Analisis Ekspektasi dan Persepsi Orang Tua terhadap Layanan PAUD di TK
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1350Keywords:
Ekspektasi Orang Tua, Persepsi Orang Tua, Kualitas Layanan, KepuasanAbstract
Kepuasan orang tua terhadap kualitas layanan pendidikan sangat penting untuk membangun kepercayaan dan loyalitas terhadap lembaga pendidikan. Hal ini juga berpengaruh pada persepsi mutu sekolah dan orientasi terhadap sekolah yang dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengetahui analisis antara ekspektasi dan persepsi orangtua terhadap layanan yang diberikan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak seratus empat puluh orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket dimensi hasil belajar dua puluh dua item, dimensi ketanggapan enam item, dimensi fasilitas fisik tiga item, dimensi pengembangan kepribadian lima item, dimensi akademik tujuh item. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ekspektasi dan persepsi orangtua tinggi di TKIT Al Firdaus Banjarmasin dan TK Islam Baitul Makmur, sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan antara ekspektasi dan persepsi orang tua karena layanan yang diberikan sudah sesuai dengan harapan orangtua, dan kesenjangan dimensi yang paling besar di TKIT Al Firdaus Banjarmasin terdapat pada dimensi hasil belajar dan di TK Islam Baitul Makmur Banjarmasin terdapat pada dimensi ketanggapan.
Downloads
References
Alrasid, H. (2015). Kepuasan Orang Tua terhadap Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Di TKIT Al Khairat Kecamatan Umbul Harjo KotaYogyakarata. Skripsi. Program Studi. Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Anwar, A.N. Hubungan Kualitas Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Kepuasan Orang Tua Peserta Didik Di PG-TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bebekan Sidoarjo. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ary D, Jacobs, L.C, Razavieh, A. (Terjemah Arief Furchan). 2004. Introduction to Research in Education. Surabaya.
Ary D, Jacobs, L.C, K, Christine, Irvine, S. Walker, D. 2018. Introduction to Research in Education. ISBN:1337566004, 9781337566001
Asrul, N. A. M. (2020). Ekspektasi dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Secara Daring Selama Pandemi Covid 19. Program Studi Keperawatan. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Daulay, M. I. (2018). Kepuasan Orang Tua Terhadap Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Di TK Qurrota Ayun Pekanbaru. Journal of Islamic Early Childhood Education, 1 (1), 21-38.
Engel, J. F., Roger, D., & Paul, W. M. (2010). Consumer Behavior. New York: McGraw-Hill Education.
Hakim, A. (2018). Tingkat Kepuasan Orang Tua Terhadap Layanan Pendidikan Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), 11-21.
Hardani, P & Anggraeni R. (2021) Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Lembaga PAUD Di TK Islam Al-Hikmah. Kecamatan Harapan Baru, Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3), 6633-6643.
Haylan, L.I (2013). Uji Hipotesis Statistik. Dept. Fisheries and Marine Resource Management. University of Brawijaya.
Khan, M. L., & Mahapatra, S. S. (2007). An empirical investigation of the dimensionality of customer satisfaction. Journal of Services Research, 7(1), 75-97.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Pedoman Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Harlow: Pearson Education Limited.
Liana, N. A, dkk. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Peserta Didik Terhadap Layanan Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 25(1), 39-46.
Mu’amalah, E & Reza, M. (2022). Survei Faktor Yang Mempengaruhi Orang Tua Peserta Didik Dalam Memilih Sekolah Taman Kanak-kanak RW. 01. Kertajaya, Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 11 (1), 51-58.
Novitasari, N, dkk. (2018). Analisis Kebutuhan Layanan Pendidikan Taman Kanak-kanak Telkom Buah Batu Menggunakan Integrasi Education Quality dan Refined Kano, 5 (2), 2467.
Novitawati. (2013). Kesiapan Sekolah Anak Taman Kanak-Kanak Berbasis Model Pembelajaran Sentra (Studi Kualitatif di Taman Kanak Kanak Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin, tahun 2011. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 109–132.
Novitawati, N. (2022). Developing Fine Motor Skills Using The Explicit Instrcution Model and Assigning Tasks in Cutting Out Group B Patterns In Baitul Makmur Islamic Kindergarten Banjarmasin. E-CHIEF Journal, 2(2), 11-19.
Novitawati, N., & Yulius, H. (2023a). Pemanfaatan Google Site Terintegrasi E-Worksheet Bagi Guru PAUD Kota Banjarmasin. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8298-8303.
Novitawati, N., Anggreani, C., & Reski, P. (2023b). Pemberdayaan Kelompok Ibu Rumah Tangga dalam Pengolahan Labu Kuning Menjadi Camilan Sehat Sebagai Upaya Pencegahan Stunting. JCES: Journal of Character Education Society, 6(1), 27-34Oktavika Dwi Putri. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Terhadap Tingkat Kepuasan Orang Tua Di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang..
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Eka Widyowaty, Novitawati Novitawati, Sulaiman Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).