Pengaruh Kesulitan Membaca Huruf Abjad pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1292Keywords:
Kesulitan Belajar, Huruf Abjad, Siswa Sekolah DasarAbstract
Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, terutama dalam teknologi percetakan maka semakin banyak informasi yang tersusun rapi di dalam sebuah buku. Pada semua jenjang pendidikan kemampuan membaca menjadi prioritas yag harus dikuasai oleh siswa. Dengan membaca maka siswa akan mengetahui berbagai informasi. Semakin rajin membaca maka semakin banyak pulalah ilmu yang tersimpan dalam memori siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan dan faktor penyebab kesulitan membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, orang tua siswa, dan siswa yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa faktor yang di dapat yaitu kurangnya kasih sayang orang tua, sikap kurang percaya diri, solusi dari hambatan yang dihadapi adalah selalu memberi motivasi dan dorongan kepada siswa agar percaya diri ketika belajar di sekolah maupun di rumah, memberikan sosisalisasi kepada orang tua untuk membantu dan mendukung keberhasilan siswa dalam meningkatkan kegiatan membaca.
Downloads
References
Anggraini, D. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas SD, 56-67.
Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajarwati. (2011). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Pemula, 78-79.
Fudyartanta. (2011). Psikologi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irham, W. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Islammudin. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jamaris. (2014). Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muhibbin, S. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Samino, S. (2015). Layanan Bimbingan Belajar. Solo: Fairuz Media.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Syaiful Bahri, D. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wuryani Esti, D. (2008). Psikologi Pendidikan . Jakarta: PT Grasindo.
Yin. (2009). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zainal, a. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. remaja rosdakarya.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nofita Lestariningsih, Ratnasari Dyah Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).