Ekranisasi Novel Hello Salma Karya Erisca Febriani dalam Bentuk Film Hello Salma Sutradara Indra Gunawan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1290Keywords:
Ekranisasi, Unsur Instrinsik, Novel dan Film Helllo SalmaAbstract
Seiring dengan perkembangan zaman, karya sastra juga mengalami kemajuan. Karya sastra yang awalnya berbentuk tulisan kini dapat bertransformasi menjadi bentuk audio visual. Perubahan karya sastra menjadi audio visual ini dikenal sebagai ekranisasi. Seljumlah film yang ceritanya bersumber dari karya sastra sudah mulai diproduksi sejak tahun seribu sembilan ratus duapuluh. Di Indonelsia sendiri sudah banyak genre film yang di adaptasi dari novel cetak sampai novel yang ada di dalam aplikasi penyedia novel online. Salah satu genre yang banyak diubah dari novel ke film adalah genre film Hello salma. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel berjudul Hello Salma karya Erisca Febriani dan film berjudul Hello Salma karya Indra Gunawan. Data dari penelitian ini berupa dialog tokoh setelah ditranskripsi dari paparan bahasa lisan ke bahasa tulis dan didukung data visual, yakni adegan pada film Hello Salma yang menggambarkan struktur cerita dari segi alur, tokoh/penokohan, dan latar. Hasil menunjukkan Dalam proses adaptasi karakter dari novel ke film Hello Salma. Tujuan pelnellitian ini adalah untuk mengetahui perubahan novel ke film yang meliputi penciutan, penambahan serta perubahan bervariasi pada film novel Hello salma karya Erisca Febriani ke dalam film. Hasil penelitian ini ditemukannya aspek penciutan latar, aspek penambahan latar, dan kategori aspek perubahan bervariasi latar.
Downloads
References
Alfianie Alfianie Et Al. (2022). Ekranisasi Unsur Intrinsik Novel Antares Karya Rweinda Ke Dalam Film Antares Yang Disutradarai Oleh Rizal Mantovani. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 1(1): 165–78.
Azkya, Diva, Amalia Nurfadia, Dan Dian Hartati. (2023). Ekranisasi Novel Keluarga Cemara Karya Arswendo Atmowiloto Ke Film Keluarga Cemara Karya Sutradara Yandy Laurens. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 4: 683–96.
Dimas Elstyaji. (2018). Ekranisasi Cerpen Filosofi Kopi Dalam Kumpulan Cerpen Filosofi Kopi Karya Delwi Lelstari Kel Dalam Film Filosofi Kopi Sutradara Angga Dwimas Sasongko Elcranitation. Elkranisasi, 615–628. Https://Www.Ptonlinel.Com/Articlels/Ho W-To-Gelt-Better-Mfi-Results.
Fakhrurozi, J, & Adrian, Q. J. (2020). Elkranisasi Cerpen Kel Film Pendek: Altelrnatif Pelmbellajaran Kolaboratif Di Pelrguruan Tinggi. Selminar Nasional Pelndidikan Bahasa …, 91–97. https://eljournal.unib.ac.id/indelx.php/s elmiba/articlel/vielw/13496
Fakhrurozi, Jafar, & Adrian, Q. J. (2021). Kajian Dan Praktik Elkranisasi Celrpeln Pelrelmpuan Di Rumah Panggung Kel Film Pendek Angkon. Deliksis: Jurnal Pelndidikan Bahasa Dan Sastra Indonelsia, 8(1), 31. https://doi.org/10.33603/dj.v8i1.4417
Hartati, M. R. Y. D. (2022). Elkranisasi Novell Gelelz And Ann Karya Nadhifa Allya Tsana. Jurnal Bastra, 7(2).
Kusumawati, N. T. Y., Djokosujanto, A., & Sumadyo, B. (2021). Elkranisasi Dan Nilai Relligius Novell Weldding Agrelelmelnt Karya Mia Chuz. Diskursus: Jurnal Pelndidikan Bahasa Indonelsia, 3(02), 197. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i 02.8024
Istadiyantha, M.S. Dan Rianna Wati, S.S., M. (2016). Elkranisasi Selbagai Wahana Adaptasi Dari Karya Sastra Kel Film. 1–19.
Melisya. (2021). Analisis Elkranisasi Welbtoon “Terlalu Tampan” Kel Dalam Film Layar Lebar “Terlalu Tampan” Berdasarkan Unsur Naratif Dan Visual. Sastra, 1–17. http://digilib.isi.ac.id/8859/4/melisya_ 2021_naskah publikasi.pdf
Puspitasari, W. N., & Ricahyono, S. (2019). Kajian Elkranisasi Novell “Assalamualaikum Belijing” Karya Asma Nadia Dalam Belntuk Film “Assalamualaikum Belijing” Sutradara Guntur Soelharjanto. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2) 69. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2. 5728
Ramadani, F., & Hartati, D. (2022). Elkranisasi Cerpen Telekung Buat Emak Kel Dalam Film Pendek. Jurnal Pelndidikan Tambusai, 6(3), 13988–13993. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.48 27
Risi Elfelndi, Yelnni Hayati, Z. (2022). Transformasi Celrpeln Madrel Karya Delwi Lelstari Kel Film Madrel Karya Sutradara Belni Seltiawan: Kajian Elkranisasi Risi. Sastra, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.25 0026
Rizki, Nurpiyah, Dan Dian Hartati. (2023). Ekranisasi Novel Ke Film Dear Nathan: Thank You Salma Yang Disutradarai Oleh Kuntz Agus. Geram, 11(1): 10–17.
Salsabila, R. M. (2016). Elkranisasi Novell Gelelz Dan Ann Karya Rintik Seldu Kel Film Gelelz Dan Ann Karya Rizki Balki. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonelsia, 431–441.
Sari, A. (2019). Elkranisasi Novell Kel Dalam Film Ada Surga Di Rumahmu Karya Oka Aurora Skripsi. Skripsi, 2(1), 1–19.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nabila Fitria, Abdul Latif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).