Implementasi Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Putri Mulianda Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yusuf Hadijaya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1284

Keywords:

Implementasi, Budaya Organisasi, Kinerja Guru

Abstract

Budaya organisasi merupakan salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi kinerja guru. Budaya organisasi yang positif dapat memotivasi guru untuk meningkatkan kinerjanya, sedangkan budaya organisasi yang negatif dapat menghambat kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana menerapkan budaya organisasi dapat meningkatkan mutu pengajaran di MTs Zia Salsabila. Budaya organisasi di sini mencakup nilai-nilai budaya yang diterima bersama Bersama serta telah diimplementasikan dengan baik. Di MTs Zia Salsabila, nilai-nilai budaya yang ditekankan meliputi kedisiplinan, integritas, saling menghormati, dan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan informasi dari Kepala Madrasah serta Tenaga Pendidik atau Guru, dengan menggunakan metode kualitatif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan penelitian dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: Menggunakan budaya organisasi untuk meningkatkan efektivitas guru dilakukan dengan menerapkan kedisiplinan dan kerja sama, dimana upaya kepala sekolah dalam menegakkan peraturan kedisiplinan telah tersusun dengan baik dan dilaksanakan dengan tegas untuk meningkatkan kinerja guru. Perencanaan budaya organisasi di sekolah adalah proses strategis yang berupaya membangun suasana pengasuhan pembelajaran, kerjasama, serta pengembangan pribadi serta profesional. Terbentuknya budaya organisasi dalam lingkungan pendidikan, khususnya di sekolah, memerlukan kerjasama seluruh personel sekolah dan departemen dalam menjalankan nilai-nilai normatif yang telah ditetapkan atau dijadikan pedoman untuk menjaga kestabilan lingkungan pendidikan. Budaya organisasi di MTs Zia Salsabila telah diterapkan dengan baik dan terbukti memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru. Hal ini menunjukkan bahwa budaya organisasi merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alief, Rafli. 2020. Analisis Manajemen Strategi Pada PT. Astrindo Nusantara Infrastruktur. Econ Papers.

Andriani, T. (2018). Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Negeri 8 Kediri. Universitas Negeri Malang.

Barnawi & Arifin, M. 2014. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media

Hadijaya, Yusuf. 2020 Budaya Organisasi. Pusdikra Mitra Jaya.

Harmonika, Sari. 20016. Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Batu Dan SMP Ar- Rohmah Putri Malang, Jawa Timur. Jurnal Al- Muta Aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Kast, Freenman & Rosenzweig. 1985. Organizations And Management, A System And Contingency Approach. New York: Mc Graw Hill Book Company.

Lukman, Hakim. 2011. Membangun Budaya Organisasi Unggul Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Era Kompetitif. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lukman Hakim. 2011. Membangun Budaya Organisasi Unggul Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan di era Kompetitif. Jurnal Manajemen Dan Bisnis.

Moleong, J, Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, J, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. E. 2013. Pengembangan Dan Implementasi Pemikiran Kurikulum Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Porwanto. 2008. Budaya Perusahaan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahadi & Dedi, Rianto. 2010. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Rahadi & Rianto. 2010. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Rivai. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P & Stephen, C. 2003. Organizational Behavior, Concept Contropversies and Applications. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Sagala. H. Syaiful. 2008. Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan. Bandung:

Alfabeta.

Solehah, N. (2015). Implementasi Budaya Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma'ruf Margomulya Tanggamus. UIN Raden Intan Lampung.

Sudjada 1987. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang: Tungggal Mandiri Publishing.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2006. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono . 2011. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tika, Pabundu. 2006 Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cet-1. Jakarta: PT. Bhumi Aksara.

Wirawan.2007. Budaya Dan Iklim Organisasi Teori Aplikasi Dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Wibowo. Budaya Organisasi: Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Zurrahman, Novan. (2019). Implementasi Budaya Sekolah Di SMP IT Fitrah Insani Bandar Lampung. Skripsi Dipublikasikan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Hasibuan, P. M., & Hadijaya , Y. (2024). Implementasi Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru . Journal of Education Research, 5(3), 2802–2809. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1284

Issue

Section

Articles

Categories