Penerapan Book Planner Self-Management bagi Siswa untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1319Keywords:
Book Planner Self-Management, Kedisiplinan BelajarAbstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui bagaimana gambaran kedisipilan belajar siswa dan juga untuk mengetahui bagaimana penerapan Book Planner Self-management bagi siswa dalam meningkatkan kedisipilan belajarnya SMAN satu Mancak. Bentuk dari penelitian ini ialah Quasi Eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini sebanyak dua ratus sembilan puluh enam siswa yang merupakan siswa kelas XI Tahun Ajaran dua ribu dua puluh empat atau dua ribu dua puluh lima di SMAN satu Mancak. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yang menghasilkan enam siswa menjadi kelompok eksperimen dan tujuh siswa menjadi kelompok kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuisioner. Pada instrumen angket ini berbentuk multiple choice atau pilihan ganda untuk pretest dan posttest menjadi alat ukur dari kedisiplinan belajar siswa. Instrumen di uji melalui tiga tahap yaitu uji validitas, uji reabilitas dan kategorisasi. hasil uji analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Downloads
References
Agustina, L., Daharnis, D., & Hariko, R. (2019). Peran konselor dalam meningkatkan disiplin siswa: tinjauan berdasarkan persepsi siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1), 15-22.
Aribowo P. R. S, (2002), Control your life manajemen diri. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Asim, T. M. (2016). Pengaruh bimbingan manajemen diri dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology, 2(2) :105-112.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Faridah, F. (2024). Pengembangan Media BOOK PLANNER SELF MANAGEMENT Untuk Perilaku Disiplin Pada Siswa SMA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA).
Hidayat, M. Y. (2017). Pengaruh Kemampuan Mengelola Diri (Self Management) Terhadap Kedisiplinan Belajar dan Kreativitas Berpikir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 30-39.
Jayanti, K. D., (2018). Distribusi Sebaran Angka Kematian Bayi di Kabupaten Kediri Tahun 2014-2018. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 12(2), 156-161.
Pertiwi, R. H. C. (2019). Self Management Dengan Stres Kerja Pada Mahasiswa Pekerja Sistem Part-Time Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 1346-1349.
Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Purwani, R. (2020). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis karakter untuk pembelajaran membaca siswa sd kelas iv. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 180-194.
Rusdinal dan Elizar. (2005) Penerbit Universitas Negeri Malang. Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Akademi Manajemen Perusahaan.
Sevilla-Morales, H., & Chaves, L. (2021). On the Legacy of Translation Theories from the 1950s and 1960s: A Critical Review: A Critical Review. Journal of Translation and Language Studies, 2(1), 33-52.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Smith, M. B. (2011). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1), 22-32.
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian kuantitatif. Bandung: alfabeta.
Sukadji, S., Mahreda, E. S., Halang, B., & Pujawati, E. D. (2014), Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Siswa melalui Penerapan Perangkat Pembelajaran Konsep Ekosistem Lahan Basah dengan Pendekatan Lingkungan. EnviroScienteae, 11(3), 152-160.
Downloads
Published
Versions
- 2024-08-06 (2)
- 2024-07-21 (1)
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ucu Muslihah, Rahmawati Rahmawati, Bangun Yoga Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).