Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dengan Bermain Bisik Berantai
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1304Keywords:
Permainan Bisik Berantai, Kemampuan Bahasa Reseptif, Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan anak usia dini merupakan upaya untuk merangsang, membimbing, mengasuh dan memberikan kegiatan pembelajaran yang dapat menghasilkan potensi dan keterampilan anak.Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan bahasa reseptif anak usia lima sampai enam tahun di Taman Kanak – Kanak Islam Nurussalam Maros. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah dua puluh anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampel terdiri dari dua puluh anak, sepuluh anak kelompok eksperimen, sepuluh anak kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian uji uji wilcoxon, diperoleh ada perubahan rata – rata kemampuan bahasa reseptif anak usia lima sampai enam tahun di Taman Kanak – Kanak Islam Nurussalam Maros, ada pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan bahasa reseptif anak usia lima sampai enam tahun di Taman – Kanak Islam Nurussalam Maros.
Downloads
References
Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah, H. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach Dalam Bermain Peran Dan Bererita Terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 48–55. Https://Doi.Org/10.29313/Ga.V3i1.4831
Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.
Annisa, A., Musi, M. A., & Amal, A. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Mentari Kabupaten Takalar. Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–12.
Ariantiningsih, S., Munawar, M., & Sagala, A. C. D. (2023). Pengaruh Permainan Pesan Berantai Terhadap Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 4-5 Tahun Tk Islam Sultan Agung 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(8), 881–888. Https://Doi.Org/10.59141/Japendi.V4i8.2172
Ariska, T. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Di Paud Sahabat Desa Padang Pelasan Kecamatan Air Periuk Kabupaten Seluma. 1–65.
Asti, A. W., & Saodi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 42. Https://Doi.Org/10.35473/Ijec.V3i1.870
Atika Putri, A., Reswita, & Nurhayatun Nufus. (2022). Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Anak Usia 5-6 Tahun. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 112–117. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V5i02.9590
Audi, J. (2018). Jurnal Audi. 3359(18), 91–97.
Burhan, N. M., Herman, & Musi, M. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Melalui Permainan Puzzle Huruf Di Tk Negeri Kartini Kec.Bantaeng Kab.Bantaeng. 10. Https://Doi.Org/10.31004/Jpti.Vxix.Xxx
Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1. Https://Doi.Org/10.22460/Ceria.V1i1.P1-5
Hafrianti, D. N., Wahyuningsih, S., & Sholeha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Whole Brain Teaching. Kumara Cendekia, 8(4), 402. Https://Doi.Org/10.20961/Kc.V8i4.45369
Hardiyanti, S. (2019). Penerapan Metode Permainan Bisik Berantai Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Anak. Skripsi Universitas Tarbiyah Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh, 22=24.
Husar, B. (2022). Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Di Kelompok B Paud Baen Husar Kabupaten Belu. 22–36.
Ien, D. L. (2022). Penerapan Permainan Bisik Berantai Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menyima Siswi Kursusan Asrama Darul Lugho Al Arobiyyah Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022 (Issue 8.5.2017). Institut Agama Islam Darussalam.
Lovita, I., & Ismet, S. (2021). Studi Permainan Bisik Berantai Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jce (Journal Of Childhood Education), 5(1), 107. Https://Doi.Org/10.30736/Jce.V5i1.501
Masita, S. (2022). Penerapan Media Gambar Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Di Taman Kanak-Kanak Kartika Xx-53 Pampang Kota Makassar. Atmospheric Environment, 38(5), 3395–3404. Http://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Buildenv.2015.02.015
Pratiwi, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Kemampuan Sains Dan Berbicara Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 181–200. Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.111.12
Putri, A. K., & Oktaria, R. (2020). Analisis Hubungan Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. 6(2), 98–103.
Putri, M. E., & Nurmaniah, N. (2021). Pengaruh Bermain Pesan Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Salsabila Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 38. Https://Doi.Org/10.24114/Jbrue.V7i1.25784
Rahma, Z. (2019). Penerapan Permainan Bisik Berantai Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Tunas Harapan Tanjung Bintang Lampung Selatan. In Jurusan Teknik Kimia Usu (Vol. 3, Issue 1).
Retyuningsih, R., Aliyah, N., & Fitri, Wahyuning, A. (2023). Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 4, 601–608.
Roswati, E. (2020). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Permainan Chinese Whispers. 7(April), 32–36.
Ulfah, D., Umiasih, E., & Timur, J. (2022). Stimulasi Keterampilan Bahasa Reseptif Anak. Jurnal Tematik, 7.
Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool, 1(1), 53–59. Https://Doi.Org/10.18860/Preschool.V1i1.8177
Yasir, N. (2022). Penerapan Metode Bercakap-Cakap Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Di Taman Kanak-Kanak Permatasari Kota Makassar. Combustion Science And Technology, 21(5–6), 1–49. Https://Doi.Org/10.1080/00102208008946937
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nurazizah Munifah Iksan, Azizah Amal, Rika Kurnia R

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).