Analisis Mendalam terhadap Perubahan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Kurikulum Merdeka

Authors

  • Lestari Waruwu Universitas Nias, Indonesia
  • Yantisana Gulo Universitas Nias, Indonesia
  • Samsuprianus Halawa Universitas Nias, Indonesia
  • Nofiber Mariance Zalukhu Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1329

Keywords:

Perubahan, Keterampilan, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Mendalam Terhadap Perubahan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Kurikulum Merdeka”. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana implementasi kurikulum baru dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia. tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis perubahan keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan kurikulum berbasis kompetensi, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan keterampilan berpikir kritis siswa dalam kurikulum berbasis kompetensi.mengevaluasi implementasi kurikulum berbasis kompetensi dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.Pendekatan kualitatif dipilih untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang perubahan keterampilan berpikir kritis siswa melalui implementasi kurikulum merdeka.Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa dari satu atau beberapa kelas yang menerapkan kurikulum Merdeka.Pemilihan partisipan dapat dilakukan dengan teknik purposive sampling untuk mendapatkan informan kunci yang dapat memberikan informasi yang kaya tentang topik Penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan berbagai metode, seperti pengamatan, wawancara, dan penelitian dokumen dari sumber awal dan tersier. Observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran secara langsung yang sedang terjadi di dalamkelas.Teknik  analisis data menggunakan  pengurangan  data, di mana data disederhanakan dan informasi penting dipilih dari data yang telah dikumpulkan. Kemudian, data disajikan melalui tampilan data, dengan menggunakan teknik untuk menyusun dan menampilkan data agar dapat dimengerti dengan mudah. Berikutnya, kesimpulan diambil berdasarkan hasil analisis data yang sudah dijalankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, G. O., & Wiryanto, W. (2022). Analysis of Ki Hajar Dewantara’s Humanistic Education in the Concept of Independent Learning Curriculum. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549

Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa melalui Transformasi Digital Berbasis E-Learning. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739

Devi, S., & Asbari, M. (2024). Kurikulum Merdeka yang Memerdekakan Manusia: Perspektif Munif Chatib. 03(01).

Diana, N. (n.d.). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Mandiri Berbasis E-Modul.

Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414

Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas.

Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548–562. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826

Kollo, N., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1452–1456. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3845

Rahayu, E., & Sa’adah, F. D. (2023). ANALISIS PROBLEMATIKA KURIKULUM MERDEKA PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01).

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rambung, O. S. (n.d.). TRANSFORMASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR.

Stephani, M. R. (2017). STIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PENDIDIKAN JASMANI. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA, 2(1), 16. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397

Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3498–3512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1399

Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. 03(02).

Uce, L. (2016). REALITAS AKTUAL PRAKSIS KURIKULUM: Analisis terhadap KBK, KTSP dan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 216. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.596

Wiryanto, W., Ainurrohmah, I., & Yasin, F. N. (2021). KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MASA PEMBELAJARAN ONLINE PANDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(3), 186–193. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p186-193

Zainuri, A., & Zulfi, A. (n.d.). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Downloads

Published

2024-08-18

How to Cite

Waruwu, L., Gulo, Y., Halawa, S., & Zalukhu, N. M. (2024). Analisis Mendalam terhadap Perubahan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 3783–3789. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1329

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)