Implementasi Kepemimpinan Progresif di SMA

Authors

  • Cettra Shandilia Latunusa Ambawani Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Giri Sayekto Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Harun Joko Prayitno Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Indri Chairunnissa Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1326

Keywords:

Implementasi, Kepemimpinan, Progresif

Abstract

Kunci keberhasilan pengelolaan dan pengembangan sekolah adalah kepala sekolah. Kepala sekolah harus memiliki tipe kepemimpinan progresif dalam mengelola dan mengembangkan sekolahnya. Kepala sekolah harus mampu berfikir cerdas sehingga memunculkan berbagai kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan sekolah. Tujuan penelitian yaitu Mendeskripsikan implementasi kepemimpinan progresif kepala sekolah di SMA Negeri enam Surakarta; Mendeskripsikan tantangan yang dihadapi; Mendeskripsikan solusi pemecahan masalah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data diambil dari informan yaitu guru dan karyawan yang telah bekerja minimal lima tahun di SMA Negeri enam Surakarta sehingga mengenal Kepala Sekolah dengan baik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu: Implementasi kepemimpinan progresif pada kegiatan sekolah, meliputi penyusunan rencana kegiatan dan anggaran sekolah, penyusunan program sekolah, pemilihan Wakil Kepala Sekolah, pelatihan bebasis IT, Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan, pembentukan Kombel tingkat sekolah, dan penggunaan e rapot, website sekolah, dan media sosial; Tantangannya yaitu resistensi terhadap perubahan, keterbatasan sumber daya, tekanan dari kurikulum yang padat dan tuntutan administratif, serta kurangnya kompetensi staf dan guru; Upaya mengatasi tantangan melalui berbagai strategi mencakup pendekatan inklusif, pemanfaatan sumber daya yang ada, peningkatan komunikasi, dan pengembangan kompetensi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albab, U., Nurkhamidi, A., Tarifin, A., & ... (2023). Kemampuan Professional Kepemimpinan Guru Pendidikan Islam Progressif. Research Journal …, 1(2), 121–134. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/rjtpd/article/view/17999

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Astuti, I. (2022). Kepemimpinan pembelajaran sekolah inklusi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Beaver, J. K., & Weinbaum, E. H. (2009). Measuring School Capacity, Maximizing School Improvement.

Bennis, W., & Nanus, B. (2006). Leaders Strategi untuk Mengemban Tanggung Jawab. PT.Buana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Daswati. (2012). IMPLEMENTASI PERAN KEPEMIMPINAN DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN MENUJU KESUKSESAN ORGANISASI. Jurnal Academica Fisip Untad, 04(01), 797.

Day, C., Sammons, P., & Gorgen, K. (2020). Successful School Leadership. Education Development Trust.

Duryat, M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Endrekson, R. (2019). GAYA KEPEMIMPINAN INOVATIF PROGRESIF PEMERINTAH DESA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENYUSUNAN APBDES. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, Volume 3 N.

Fadhilah, A. R., Fitri, R. R., & Wibowo, Y. S. (2021). Distance education di masa covid-19: tinjauan terhadap sistem, kebijakan, dan tantangan e-education di sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 171–188. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.42648

Faridli, E. M., Sumardjoko, B., Prayitno, H. J., & Narimo, S. (2024). Rekonstruksi kepemimpinan pendidikan progresif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran : teori dan praktik. 10(1), 178–185.

Herman, R., Gates, S., Arifkhanova, A., Barrett, M., Bega, A., Chavez-Herrerias, E., Han, E., Harris, M., Migacheva, K., Ross, R., Leschitz, J., & Wrabel, S. (2017). School Leadership Interventions Under the Every Student Succeeds Act: Evidence Review: Updated and Expanded. School Leadership Interventions Under the Every Student Succeeds Act: Evidence Review: Updated and Expanded, December. https://doi.org/10.7249/rr1550-3

Hollingworth, Liz; Olsen, Dorian; Asikin-Garmager, Asih; Winn, K. M. (2018). Initiating Conversations and Opening Doors: How Principals Establish a Positive Building Culture to Sustain School Improvement Efforts. Educational Management Administration & Leadership, 46 (6), 1014–1034.

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Prestasi Siswa melalui Pengembangan Profesional Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 13. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.648

Morissan, dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana, Jakarta.

Nahsir, J., & Awaluddin, A. (2021). Kepemimpinan Progresif atasi Kemunduran Pendidikan Islam Tradisional. Arfannur, 2(2), 119–132. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i2.453

Raolina, H., Hariri, H., & Rini, R. (2021). Principle Transformational and Intructional Leadership Styles to Create Effective Schools: A Literature Review. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305216

Rusmanto, Anief, S., & Waston. (2023). Dampak kepemimpinan progresif kepala sekolah penggerak terhadap merdeka belajar di SD Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Pendidikan Islam, 5(001), 356–361.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D). Sukoharjo: CV.Jasmine.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Wahyono, & Rofi’i, A. (2023). Penerapan Teknologi Informasi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Education Management, Vol 7, No, 157–163.

Yudianto, U. C. B., Defauzi, P., Ahadiat, J. R., Ardiana, L., Kusmiyati, N., Nurlaela, N., Ramdhani, N., & Erawan, R. D. T., Trianugrahwati, D., & Alam, R. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Overview Implementasi Pembiayaan Pendidikan Di Satuan-Satuan Pendidikan (M. Hidayat (ed.)). Penerbit P4I.

Yuhastina, Y., Parahita, B. N., Astutik, D., Ghufronudin, G., & Purwanto, D. (2020). Sociology Teachers’ Opportunities and Challenges in Facing “Merdeka Belajar” Curriculum in the Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0). Society, 8(2), 732–753. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.234

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Ambawani, C. S. L., Sayekto, G., Prayitno, H. J., & Chairunnissa, I. (2024). Implementasi Kepemimpinan Progresif di SMA . Journal of Education Research, 5(3), 2966–2977. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1326

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)