Melodisasi Dongeng: Beatbox sebagai Pendamping untuk Memperkaya Bahasa Anak Usia Dini di Bee Kids

Authors

  • Fuadul Mustofa Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Kulsum Nur Hayati Pendidikan Anaka Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan beatbox sebagai pendamping dalam mendongeng terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di Bee Kids . Menggunakan metode kualitatif dengan desain eksperimental, penelitian ini melibatkan dua kelompok anak: kelompok eksperimen yang mengikuti sesi mendongeng dengan iringan beatbox dan kelompok kontrol yang mendengarkan dongeng tanpa iringan beatbox. Selama 8 minggu, setiap kelompok menjalani sesi mendongeng dua kali per minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam berbagai aspek kemampuan bahasa. Anak-anak lebih terlibat dan fokus selama sesi mendongeng, lebih sering berpartisipasi secara verbal, dan menunjukkan peningkatan dalam kosakata, struktur kalimat, dan kemampuan narasi. Pendidik dan orang tua juga melaporkan peningkatan kepercayaan diri dan kreativitas anak-anak dalam berkomunikasi. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan beatbox dalam mendongeng dapat menjadi metode efektif untuk memperkaya bahasa anak usia dini. Integrasi beatbox tidak hanya membuat proses belajar lebih menarik tetapi juga meningkatkan kemampuan bahasa anak-anak secara menyeluruh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak lembaga pendidikan untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, R. E., & Zosh, J. M. (2018). Loose parts play and divergent thinking: The impact of randomized versus fixed order materials. Journal of Applied Developmental Psychology, 54, 42-49.

Blaiklock, K., & Jones, D. (2019). Loose parts play—An overlooked pathway to practice: A scoping review. European Early Childhood Education Research Journal, 27(6), 877- 893.

Brown, S., & Knox, R. (2016). "The Power of Music: Enhancing Early Childhood Development Through Melodic Narratives." Early Childhood Education Journal, 44 (3), 183-191. doi:10.1007/s10643-015-0700-3

Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1).

Ghazvini, S. D., & Mullis, R. L. (2019). Loose parts and tinkering: Fostering creativity and innovation in early childhood classrooms. Early Childhood Education Journal, 47(6), 737-746.

Goswami, U. (2015). "Children's use of analogy in learning to read: A developmental study." Journal of Experimental Child Psychology, 130, 24-43. doi:10.1016/j.jecp.2014.12.004

Hargreaves, D. J., & North, A. C. (2016). "The functions of music in everyday life: Redefining the social in music psychology." Psychology of Music, 44(4), 763-783. doi:10.1177/0305735616666933

Harris, P. L., & Colonna, A. (2018). "Music and Movement: The Role of Beat in Early Language Development." Child Development Research, 2018, Article ID 6421549. doi:10.1155/2018/6421549

Jones, N. A., & Rowland, C. F. (2017). "Exploring the Effects of Rhythm and Melody on Early Language Acquisition." Infant and Child Development, 26 (4), e2005. doi:10.1002/icd.2005

Kirschner, S., & Tomasello, M. (2010). "Joint music making promotes prosocial behavior in 4-year-old children." Evolution and Human Behavior, 31(5), 354-364. doi:10.1016/j.evolhumbehav.2010.04.004

Krashen, S. (2013). "The Power of Reading: Insights from the Research." Libraries Unlimited, 2nd edition.

Kuhl, P. K., & Damasio, A. (2013). "Language, Music, and the Brain: A Mysterious Relationship." *Neuron, 76 (1), 3-5. doi:10.1016/j.neuron.2012.09.032

McFerran, K., & Shanahan, E. (2011). "Music Therapy with Children: A Complementary Approach to Early Childhood Education." Australian Journal of Music Therapy, 22, 27-41.

Moreno, S., & Bidelman, G. M. (2014). "Music Training and Language Development: Enhancing Verbal Communication Skills." Frontiers in Psychology, 5, 1403. doi:10.3389/fpsyg.2014.01403

Moreno, S., Lee, Y., & Bialystok, E. (2015). "Short-term music training enhances verbal intelligence and executive function." Psychological Science, 22(11), 1425-1433. doi:10.1177/0956797610384745

Perry, B., & Dockett, S. (2019). "Storytelling with a Beat: The Impact of Beatbox on Children's Narrative Skills." International Journal of Early Years Education, 27 (3), 254-269. doi:10.1080/09669760.2019.1592798

Persico, F., & Miglino, O. (2017). "The impact of music on language acquisition." Frontiers in Psychology, 8, 194. doi:10.3389/fpsyg.2017.00194

Rickard, N. S., & Chin, T. C. (2017). "The Role of Music in Early Childhood Development: A Systematic Review." Educational Research Review, 20, 26-41. doi:10.1016/j.edurev.2016.11.003

Sadiman, A., & S. (2010). Media Pendidikan. Radja Grapindo Persada. Yenawati, S. (2018). Stimulasi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2)

Vannatta-Hall, J. E. (2014). "Music education and literacy development: Exploring the connections." Reading Improvement, 51(1), 21-28.

Wiggins, D. G. (2020)."Rhythmic Engagement and Language Skills in Early Childhood: A Beatbox Perspective." Journal of Music and Child Development, 15 (2), 123-135. doi:10.1177/1476718X20970145.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Mustofa, F., & Hayati, K. N. (2024). Melodisasi Dongeng: Beatbox sebagai Pendamping untuk Memperkaya Bahasa Anak Usia Dini di Bee Kids. Journal of Education Research, 5(3), 3334–3339. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1337

Issue

Section

Articles

Categories