Rendahnya Kedisiplinan Belajar dengan diterapkannya Book Planner Self-Managemnet
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1349Keywords:
Book Planner Self-Management, Kedisiplinan BelajarAbstract
Rendahnya kedisiplinan belajar siswa dalam mengelola waktu yang mengakibatkan rendahnya kedisiplinan belajar. tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui mengetahui bagaimana gambaran kedisipilan belajar siswa dan juga untuk mengetahui bagaimana penerapan Book Planner Self-management bagi siswa dalam meningkatkan kedisipilan belajarnya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif Quasi Eksperimen, Nonequivalent Control Group Design. subjek yang terlibat dalam penelitian siswa kelas 11. Populasi pada penelitian ini sebanyak 296. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuisioner. Metode analisis data 3 uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari uji normalitas menggunakan SPSS 23 Kolmogorov-Smirnov dengan hasil lebih dari taraf signifikansi 0.05 berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas lebih dari taraf signifikansi 0.05, H0 diterima homogen. Dan hasil uji hipotesis lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka Ho diterima. Kesimpulannya penerapan book planner self management memberikan pengaruh ke arah lebih baik dan nantinya bisa dijadikan pentingnya disini bisa diambil oleh peran guru Bimbingan dan Konseling di sekolah sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Downloads
References
Agustina, L., Daharnis, D., & Hariko, R. (2019). Peran konselor dalam meningkatkan disiplin siswa: tinjauan berdasarkan persepsi siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1).
Azis, I., & Clefoto, M. (2024). Improving Learning Discipline: The Effect of Self-Management Ability on Students in Mathematics Subjects. Interval: Indonesian Journal of Mathematical Education, 2(1), 8-14.
Faridah, F. (2024). Pengembangan Media Book Planner Self Management Untuk Perilaku Disiplin Pada Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
Jayanti, K. D., (2018). Distribusi Sebaran Angka Kematian Bayi di Kabupaten Kediri Tahun 2014-2018. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 12(2), 156-161.
Keguruan UIN Alauddin Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 30-39.
Marina, M., Indrawati, H., & Suarman, S. (2019). Application of moving class learning models and teacher pedagogical competence on learning motivation and student learning discipline. Journal of Educational Sciences, 3(1), 72-83.
Mursyidi, W. (2019). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 33-38.
Pertiwi, R. H. C. (2019). Self Management Dengan Stres Kerja Pada Mahasiswa Pekerja Sistem Part-Time Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 1346-1349.
Purwani, R. (2020). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis karakter untuk pembelajaran membaca siswa sd kelas iv. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 180-194.
Rosmawati, R. (2019). Implementasi teknik pengelolaan diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya. Vol 1(1) : 11-18.
Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan belajar siswa kelas V di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127-144.
Sevilla-Morales, H., & Chaves, L. (2021). On the Legacy of Translation Theories from the 1950s and 1960s: A Critical Review: A Critical Review. Journal of Translation and Language Studies, 2(1), 33-52.
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian kuantitatif. Bandung: alfabeta.
Wahkidi, L., & Widyaningsih, T. S. (2022). Application of Self Management Techniques in Improving Children's Learning Discipline While at Home in Elementary School Students. Jurnal Keperawatan, 14(3), 917-922.
Wahyuningtyas, J. (2018). Hubungan Self Menegement Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA NegeriI 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi UN PGRI KEDIRI.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ucu Muslihah, Rahmawati Rahmawati, Meilla Dwi Nurmala, Bangun Yoga Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).