Ragam Model Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Kurnia Utami Nursholichah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Hibana Hibana Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1313

Keywords:

Pendidikan, Model pembelajaran, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan anak sejak usia dini harus dilakukan untuk setiap individu dari suatu lembaga ataupun langsung dari orang tua yang melakukan pendidikan untuk anak sejak usia dini, dalam pendidikan anak berbagai metode digunakan oleh orang tua, guru ataupun pendidik. Salah satunya yaitu beragamnya model pembelajaran yang akan kita gunakan pada pendidikan anak sejak usia dini meliputi, model pembelajaran kelompok, area, sudut, dan sentra. Penelitian ini bertujuan untuk memberitahu bahwa ada beragam model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pendidikan anak sejak usia dini pada rentan usia 4-6 tahun. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitaif dengan bentuk deskriptif, subjek ragam dalam model pembelajaran dan yang terlibat dalam penelitian yaitu guru dan anak yang berusia 4-6 tahun, metode pengumpulan data dengan wawancara kepada guru kelas yang mengajar pada kelas B kelompok usia 4-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ragam model pembelajaran pada pendidikan anak usia dini ada empat model pembelajaran telah digunakan ataupun diterapkan guru kepada setiap kelas dan setiap model pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang : UNISULA Press.

Agus, S. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Farida, Y. (2018). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Hanafi, Z. (2014). Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini TK Batitus Al-Ilmi Bekas. Yogyakarta : Deepublish.

Hasanah, L., Alfilail2, S. N., Rahmawati3, R., Khairunnisa4, A., & Munawaroh5, S. (2024). Ragam Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 8 N.

Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Pelaksanaan Model Pembelajaran Area Di Paud Putra Harapan Kalidengen Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Early Childhood: Jurnal Pendidikan.

Lailan, A. (2017). Model Pembelajaran Sentra Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan., Vol. 10, N.

Mulyana, A. (2021). Pengertian Model Pembelajaran Sudut. Jelajah Informasi.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Suyadi, & Dahlia. (2014). Implementasi Dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrktifistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta : GAVA MEDIA.

Yulitri, R., Putri, W. O., Trisoni, R., & Hardi, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Melalui Kegiatan Outbound Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama. Ristekdikti. Jurnal Bimbingan Dan Konseling

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Nursholichah, K. U., & Hibana, H. (2024). Ragam Model Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini . Journal of Education Research, 5(3), 4036–4040. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1313

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.