Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Margaretha Lidya Sumarni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Siprianus Jewarut Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Silvester Silvester Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Felisitas Viktoria Melati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Kusnanto Kusnanto Tekonologi Informasi, Institut Shanti Bhuana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1330

Keywords:

Integrasi, Budaya Lokal, Sekolah Dasar

Abstract

Kemunculan budaya lokal yang terjadi secara turun-temurun dan terdapat arti yang dalam dibalik kehadirannya. Kearifan lokal merupakan salah satu sumber pengetahuan kebudayaan masyarakat yang terdapat dalam tradisi, sejarah, seni, agama dan dalam dunia pendidikan formal maupun informal. Pada umumnya hampir setiap kelompok yang ada dalam masyarakat memiliki nilai kearifan lokal masing-masing. Nilai budaya lokal pada umumnya terdapat pada kearifan lokal, dimana nilai budaya ini dilihat sebagai ide, kepercayaan, aturan dan unsur suatu materi. Ide meliputi hal-hal seperti nilai, intelektual, dan pengalaman. Penelitian ini mengkaji bagaimana nilai budaya lokal diintegrasikan pada proses pembelajaran di sekolah dasar, terkhususnya di sekolah dasar yang ada di Bengkayang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menarasikan bagaimana integrasi nilai budaya lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dalam proses pembelajaran yang berlangsung di kelas, guru kelas SDN sembilan Rangkang berusaha sebisa mungkin menyisipkan pengetahuan akan budaya lokal. Dalam pembelajaran IPS biasanya lebih mudah mengintegrasikan nilai budaya lokal yang ada sehingga peserta didik mengetahui beragamnya kekayaan budaya di daerah. Guru kelas di SDS Amkur Bengkayang memaparkan bahwa pembelajaran dengan mengintegrasikan budaya lokal sudah terlaksana di kelas pada materi PKn, IPA, dan Mulok. Integrasi nilai budaya lokal pada proses pembelajaran di kelas sudah dilaksanakan oleh guru dengan berbagai strategi sehingga pengetahuan akan budaya lokal bisa diterima oleh peserta didik. Cara pengintegrasiannya melalui sisipan pengetahuan akan budaya lokal pada materi pembelajaran atau melalui contoh konkret yang diberikan oleh guru pada setiap pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701

Amirrachman, A. (2007). Revitalisasi Kearifan Lokal: Studi Resolusi Konflik di Kalimantan Barat, Maluku dan Poso. ICIP.

Azyumardi, A. (n.d.). Reposisi Hubungan Agama dan Negara: Merajut Kerukunan Antarumat. Kompas.

Brennan, M. A., Kumaran, M., Cantrell, R., & & Spranger, M. (2005). The importance of incorporating local culture into community development. University of Florida, Available at: Http://Edis. Ifas. Ufl. Edu/Fy773, Accessed at, 5, 2014.

Dahliani, D. (2010). Local Wisdom Inbuilt Environment in Globalization Era. . . Local Wisdom Inbuilt Environmentinglobalization Era, 3(6).

Elvima Cahyani. (2024). Esensi Karakter Berbasis Budaya di Sekolah Dasar. Discovery, 9(1), 1–7.

Fahmi, R., Sundawa, D., & Ramdhani, H. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 218–231. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.19413

IGHA, D. (2023). EKSISTENSI RUMAH ADAT BALUK SEBAGAI PUSAT BUDAYA DAYAK BIDAYUH KECAMATAN SIDING KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN 1940-2022. IKIP PGRI PONTIANAK.

Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447

Khusniati, M. (2014). Model pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan karakter konservas. Indonesian Journal of Conservation, 3(1).

Kristin, F. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. 5(2), 46–59.

Kurniawati, R., Amalia, A. R., & Khaleda N, I. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Budaya Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8304–8313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3719

Margaretha, L.S., Winda, L., S. J. (2023). Peran Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 132–138.

Margaretha, Winda, S. (2023). PERAN KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN MULOK DI SEKOLAH DASAR. Sebatik, 27(1), 327–332.

Mufid. A, S. (2010). Revitalisasi Kearifan Lokal dalam Pemberdayaan Masyarakat. Harmoni - Jurnal Multikultural & Multireligius, IX(34), 83–92.

Pitoyo, A. J. Triwahyuni, H. (2017). Dinamika Perkembangan Etnis di Indonesia dalam Konteks Persatuan Negara. Populasi, 25(1), 64–81.

Suastra, I. W. (2010). Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 43(2), 8–16.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syarif, F. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Terhadap Penanamanan Nasionalisme Bagi Siswa Sekolah Dasar. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(02), 187–195. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.26

Yusuf, W., & Rahmat, A. (2020). Model Pengembangan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal Di Tk Negeri Pembina Telaga Kabupaten Gorontalo. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG, September, 61–70. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/350

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Sumarni, M. L., Jewarut, S., Silvester, S., Melati, F. V., & Kusnanto, K. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar . Journal of Education Research, 5(3), 2993–2998. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1330

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check