Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.1288Keywords:
Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Kurang berhasilnya tujuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Akibatnya, kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika rendah. Pendekatan RME merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat menggunakan system pembelajaran yang lebih menarik dan realistis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan desain penelitian pretest-posttest Group Design. Siswa kelas VII SMP N satu Bangkinang adalah subjek penelitian ini. Sampel yang digunakan adalah kelas VIIA dan VIIC masing-masing kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah acak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan perbedaan antara pendekatan RME dengan motode konvensional dalam kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP N satu Bangkinang pada pokok pembahasan garis dan sudut. Dari hasil penelitian terlihat bahwa lebih besar maka diterima. Berdasarkan hasil akhir dapat disimpulkan bahwaketerampulan berpikir kritis dengan metode pembelajaran RME mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Algoritma Journal of Mathematics Education, 2(2), 145–165.
Andini, V., Attin Warmi, & Haerudin. (2021). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 106–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v12i1.15086
Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 151. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17902
Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32
Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan Rme Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126
Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (2017). Ethnomathematica Dalam Pembelajaran Matematika (Pembelajaran Bilangan Dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal Dan Tari Khas Madura). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 716. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.716-721
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika (D. S. M. Ibrahim (ed.)).
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan dan Implementasi (1st ed.).
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20
Mendrofa, R. N. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Nalar Siswa Pada Kelas X Smk Negeri 1 Gunung Sitoli Alooa. Warta Dharmawangsa, 15(1), 104–113. https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1053
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579
Oktaviani, R. (2017). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kota Jambi. https://doi.org/10.33087/phi.v2i1.25
Pratiwi, R. J., Djumhana, N., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 195–204. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/viewFile/20659/10385
Rachmantika, A. R. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. 2, 439–443.
Rositawati, D. N. (2018). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514
Samosir, A., Nurmalina, & Wahyuni, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Akar Pangkat Tiga dengan Metode Driil. Journal on Education, 4(4), 1546–1556.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syamsi, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 3 Tapa Bone Bolango. Prosiding Seminar Nasional P, 174–181.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Molli WahyuniAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).