Ragam Model Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1313Keywords:
Pendidikan, Model pembelajaran, Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan anak sejak usia dini harus dilakukan untuk setiap individu dari suatu lembaga ataupun langsung dari orang tua yang melakukan pendidikan untuk anak sejak usia dini, dalam pendidikan anak berbagai metode digunakan oleh orang tua, guru ataupun pendidik. Salah satunya yaitu beragamnya model pembelajaran yang akan kita gunakan pada pendidikan anak sejak usia dini meliputi, model pembelajaran kelompok, area, sudut, dan sentra. Penelitian ini bertujuan untuk memberitahu bahwa ada beragam model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pendidikan anak sejak usia dini pada rentan usia 4-6 tahun. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitaif dengan bentuk deskriptif, subjek ragam dalam model pembelajaran dan yang terlibat dalam penelitian yaitu guru dan anak yang berusia 4-6 tahun, metode pengumpulan data dengan wawancara kepada guru kelas yang mengajar pada kelas B kelompok usia 4-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ragam model pembelajaran pada pendidikan anak usia dini ada empat model pembelajaran telah digunakan ataupun diterapkan guru kepada setiap kelas dan setiap model pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Downloads
References
Afandi. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang : UNISULA Press.
Agus, S. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Farida, Y. (2018). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Hanafi, Z. (2014). Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini TK Batitus Al-Ilmi Bekas. Yogyakarta : Deepublish.
Hasanah, L., Alfilail2, S. N., Rahmawati3, R., Khairunnisa4, A., & Munawaroh5, S. (2024). Ragam Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 8 N.
Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Pelaksanaan Model Pembelajaran Area Di Paud Putra Harapan Kalidengen Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Early Childhood: Jurnal Pendidikan.
Lailan, A. (2017). Model Pembelajaran Sentra Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan., Vol. 10, N.
Mulyana, A. (2021). Pengertian Model Pembelajaran Sudut. Jelajah Informasi.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Suyadi, & Dahlia. (2014). Implementasi Dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrktifistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta : GAVA MEDIA.
Yulitri, R., Putri, W. O., Trisoni, R., & Hardi, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Melalui Kegiatan Outbound Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama. Ristekdikti. Jurnal Bimbingan Dan Konseling
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 KurniaUtami Nursholichah, Hibana Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).