Rendahnya Kedisiplinan Belajar dengan diterapkannya Book Planner Self-Managemnet

Authors

  • Ucu Muslihah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Meilla Dwi Nurmala Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Bangun Yoga Wibowo

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1349

Keywords:

Book Planner Self-Management, Kedisiplinan Belajar

Abstract

Rendahnya kedisiplinan belajar siswa dalam mengelola waktu yang mengakibatkan rendahnya kedisiplinan belajar. tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui mengetahui bagaimana gambaran kedisipilan belajar siswa dan juga untuk mengetahui bagaimana penerapan Book Planner Self-management bagi siswa  dalam meningkatkan kedisipilan belajarnya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif  Quasi Eksperimen, Nonequivalent Control Group Design. subjek yang terlibat dalam penelitian siswa kelas 11. Populasi pada penelitian ini sebanyak 296. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuisioner. Metode analisis data 3 uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari uji normalitas menggunakan SPSS 23 Kolmogorov-Smirnov dengan hasil lebih dari  taraf signifikansi 0.05 berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas lebih dari taraf signifikansi 0.05, H0 diterima homogen. Dan hasil uji hipotesis lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka Ho diterima. Kesimpulannya penerapan book planner self management memberikan pengaruh ke arah lebih baik dan nantinya bisa dijadikan pentingnya disini bisa diambil oleh peran guru Bimbingan dan Konseling di sekolah sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L., Daharnis, D., & Hariko, R. (2019). Peran konselor dalam meningkatkan disiplin siswa: tinjauan berdasarkan persepsi siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1).

Azis, I., & Clefoto, M. (2024). Improving Learning Discipline: The Effect of Self-Management Ability on Students in Mathematics Subjects. Interval: Indonesian Journal of Mathematical Education, 2(1), 8-14.

Faridah, F. (2024). Pengembangan Media Book Planner Self Management Untuk Perilaku Disiplin Pada Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Jayanti, K. D., (2018). Distribusi Sebaran Angka Kematian Bayi di Kabupaten Kediri Tahun 2014-2018. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 12(2), 156-161.

Keguruan UIN Alauddin Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 30-39.

Marina, M., Indrawati, H., & Suarman, S. (2019). Application of moving class learning models and teacher pedagogical competence on learning motivation and student learning discipline. Journal of Educational Sciences, 3(1), 72-83.

Mursyidi, W. (2019). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 33-38.

Pertiwi, R. H. C. (2019). Self Management Dengan Stres Kerja Pada Mahasiswa Pekerja Sistem Part-Time Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 1346-1349.

Purwani, R. (2020). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis karakter untuk pembelajaran membaca siswa sd kelas iv. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 180-194.

Rosmawati, R. (2019). Implementasi teknik pengelolaan diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya. Vol 1(1) : 11-18.

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan belajar siswa kelas V di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127-144.

Sevilla-Morales, H., & Chaves, L. (2021). On the Legacy of Translation Theories from the 1950s and 1960s: A Critical Review: A Critical Review. Journal of Translation and Language Studies, 2(1), 33-52.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian kuantitatif. Bandung: alfabeta.

Wahkidi, L., & Widyaningsih, T. S. (2022). Application of Self Management Techniques in Improving Children's Learning Discipline While at Home in Elementary School Students. Jurnal Keperawatan, 14(3), 917-922.

Wahyuningtyas, J. (2018). Hubungan Self Menegement Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA NegeriI 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi UN PGRI KEDIRI.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Muslihah, U., Rahmawati, R., Nurmala, M. D., & Wibowo, B. Y. (2024). Rendahnya Kedisiplinan Belajar dengan diterapkannya Book Planner Self-Managemnet. Journal of Education Research, 5(4), 4682–4688. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1349

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check