Pengaruh Kesulitan Membaca Huruf Abjad pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nofita Lestariningsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Modern Ngawi, Indonesia
  • Ratnasari Dyah Utami Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammdiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1292

Keywords:

Kesulitan Belajar, Huruf Abjad, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, terutama dalam teknologi percetakan maka semakin banyak informasi yang tersusun rapi di dalam sebuah buku. Pada semua jenjang pendidikan kemampuan membaca menjadi prioritas yag harus dikuasai oleh siswa. Dengan membaca maka siswa akan mengetahui berbagai informasi. Semakin rajin membaca maka semakin banyak pulalah ilmu yang tersimpan dalam memori siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan dan faktor penyebab kesulitan membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, orang tua siswa, dan siswa yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa faktor yang di dapat yaitu kurangnya kasih sayang orang tua, sikap kurang percaya diri, solusi dari hambatan yang dihadapi adalah selalu memberi motivasi dan dorongan kepada siswa agar percaya diri ketika belajar di sekolah maupun di rumah, memberikan sosisalisasi kepada orang tua untuk membantu dan mendukung keberhasilan siswa dalam meningkatkan kegiatan membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas SD, 56-67.

Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajarwati. (2011). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Pemula, 78-79.

Fudyartanta. (2011). Psikologi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irham, W. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Islammudin. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamaris. (2014). Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muhibbin, S. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Samino, S. (2015). Layanan Bimbingan Belajar. Solo: Fairuz Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Syaiful Bahri, D. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wuryani Esti, D. (2008). Psikologi Pendidikan . Jakarta: PT Grasindo.

Yin. (2009). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zainal, a. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. remaja rosdakarya.

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Lestariningsih, N., & Utami, R. D. (2024). Pengaruh Kesulitan Membaca Huruf Abjad pada Siswa Sekolah Dasar . Journal of Education Research, 5(3), 3128–3132. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1292

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check