Implementasi Kepemimpinan Progresif di SMA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1326Keywords:
Implementasi, Kepemimpinan, ProgresifAbstract
Kunci keberhasilan pengelolaan dan pengembangan sekolah adalah kepala sekolah. Kepala sekolah harus memiliki tipe kepemimpinan progresif dalam mengelola dan mengembangkan sekolahnya. Kepala sekolah harus mampu berfikir cerdas sehingga memunculkan berbagai kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan sekolah. Tujuan penelitian yaitu Mendeskripsikan implementasi kepemimpinan progresif kepala sekolah di SMA Negeri enam Surakarta; Mendeskripsikan tantangan yang dihadapi; Mendeskripsikan solusi pemecahan masalah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data diambil dari informan yaitu guru dan karyawan yang telah bekerja minimal lima tahun di SMA Negeri enam Surakarta sehingga mengenal Kepala Sekolah dengan baik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu: Implementasi kepemimpinan progresif pada kegiatan sekolah, meliputi penyusunan rencana kegiatan dan anggaran sekolah, penyusunan program sekolah, pemilihan Wakil Kepala Sekolah, pelatihan bebasis IT, Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan, pembentukan Kombel tingkat sekolah, dan penggunaan e rapot, website sekolah, dan media sosial; Tantangannya yaitu resistensi terhadap perubahan, keterbatasan sumber daya, tekanan dari kurikulum yang padat dan tuntutan administratif, serta kurangnya kompetensi staf dan guru; Upaya mengatasi tantangan melalui berbagai strategi mencakup pendekatan inklusif, pemanfaatan sumber daya yang ada, peningkatan komunikasi, dan pengembangan kompetensi
Downloads
References
Albab, U., Nurkhamidi, A., Tarifin, A., & ... (2023). Kemampuan Professional Kepemimpinan Guru Pendidikan Islam Progressif. Research Journal …, 1(2), 121–134. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/rjtpd/article/view/17999
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Rineka Cipta, Jakarta.
Astuti, I. (2022). Kepemimpinan pembelajaran sekolah inklusi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Beaver, J. K., & Weinbaum, E. H. (2009). Measuring School Capacity, Maximizing School Improvement.
Bennis, W., & Nanus, B. (2006). Leaders Strategi untuk Mengemban Tanggung Jawab. PT.Buana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.
Daswati. (2012). IMPLEMENTASI PERAN KEPEMIMPINAN DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN MENUJU KESUKSESAN ORGANISASI. Jurnal Academica Fisip Untad, 04(01), 797.
Day, C., Sammons, P., & Gorgen, K. (2020). Successful School Leadership. Education Development Trust.
Duryat, M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Endrekson, R. (2019). GAYA KEPEMIMPINAN INOVATIF PROGRESIF PEMERINTAH DESA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENYUSUNAN APBDES. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, Volume 3 N.
Fadhilah, A. R., Fitri, R. R., & Wibowo, Y. S. (2021). Distance education di masa covid-19: tinjauan terhadap sistem, kebijakan, dan tantangan e-education di sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 171–188. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.42648
Faridli, E. M., Sumardjoko, B., Prayitno, H. J., & Narimo, S. (2024). Rekonstruksi kepemimpinan pendidikan progresif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran : teori dan praktik. 10(1), 178–185.
Herman, R., Gates, S., Arifkhanova, A., Barrett, M., Bega, A., Chavez-Herrerias, E., Han, E., Harris, M., Migacheva, K., Ross, R., Leschitz, J., & Wrabel, S. (2017). School Leadership Interventions Under the Every Student Succeeds Act: Evidence Review: Updated and Expanded. School Leadership Interventions Under the Every Student Succeeds Act: Evidence Review: Updated and Expanded, December. https://doi.org/10.7249/rr1550-3
Hollingworth, Liz; Olsen, Dorian; Asikin-Garmager, Asih; Winn, K. M. (2018). Initiating Conversations and Opening Doors: How Principals Establish a Positive Building Culture to Sustain School Improvement Efforts. Educational Management Administration & Leadership, 46 (6), 1014–1034.
Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Prestasi Siswa melalui Pengembangan Profesional Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 13. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.648
Morissan, dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana, Jakarta.
Nahsir, J., & Awaluddin, A. (2021). Kepemimpinan Progresif atasi Kemunduran Pendidikan Islam Tradisional. Arfannur, 2(2), 119–132. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i2.453
Raolina, H., Hariri, H., & Rini, R. (2021). Principle Transformational and Intructional Leadership Styles to Create Effective Schools: A Literature Review. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305216
Rusmanto, Anief, S., & Waston. (2023). Dampak kepemimpinan progresif kepala sekolah penggerak terhadap merdeka belajar di SD Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Pendidikan Islam, 5(001), 356–361.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D). Sukoharjo: CV.Jasmine.
Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Wahyono, & Rofi’i, A. (2023). Penerapan Teknologi Informasi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Education Management, Vol 7, No, 157–163.
Yudianto, U. C. B., Defauzi, P., Ahadiat, J. R., Ardiana, L., Kusmiyati, N., Nurlaela, N., Ramdhani, N., & Erawan, R. D. T., Trianugrahwati, D., & Alam, R. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Overview Implementasi Pembiayaan Pendidikan Di Satuan-Satuan Pendidikan (M. Hidayat (ed.)). Penerbit P4I.
Yuhastina, Y., Parahita, B. N., Astutik, D., Ghufronudin, G., & Purwanto, D. (2020). Sociology Teachers’ Opportunities and Challenges in Facing “Merdeka Belajar” Curriculum in the Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0). Society, 8(2), 732–753. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.234
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Cettra Shandilia Latunusa Ambawani, Giri Sayekto, Harun Joko Prayitno, Indri Chairunnissa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).