Pengaruh Memory Game Menggunakan Geometrik Shapes terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Nurfadillah Putri Tri Batarisaf Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Azizah Amal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Herman Herman Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1285

Keywords:

Media Memory Game Menggunakan Geometri Shape, Kemampuan Berpikir Logis

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah pelatihan pra sekolah yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilaksanakan dengan memberikan rangsangan pendidikan untuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak siap menerima pendidikan, yaitu melalui jalur formal, saluran non-formal dan informal. Penelitian ini bertujuan untuk yaitu mengetahui pengaruh memory game menggunakan geometric shapes terhadap kemampuan berpikir logis anak usia empat sampai lima tahun di taman kanak – kanak Bowong Cindea sebelum dan setelah diberi perlakuan permainan Memory game menggunakan geometrik shapes di taman kanak – kanak Bowog Cindea. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Memory game menggunakan geometrik shapes sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir logis. Populasi dalam penelitian ini sebanyak dua puluh anak yaitu seluruh anak didik kelompok A. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua puluh anak, sepuluh anak kelompok eksperimen dan sepuluh anak kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh peningkatan rata–rata pada kelompok eksperimen sebesar lima koma sembilan sedangkan pada kelompok control sebesar dua koma sembilan. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa permainan memory game menggunakan geometric shapes terhadap kemampuan berpikir logis pada anak usia empat sampai lima tahun di Taman Kanak – Kanak Bowong Cindea.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Azizah Amal, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar

Herman Herman, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar

References

Akemad Wahyudi, A. I. H., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud- lectura.v4i02.6216

Andriawan, B. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. MATHEdunesa, 3(2), 42–

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8657

Anggraini, P., & Agustin Ningrum, M. (2018). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 7(3), 1–6

Balowa, C. C., Utoyo, S., & Pauweni, A. A. J. (2020). Penilaian Kecerdasan Anak melalui Aspek Perkembangan Kognitif. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(1), 91– 98. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i1.117

Ernawati, N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Melalui Media Smart Box Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Persatuan Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. 1–12.

Indah, N., Stai, P., Surabaya, Y., Arifah, N., & Stai, Y. (2021). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. In Joeces Journal of Early Childhood Education Studies (Vol. 1, Issue 2).

Indarto, D. (2016). Menstimulasi Perkembangan Kognitif Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Permainan Mengelompokan Warna (Stimulates The Cognitive Development Of Logical Thinking Of Children Age 4-5 Years Old Using Color Grouping Games).

Jony. (2013). Memory Game Menggunakan Kinect. Universitas Kristen Petra, 1(1), 1–5.

Kemendikbud. (2011). Mengasah Kecerdasan di Usia 2-4 tahun.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ 8At0XT

Maharani, P. A., & Novieazizah, E. (2021). PENGARUH VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH Montessori dalam buku Pendidikan Anak Prasekolah mengatakan tentang masa peka . Ini merupakan suatu teori yang sangat khas dari Montessori dan banyak. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 159–173.

Monika, S., Palupi, W., & Zuhro, S. (2023). Jurnal Kumara Cendekia https://jurnal.uns.ac.id/kumara Profil Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. 11(1), 2023. https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Okmalianti, R., N, Z., & Solfiah, Y. (2019). Pengaruh Permainan Take Shape Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 116–124.

Rukmini, R. (2021). Bermain Kartu Flash Dan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun Di Wilayah Manukan Loka Tandes Surabaya. Adi Husada Nursing Journal, 6(2), 122. https://doi.org/10.37036/ahnj.v6i2.181

Rusdianti, A., Solfiah, Y., & Kurnia, R. (2020). Pengembangan Media Getar ( Geometri Putar) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1210

Safira, S., & Fidesrinur, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Maze Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.562

Septiati, E. (2018). Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Real. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 207. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2048

Sriastuti, N. P., Lasmawan, I. W., Agung, A., & Ngurah, I. (2014). KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA

KUMARA PEDUNGAN e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4.

Supriyadi, S., Hamdani, D., & Furqon, Y. M. (2018). RANCANG BANGUN ALFABET MEMORY GAME MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM).

Ulum, M. S., & Ropikoh, I. (2018). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Metode One Day One Hadits Pada Anak Usia Tk (Di Madrasah Baitul Hikmah Naringgul Tegallega Bungbulang Garut). WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 58–70.

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Batarisaf, N. P. T., Amal, A., & Herman, H. (2024). Pengaruh Memory Game Menggunakan Geometrik Shapes terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 5(3), 2810–2818. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1285

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check