Amaliah Dzikir Jahar dan Dzikir Khofi dalam Perspektif Teologi Pendidikan Islam

Authors

  • Siti Nurmela Institut Aagama Islam Latifah Mubarokiyah Suryalaya Tasikmalaya, Indonesia
  • Iis Amanah Amida Institut Aagama Islam Latifah Mubarokiyah Suryalaya Tasikmalaya, Indonesia
  • Hobir Asyari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Hafidin Nurhadi Sekolah Tinggi Aagama Islam Miftahul Huda Subang, Indonesia
  • Andewi Suhartini Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1342

Abstract

Dzikir dalam perspektif pendidikan merupakan sarana untuk membantu peserta didik menyadari hakikat dirinya sebagai makhluk Tuhan, sehingga hadir kekuatan jiwa yang mendorong peserta didik mengatasi permasalahan yang dialaminya hingga diharapkan mampu menjadi problem solver di lingkungan sekitar, dan menjadi problem solver bagi bangsa kelak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis, serta mendeskripsikan landasan teologis amaliah dzikir jahar dan dzikir khofi dalam perspektif teologi pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode campuran yakni metode studi kasus dan studi pustaka. Hal tersebut bertujuan agar mendapatkan hasil penelitian yang menyeluruh mengenai topik yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah melalui dokumentasi, observasi, hingga wawancara untuk mendapatkan data yang komprehensif. Analisis data dalam penelitian ini diantaranya dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Landasan teologis dalam perspektif pendidikan Islam merupakan landasan yang bersumber dari sumber utama ajaran Islam, yaitu Al-Qur’an dan Hadits. Landasan teologis mengenai amaliah dzikir jahar dan dzikir khofi yang diamalkan pada Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya, diantaranya berdasarkan Al-Qur’an Surah An-Nisa ayat 103, Surah Al-A’raf ayat 17, Surah Ibrahim: 24-27, Surah Al-Baqarah ayat 74, Surah Al-A’raf ayat 205, serta berdasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad maupun yang diriwayatkan oleh perawi lainnya, serta dijelaskan oleh para ulama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Mahalli, J., & As-Suyuti, J. (2017). Terjemahan Tafsir Jalalain Berikut Asbabun Nuzul Jilid 1.

Amida, I. A., & Kodir, M. (2022). Pengaruh Zikir (TQN) Terhadap Peningkatan Akhlaqul Karimah Para Ikhwan Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya. Istiqamah: Jurnal Ilmu Tasawuf, 3(2), 64–94.

AS, E., & Rustandi, R. (2022). Komunikasi Transendental Ritual Keagamaan Tarekat Qadiriyyah wa Naqsabandiyyah Pesantren Suryalaya Tasikmalaya. Jurnal Komunikasi, 17(1), 47–66. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol17.iss1.art4

Ashari, M. S. (n.d.). Teologi Islam Persepektif Harun Nasution. X, 73–96.

Darifah, U. H., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2021). Perkembangan Teologi Islam Klasik dan Modern. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 265–274.

Dewy, T. S. (2023). Penerapan Exspressive Writing dan Terapi Dzikir Terhadap Smartphone Addiction Dengan Kejadian Nomorphobia. Journal of Nursing Invention, 4(1), 1–8.

Ferriansyah, Y. (2024). Efektifitas Dzikir Terhadap Nyeri dan Kecemasan Saat Sebelum Operasi dan Pasca Operasi: Literature Review & Meta Analysis. Fahima: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 3(1).

Firmansyah, E., & Khozin. (2022). Teologi dan Filsafat Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Research and Development Journal Of Education, 8(2), 546–550.

Fitriyana, Damanik, A., & Ismahani, S. (2023). Penggunaan Pengeras Suara dalam Berdoa (Zikir) Perspektif Qur’an Surah Al-A’raf: 205 Studi Analisis Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3, 832–841.

Ghofur, F. A. (2024). Efektivitas Konseling Spiritual Melalui Terapi Dzikir Untuk Mengatasi Anixiety. Jurnal At-Taujih: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, IV(1), 1–15.

Jannah, N., & Pohan, V. Y. (2022). Terapi Dzikir Menurunkan Kadar Gula Darah Sewaktu pada Klien Diabetes Melitus Type II.

Kurnia, A., Ahmad EQ, N., & Suhartini, A. (2021). Konsep Berpikir dan Dzikir sebagai Proses Pendidikan Islam. Bestari:Jurnal Studi Pendidikan Islam, 18(1), 43. https://doi.org/10.36667/bestari.v18i1.664

Latif, U. (2022). Dzikir dan Upaya Pemenuhan Mental Spiritual dalam Perspektif Al-Qur’an. At-Taujih, 5(1), 28–46.

LDTQN Pondok Pesantren Suryalaya. (2021). Materi Upgraading I. LDTQN Pondok Pesantren Suryalaya.

Mustary, E. (2021). Terapi Relaksasi Dzikir untuk Mengurangi Depresi. Indonesian Journal of Islamic Counseling, 3(1), 1–9. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ijic

Nailurrobikh. (2023). Pendidikan Rohani dalam Kegiatan Dzikir Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah di Desa Gemuruh Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga.

Nurhuda, S. P., Nasichah, & Ayasha, S. S. (2023). Terapi Dzikir Dalam Kesehatan Mental. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni (JISHS), Vol. 2 No.(1), 92–96. https://www.jurnal.minartis.com/index.php/jishs/article/view/1324/1180

Putri, R. I., & Nurhidayati, T. (2022). Penerapan slow deep breathing dan dzikir terhadap tingkat kecemasan penderita hipertensi pada lansia.

Rahayu, S. R., Hilmi, A. R., & Wahyudin, A. W. (2020). Analisis Manfaat Dzikir Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Terhadap Kestabilan Emosi Masyarakat di Era Pandemi Covid-19. Istiqamah: Jurnal Ilmu Tasawuf.

Rofiq, A., & Sutopo. (2023). Tafakur Dan Dzikir Dalam Mencapai Ketenangan Hidup. Conseils : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.55352/bki.v3i1.170

Rohimat, A. M. (2021). Sufi Modernis: Peran Transformatif Mursyid TQN Suryalaya dalam bidang Pendidikan, Ekonomi dan Lingkungan Hidup. In Esoterik (Vol. 7, Issue 2, p. 155). https://doi.org/10.21043/esoterik.v7i2.12747

Rojaya, Wahyudin, A. W., & Azam, K. (2019). Dzikir Jahar Sebagai Psikoterapi. Istiqamah: Jurnal Ilmu Tasawuf, 55–69.

Santoso, L. A., & Sri Rahayu. (2024). Application of Dzikir relaxation therapy to acute pain in abdominal pain patients in the emergency department. Open Access Research Journal of Science and Technology, 10(2), 055–059. https://doi.org/10.53022/oarjst.2024.10.2.0041

Sucipto, A. (2020). Dzikir As A TherapyIn Sufistic Counseling. Journal of Advanced Guidance and Counseling, 1(1), 58. https://doi.org/10.21580/jagc.2020.1.1.5773

Zabidi, A., Hamnah, H., Sunantri, S., Maulana, M., Alkadri, & Hadari. (2023). Diversity Patterns In The Implementation Of Zikr And Prayer Readings After Congregational Prayers (Qs Al-A’ raf: 205). Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 4(4).

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Nurmela, S., Amida, I. A., Asyari, H., Nurhadi, H., & Suhartini, A. (2024). Amaliah Dzikir Jahar dan Dzikir Khofi dalam Perspektif Teologi Pendidikan Islam. Journal of Education Research, 5(3), 3622–3629. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1342

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check