Pengaruh Kegiatan Menganyam terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1323Keywords:
Menganyam, Keterampilan Motorik Halus, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan pengaruh kegiatan menganyam terhadap keterampilan motorik halus anak usia empat sampai lima tahun Di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pitue. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini sebanyak dua puluh anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian berjumlah dua puluh anak dengan pembagian sepuluh anak kelompok kontrol dan sepuluh anak kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian ada perbedaan rata-rata keterampilan motorik halus anak usia empat sampai lima tahun di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pitue. Dari hasil analisis uji wilcoxon dapat dibuktikan bahwa hasil hipotesis penelitian yang telah dirumuskan yaitu ada perbedaan rata-rata keterampilan motorik halus anak usia empat sampai lima tahun di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pitue ada pengaruh kegiatan menganyam terhadap keterampilan motorik halus anak usia empat sampai lima tahun di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pitue. Anak usia dini merupakan anak yang berada pada rentang usia nol sampai enam tahun. Pada usia tersebut, perkembangan terjadi sangat pesat.
Downloads
References
Aep, R., Laurens, S., & Nana, S. (2017). Perkembangan Motorik. Alfabeta.
Anggraini, D. D., & Oktaviani, R. (2022). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini. CV Kreator Cerdas Indonesia.
Aqidah, N. (2022). Kegiatan Menganyam Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Tunas Harapan Kabupaten Kepulauan Selayar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Fitrianti, Herlina, & Rusmayadi; (2023). Pengaruh Percobaan Sains Sederhana Terhadap Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 108. https://doi.org/10.26858/edustudent.v2i2.43411
Hasrita, J., Herman, H., & Zainuddin, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak di Taman Kanak-Kanak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Profesi Kependidikan, 217–224. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/29357%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/JPK/article/viewFile/29357/13786
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430
Istiqmala, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B1 Melalui Kegiatan Menganyam Di TK Siswa Budhi Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Jember.
Komaini, A. (2018). Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. PT Raja Grafindo Persada.
Kuswanto, C. W., Marsya, D., Jatmiko, A., Pratiwi, D. D., Letnan, J., & Endro, K. H. (2021). Kegiatan Meronce Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 16(1), 57–68.
Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Gava Media.
Noor, J. (2017). Metode Penelitian. Kencana.
Pamadhi, H. (2014). Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka.
Sujiono, B., Sumatri, M. ., & Chandrawati, T. (2016). Perkembangan Motorik Anak Taman Kanak-kanak. Metode Pengembangan Fisik, 1–21.
Wahyu, P. (2019). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Pada Kelompok B TK Candra Puspita Kecandran Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rusyda Nurhikmah, Herlina Herlina, Herman Herman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).