Pengaruh Memory Game Menggunakan Geometrik Shapes terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1285Keywords:
Media Memory Game Menggunakan Geometri Shape, Kemampuan Berpikir LogisAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini adalah pelatihan pra sekolah yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilaksanakan dengan memberikan rangsangan pendidikan untuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak siap menerima pendidikan, yaitu melalui jalur formal, saluran non-formal dan informal. Penelitian ini bertujuan untuk yaitu mengetahui pengaruh memory game menggunakan geometric shapes terhadap kemampuan berpikir logis anak usia empat sampai lima tahun di taman kanak – kanak Bowong Cindea sebelum dan setelah diberi perlakuan permainan Memory game menggunakan geometrik shapes di taman kanak – kanak Bowog Cindea. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Memory game menggunakan geometrik shapes sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir logis. Populasi dalam penelitian ini sebanyak dua puluh anak yaitu seluruh anak didik kelompok A. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua puluh anak, sepuluh anak kelompok eksperimen dan sepuluh anak kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh peningkatan rata–rata pada kelompok eksperimen sebesar lima koma sembilan sedangkan pada kelompok control sebesar dua koma sembilan. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa permainan memory game menggunakan geometric shapes terhadap kemampuan berpikir logis pada anak usia empat sampai lima tahun di Taman Kanak – Kanak Bowong Cindea.
Downloads
References
Akemad Wahyudi, A. I. H., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud- lectura.v4i02.6216
Andriawan, B. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. MATHEdunesa, 3(2), 42–
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8657
Anggraini, P., & Agustin Ningrum, M. (2018). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 7(3), 1–6
Balowa, C. C., Utoyo, S., & Pauweni, A. A. J. (2020). Penilaian Kecerdasan Anak melalui Aspek Perkembangan Kognitif. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(1), 91– 98. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i1.117
Ernawati, N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Melalui Media Smart Box Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Persatuan Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. 1–12.
Indah, N., Stai, P., Surabaya, Y., Arifah, N., & Stai, Y. (2021). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. In Joeces Journal of Early Childhood Education Studies (Vol. 1, Issue 2).
Indarto, D. (2016). Menstimulasi Perkembangan Kognitif Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Permainan Mengelompokan Warna (Stimulates The Cognitive Development Of Logical Thinking Of Children Age 4-5 Years Old Using Color Grouping Games).
Jony. (2013). Memory Game Menggunakan Kinect. Universitas Kristen Petra, 1(1), 1–5.
Kemendikbud. (2011). Mengasah Kecerdasan di Usia 2-4 tahun.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ 8At0XT
Maharani, P. A., & Novieazizah, E. (2021). PENGARUH VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH Montessori dalam buku Pendidikan Anak Prasekolah mengatakan tentang masa peka . Ini merupakan suatu teori yang sangat khas dari Montessori dan banyak. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 159–173.
Monika, S., Palupi, W., & Zuhro, S. (2023). Jurnal Kumara Cendekia https://jurnal.uns.ac.id/kumara Profil Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. 11(1), 2023. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Okmalianti, R., N, Z., & Solfiah, Y. (2019). Pengaruh Permainan Take Shape Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 116–124.
Rukmini, R. (2021). Bermain Kartu Flash Dan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun Di Wilayah Manukan Loka Tandes Surabaya. Adi Husada Nursing Journal, 6(2), 122. https://doi.org/10.37036/ahnj.v6i2.181
Rusdianti, A., Solfiah, Y., & Kurnia, R. (2020). Pengembangan Media Getar ( Geometri Putar) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1210
Safira, S., & Fidesrinur, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Maze Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.562
Septiati, E. (2018). Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Real. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 207. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2048
Sriastuti, N. P., Lasmawan, I. W., Agung, A., & Ngurah, I. (2014). KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA
KUMARA PEDUNGAN e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4.
Supriyadi, S., Hamdani, D., & Furqon, Y. M. (2018). RANCANG BANGUN ALFABET MEMORY GAME MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM).
Ulum, M. S., & Ropikoh, I. (2018). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Metode One Day One Hadits Pada Anak Usia Tk (Di Madrasah Baitul Hikmah Naringgul Tegallega Bungbulang Garut). WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 58–70.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nurfadillah Putri Tri Batarisaf, Azizah Amal, Herman Herman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).