak dapat memberikan pendidikan yang lebih baik kepada penerus. Bagi sekolah agar melengkapi semua fasilitas belajar. Sementara itu untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran dengan cara merubah pola belajar dan metode pengajaran yang digunakan oleh guru.
Downloads
References
Anas Sudijono, 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmara. 2009. Prestasi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dalyono. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Daryanto, H.M. 2006. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.
Dewantara, Ki Hadjar. Karya Ki Hadjar Dewantara bagian pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa, 2011.
Djaali, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS.Semarang: Universitas Diponegoro.
Gie The Liang. 2002. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Gie The Liang. 2004. Ensiklopedia Administrasi. Jakarta: Gunung Agung
Gulo, W. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.
Hamalik, Oemar. 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara Idris. 2008. Metode Penelitian kuantitatis. UNP . Padang.
Hasibuan, Malayu S.P 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Ihsan, Fuad. 2003. Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta.Rieneka Cipta Mulyasa. 2010. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Kasmadi dan Nia Sri Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Mulyasa, E. 2010. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.
Moeheriono. 2009. Kompetensi Pegawai dalam Organisasi. Jakarta. Bumi Aksara.
Notoatmojo, Soekjidjo. 2007. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka Cipta.
Purwanto, M Ngalim. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanusi. 2013. Statistik Konsep Dasar, Aplikasinya dan Pengembangannya. Prenada Media Group. Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono.2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Suharsimi, Arikunto, Lia Yuliana, 2008. Manajemen pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Andi: Yogyakarta
Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Syah, M. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Wardiana, U. (2005). Psikologi Umum. Jakarta: Bina Ilmu.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Kholidin Kholidin, Burhan Eko Purwanto, Tri Mulyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).