Pengaruh Kegiatan Menganyam terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Rusyda Nurhikmah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Herlina Herlina Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Herman Herman Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1323

Keywords:

Menganyam, Keterampilan Motorik Halus, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan pengaruh kegiatan menganyam terhadap keterampilan motorik halus anak usia empat sampai lima tahun Di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pitue. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini sebanyak dua puluh anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh.  Sampel dalam penelitian berjumlah dua puluh anak dengan pembagian sepuluh anak kelompok kontrol dan sepuluh anak kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian ada perbedaan rata-rata keterampilan motorik halus anak usia empat sampai lima tahun di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pitue. Dari hasil analisis uji wilcoxon dapat dibuktikan bahwa hasil hipotesis penelitian yang telah dirumuskan yaitu ada perbedaan rata-rata keterampilan motorik halus anak usia empat sampai lima tahun di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pitue  ada pengaruh kegiatan menganyam terhadap keterampilan motorik halus anak usia empat sampai lima tahun di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pitue. Anak usia dini merupakan anak yang berada pada rentang usia nol sampai enam tahun. Pada usia tersebut, perkembangan terjadi sangat pesat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Herlina Herlina, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar

References

Aep, R., Laurens, S., & Nana, S. (2017). Perkembangan Motorik. Alfabeta.

Anggraini, D. D., & Oktaviani, R. (2022). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini. CV Kreator Cerdas Indonesia.

Aqidah, N. (2022). Kegiatan Menganyam Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Tunas Harapan Kabupaten Kepulauan Selayar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fitrianti, Herlina, & Rusmayadi; (2023). Pengaruh Percobaan Sains Sederhana Terhadap Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 108. https://doi.org/10.26858/edustudent.v2i2.43411

Hasrita, J., Herman, H., & Zainuddin, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak di Taman Kanak-Kanak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Profesi Kependidikan, 217–224. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/29357%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/JPK/article/viewFile/29357/13786

Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430

Istiqmala, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B1 Melalui Kegiatan Menganyam Di TK Siswa Budhi Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Jember.

Komaini, A. (2018). Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. PT Raja Grafindo Persada.

Kuswanto, C. W., Marsya, D., Jatmiko, A., Pratiwi, D. D., Letnan, J., & Endro, K. H. (2021). Kegiatan Meronce Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 16(1), 57–68.

Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Gava Media.

Noor, J. (2017). Metode Penelitian. Kencana.

Pamadhi, H. (2014). Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka.

Sujiono, B., Sumatri, M. ., & Chandrawati, T. (2016). Perkembangan Motorik Anak Taman Kanak-kanak. Metode Pengembangan Fisik, 1–21.

Wahyu, P. (2019). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Pada Kelompok B TK Candra Puspita Kecandran Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Nurhikmah, R., Herlina, H., & Herman, H. (2024). Pengaruh Kegiatan Menganyam terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 5(3), 2953–2959. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1323

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check