Desain Didaktis Jaring-Jaring Bangun Ruang dengan AR dan Benda Konkret
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1310Keywords:
Augmented Reality, jaring-jaring bangun ruang, Didaktik, Bangun datarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hambatan belajar (obstacle learning), mendesain rencana didaktik, melakukan aktifitas dedaktik dan menemukan perubahan setelah dilakukannya tahap retrospektif. Metode menggunakan DDR (Didactical Design Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Data diperoleh melalui proses observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lemahnya kemampuan visualisasi siswa dan kemampuan penguasaan konsep dasar bangun-bangun ruang maka perlukan benda-benda konret dalam mengajarkan konsep jaring-jaring bangun ruang. Media tekhnologi yang sangat membantu dalam menanamkan konsep jaring-jaring bangun ruang adalah media augmented reality (AR). Perubahan yang dilakukan terdapat pada aktifitas penanaman konsep bagian-bagian lingkaran dengan melakukan aktifitas menemukan jumlah sisi dan titik sudut lingkaran menggunakan media konkret lingkaran.Siswa yang memiliki kemampuan visualisasi yang rendah akan kesulitan memahami gambar yang muncul di layar handphone, karena gambar yang muncul kecil sehingg menyulitkan siswa yang memiliki kecerdasan visual yang rendah.
Downloads
References
Aldalalah, O. M., Ababneh, Z., Bawaneh, A., & Alzubi, W. (2019). Effect of Augmented Reality and Simulation on the Achievement of Mathematics and Visual Thinking Among Students. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(18), 164. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i18.10748
Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241
Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135
Asdar, Fajar, & Rahmawati. (2021). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Segi Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Ssues in Mathematics Education, 5, 1–10.
Bukori. (2020). Penggunaan Media Nyata ( konkret ) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pada Peserta Didik. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3, 1748–1753.
Buyung, Wahyuni Rika, & Maryam. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5, 46–51.
Cesaria, A. , & Herman, T. (2019). Learning obstacles in geometry. Journal of Engineering Science and Technology, 3, 1271–1280.
E. P. Rahayu, & S. Salsabila. (2022). Pengembangan Alat Peraga Putaran Jaring-jaring Bangun Ruang untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 13–26.
Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071
Farika, N. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Melalui Media AR (Augmented Reality) Siswa kelas VI SD N Junrejo 01 Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1, 119–145.
Fitriani, R., Surahman, E., & Azzahrah, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11, 6–11.
Indrajatmoko, Y. (2022). Pemahaman Konseptual dan Pemecahan Masalah Siswa pada Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) pada Metode Mind Mapping secara Daring. Unnes Physics Education Journal, 2, 82–91.
Lestari, M. S. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep, Bangun Datar Segiempat, Teori Pemahaman Skemp [Education]. Fakulatas Pendidikan Indonesia.
Nadhifa, Maimunah, N. M., & Roza, Y. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 63–76.
Novianda, D. (2022). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacles) Dalam Pembelajaran Geometri: Literatur Review. Jurnal Gantang, 6(2), 133–139. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.2866
Purwoko, N. E., & Parga Zen, B. (2023). Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality Marker Based Tracking. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(2), 302–312. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.2.1407
Putra, P., & Sofiana, S. (2022). Implementasi Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Matematika 3D Geometric Shapes Berbasis Android. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan Science, 1(08), 1246–1253.
Rahma, Tadjuddin, F. N., & Arifin, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1Campalagian. GriyaJournal of Mathematics Education and Application, 4, 106–115.
Rhamayanti, Y., Handayani, R., & Saleh, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Konsep Bangun Datar Dikelas 5 SDN 100612 Sorik. JURNAL CERMATIKA , 2, 16–20.
Rusnandi, E., Sujadi, H., & Fauzyah, N. F. E. (2024). Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan, 2, 80–97.
Simbolon, A., & Sapri. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 2510–2515.
Sulistiowati, L. D. (2022). Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Materi Bangun Datar. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2, 941–951.
Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika (1st ed., Vol. 1). Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutarto, & Syarifuddin. (2013). Desain Pembelajaran Matematika (K. Sukarma & Syahrir, Eds.; 1st ed., Vol. 14x30). Samudra Biru.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ade Niryan, Habibi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).