Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dengan Bermain Bisik Berantai

Authors

  • Nurazizah Munifah Iksan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Azizah Amal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Rika Kurnia R Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1304

Keywords:

Permainan Bisik Berantai, Kemampuan Bahasa Reseptif, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan upaya untuk merangsang, membimbing, mengasuh dan memberikan kegiatan pembelajaran yang dapat menghasilkan potensi dan keterampilan anak.Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan bahasa reseptif anak usia lima sampai enam tahun di Taman Kanak – Kanak Islam Nurussalam Maros. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah dua puluh anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampel terdiri dari dua puluh anak, sepuluh anak kelompok eksperimen, sepuluh anak kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian uji uji wilcoxon, diperoleh ada perubahan rata – rata kemampuan bahasa reseptif anak usia lima sampai enam tahun di Taman Kanak – Kanak Islam Nurussalam Maros, ada pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan bahasa reseptif anak usia lima sampai enam tahun di Taman – Kanak Islam Nurussalam Maros.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah, H. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach Dalam Bermain Peran Dan Bererita Terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 48–55. Https://Doi.Org/10.29313/Ga.V3i1.4831

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.

Annisa, A., Musi, M. A., & Amal, A. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Mentari Kabupaten Takalar. Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–12.

Ariantiningsih, S., Munawar, M., & Sagala, A. C. D. (2023). Pengaruh Permainan Pesan Berantai Terhadap Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 4-5 Tahun Tk Islam Sultan Agung 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(8), 881–888. Https://Doi.Org/10.59141/Japendi.V4i8.2172

Ariska, T. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Di Paud Sahabat Desa Padang Pelasan Kecamatan Air Periuk Kabupaten Seluma. 1–65.

Asti, A. W., & Saodi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 42. Https://Doi.Org/10.35473/Ijec.V3i1.870

Atika Putri, A., Reswita, & Nurhayatun Nufus. (2022). Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Anak Usia 5-6 Tahun. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 112–117. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V5i02.9590

Audi, J. (2018). Jurnal Audi. 3359(18), 91–97.

Burhan, N. M., Herman, & Musi, M. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Melalui Permainan Puzzle Huruf Di Tk Negeri Kartini Kec.Bantaeng Kab.Bantaeng. 10. Https://Doi.Org/10.31004/Jpti.Vxix.Xxx

Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1. Https://Doi.Org/10.22460/Ceria.V1i1.P1-5

Hafrianti, D. N., Wahyuningsih, S., & Sholeha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Whole Brain Teaching. Kumara Cendekia, 8(4), 402. Https://Doi.Org/10.20961/Kc.V8i4.45369

Hardiyanti, S. (2019). Penerapan Metode Permainan Bisik Berantai Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Anak. Skripsi Universitas Tarbiyah Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh, 22=24.

Husar, B. (2022). Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Di Kelompok B Paud Baen Husar Kabupaten Belu. 22–36.

Ien, D. L. (2022). Penerapan Permainan Bisik Berantai Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menyima Siswi Kursusan Asrama Darul Lugho Al Arobiyyah Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022 (Issue 8.5.2017). Institut Agama Islam Darussalam.

Lovita, I., & Ismet, S. (2021). Studi Permainan Bisik Berantai Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jce (Journal Of Childhood Education), 5(1), 107. Https://Doi.Org/10.30736/Jce.V5i1.501

Masita, S. (2022). Penerapan Media Gambar Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Di Taman Kanak-Kanak Kartika Xx-53 Pampang Kota Makassar. Atmospheric Environment, 38(5), 3395–3404. Http://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Buildenv.2015.02.015

Pratiwi, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Kemampuan Sains Dan Berbicara Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 181–200. Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.111.12

Putri, A. K., & Oktaria, R. (2020). Analisis Hubungan Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. 6(2), 98–103.

Putri, M. E., & Nurmaniah, N. (2021). Pengaruh Bermain Pesan Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Salsabila Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 38. Https://Doi.Org/10.24114/Jbrue.V7i1.25784

Rahma, Z. (2019). Penerapan Permainan Bisik Berantai Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Tunas Harapan Tanjung Bintang Lampung Selatan. In Jurusan Teknik Kimia Usu (Vol. 3, Issue 1).

Retyuningsih, R., Aliyah, N., & Fitri, Wahyuning, A. (2023). Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 4, 601–608.

Roswati, E. (2020). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Permainan Chinese Whispers. 7(April), 32–36.

Ulfah, D., Umiasih, E., & Timur, J. (2022). Stimulasi Keterampilan Bahasa Reseptif Anak. Jurnal Tematik, 7.

Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool, 1(1), 53–59. Https://Doi.Org/10.18860/Preschool.V1i1.8177

Yasir, N. (2022). Penerapan Metode Bercakap-Cakap Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Di Taman Kanak-Kanak Permatasari Kota Makassar. Combustion Science And Technology, 21(5–6), 1–49. Https://Doi.Org/10.1080/00102208008946937

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Iksan, N. M., Amal, A., & Kurnia R, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dengan Bermain Bisik Berantai. Journal of Education Research, 5(3), 2819–2827. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1304

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check