Untilisasi Media Gambar dalam Peningkatan Kompetensi Penulisan Cerita Pendek (Cerpen)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1325Keywords:
Gambar Seri, Kemampuan, Menulis CerpenAbstract
Guru harus memperhatikan ketidak mampuan siswa dalam menyampaikan ide dan gagasan secara tertulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan kemampuan siswa SMP untuk menulis cerpen. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan wali dan siswa, totalnya dua puluh lima siswa. Wawancara, observasi, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Dokumen pembelajaran, pedoman wawancara, dan lembar observasi adalah alat pengumpul data. Analisis data mencakup pengumpulan, pengurangan, penyampaian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media gambar untuk menulis cerpen memiliki hasil terbaik; sebagian besar siswa memiliki kemampuan menulis dalam kategori sangat baik dan baik. Oleh karena itu, media gambar dapat digunakan dengan efektif dalam pembelajaran menulis cerpen.
Downloads
References
Bawamenewi, Arozatulo, and Yaredi Waruwu. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa melalui Transformasi Digital Berbasis E-Learning.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. doi:10.19105/ghancaran.vi.11739.
Apriliani, Siwi Pawestri, and Elvira Hoesein Radia. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4): 994–1003. doi:10.31004/basicedu.v4i4.492.
“9832-19788-1-SM.Pdf.”
Aulia, Ridha Shafa, Wahyu Sukartiningsih, and Titik Indarti. 2021. “Pemanfaatan Model Bahan Ajar Pada Materi Menulis Cerpen.” 11(2).
Aziezah, Ratna Kurnia. 2022. “Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 2(2): 94–100. doi:10.53624/ptk.v2i2.56.
Falakhiya, Rina, and Universitas Billfath. 2022. “Pemanfaatan Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Editorial.”
Hanifah, Ifah, and Rian Permana. “Perbedan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Ciawigebang Tahun Ajaran 2014/2015 Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Dan Medi Teks Narasi.”
Hidayah, Nurul, Erwin Akib, and Tarman A. Arif. 2022. “Pengaruh Pendekatan Literasi dengan Teknik 6M Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Narasi dan Kemampuan Bercerita Kelas III.” Jurnal Basicedu 6(6): 9640–49. doi:10.31004/basicedu.v6i6.4064.
Hilaliyah, Tatu, Ike Mutia, and Erwin Salpa Riansi. 2021. “Meta Analisis Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen.” 6.
“(JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar.” 2019. 4.
Kartiniwati, Khusnul, and M Husni Abdullah. 2014. “Penggunaan Media Gambar Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bercerita Tema Lingkungan Siswa Di Sekolah Dasar.” 02.
Mariadi, Mariadi. 2023. “Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Media Gambar Karikatur Koran Jawa Pos.” Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2(4): 428–36. doi:10.51878/teaching.v2i4.1879.
Moto, Maklonia Meling. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan.” Indonesian Journal of Primary Education 3(1): 20–28. doi:10.17509/ijpe.v3i1.16060.
Pratiwi, Andini Hartati. 2023. “Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerita Pendek.”
Reflina Sinaga and Ester Julinda Simarmata. 2020. “MEDIA GAMBAR TERHADAP DISKALKULIA DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Tunas Bangsa 7(2): 219–34. doi:10.46244/tunasbangsa.v7i2.1135.
Sakaria, Sakaria, Asia M Asia M, and Nurul Asmaul Husnah. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen.” Klasikal : Journal Of Education, Language Teaching And Science 4(2): 307–16. doi:10.52208/klasikal.v4i2.232.
Saraswati, Rusty and Wini Tarmini. 2022. “Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(3): 870–76. doi:10.31949/jcp.v8i3.2669.
Suparman. 2021. “Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 7(1): 280–94. doi:10.30605/onoma.v7i1.1181.
Utami, Sifa Hilmia, Dian Indihadi, and Erwin Rahayu Saputra. 2024. “Keterampilan menulis teks deskripsi melalui media gambar lambang negara di sekolah dasar.” 07(02).
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Heking Trisman Harefa, Ifan Jerita Harefa, Edwin Budianto Gulo, Imansudi Zega

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).