Pengembangan Model Pembelajaran Citizen Journalism untuk Meningkatkan Civic Skills dan Civic Empathy pada Mahasiswa
Citizen Journalism
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1269Keywords:
Pengembangan, Model Pembelajaran, Citizen Journalism, Civic Skill, Civic ActivityAbstract
Pengembangan warga negara yang demokratis sesuai dengan karakteristik warga negara abad ke dua puluh satu yang menekankan pada dimensi pendidikan, sosial, politik, sosial budaya, dan ekonomi sehingga diperlukan materi dan metode pembelajaran yang tepat. Disamping itu digitalisasi juga berpengaruh pada karakter generasi muda yang mudah terbawa arus instan informasi. Berawal dari kondisi seperti ini, perlu adanya Penelitian tentang pengembangan model pembelajaran Citizen Journalism untuk meningkatkan civic skills dan civic empathy pada mahasisiwa, dimana penelitian tersebut bertujuan untuk melakukan investigasi dampak pada penggunaan model pembelajaran citizen journalism kepada mahasiswa untuk mengembangkan civic skills dan civic empathy sebagai upaya penguatan Pendidikan karakter bagi para mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan kelas menggunakan model dari bachman. Informan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Teknik informatika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri semester dua yang sedang menempuh mata kuliah Pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahasiswa telah memiliki perangkat keteram- pilan dan empati sebagai bagian dari civic competencies yang membentuk karakter dan moralitas publik mereka. Melalui model pembelajaran citizen journalism, kedua kompetensi tersebut diperkuat dan tampak lebih jelas dengan pola pembelajaran berbuat dan penyelesaian masalah melalui penyelesaian proyek. Selain itu, hasil analisis menunjukkan bahwa model citizen journalism mampu mengembangkan sikap-sikap demokratis mahasiswa seperti keterbukaan, berpikir kritis, toleran, dan bertanggung jawab.
Downloads
References
Ai Tin Sumartini. (2012). Ai Tin Sumartini, 2012 Pengaruh Pembelajaran Pkn Berbasis Project Citizen Terhadap Pengembangan Kompetensi Warganegara Di Era Global Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu. 2010, 284–291.
Anggraeni, L. (2011). melalui Pendidikan Olahraga dalam Nation And Character Building. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(2), 201–205.
Budi Srikandi, M. (2023). Citizen Journalism Sebagai Implementasi Dari Participatory Media Culture Di Era Konvergensi Media. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 8(1), 35–48.
Bruns, A. (2018). Gatewatching and news curation: Journalism, social media, and the public sphere. Peter Lang.
Carpenter, S., Kanver, D., & Timmons, S. (2020). Citizen journalism and civic engagement: Understanding the effects of online hyperlocal news consumption. Digital Journalism, 8(2), 241-259.
Dias, D., & Soares, D. (2018). Civic learning outcomes: a step towards an inclusive higher education. International Journal of Inclusive Education, 22(4), 360–374. https://doi.org/10.1080/13603116.2017.1365956
Gatot Malady, S.IP., M. S. (2022). Nilai- nilai pancasila bagi bangsa indonesia.
Galston, W. A. (2001). Political knowledge, political engagement, and civic education. Annual Review of Political Science, 4(1), 217-234.
Hermida, A. (2016). Social media and the news. In The SAGE handbook of digital journalism (pp. 81-94). SAGE Publications Ltd.
Hidayat, F., & Mulyawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator Untuk Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Kelas 4 Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 111–120.
Hidayat, M., Wahyono, H., & Wulandari, D. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Citizen Journalism: Melatih Keterampilan Mahasiwa Dalam Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(12), 2314–2320.
Hylton, M. E. (2018). The role of civic literacy and social empathy on rates of civic engagement among university students. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 22(1), 87–106.
Mcbride, K., & Shahin, S. (2018). The public editor and civic engagement: The role of ombudsmen in building reader trust. Journalism Practice, 12(6), 686-703.
Middaugh, E. (2019). Civic empathy: A framework for civic education. The Journal of Social Studies Research, 43(3), 277-287.
Mihailidis, P., & Thevenin, B. (2013). Media literacy as a core competency for engaged citizenship in participatory democracy. American Behavioral Scientist, 57(11), 1611-1622.
Nah, S., & Chung, D. S. (2016). Filtering, searching, and sorting: Notions of "good citizen" in an online citizen journalism forum. Computers in Human Behavior, 54, 429-438.
Nugroho, A. (2022). Citizen Journalism and Civic Engagement: A Study of University Students in Indonesia. Journal of Digital Media & Policy, 13(2), 233-248. doi:10.1386/jdmp_00049_1
Obermaier, M., & Reinemann, C. (2021). How user comments on news articles may influence readers' perception of journalists. Journalism Studies, 22(10), 1261-1281.
Prasetiyo, W. H. (2018). Peningkatan Civic Skills Dan Civic Empathy Mahasiswa Melalui Citizen Journalism Project. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 220–230. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21792
Rheingold, H. (2018). Using participatory media and public voice to encourage civic engagement. Media and participation: A site of ideological-democratic struggle, 167-186.
Sadeli, E. H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Melek Politik Siswa Sma Negeri 2 Purwokerto. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v2i1.487
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1941–1954.
Sari, W. P., & Paramita, S. (2018). Citizen Journalism dalam Menanggulangi Masalah Sosial. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(02), 170. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2487
Schrock, A. R. (2016). Civic hacking as data activism and advocacy: A history from publicity to open government data. New Media & Society, 18(4), 581-599.
Utami, R. P. (2023). Empowering Civic Skills through Citizen Journalism Education: A Pedagogical Approach. International Journal of Instruction, 16(2), 1025-1040. doi:10.29333/iji.2023.16257a
Wijaya, S. H. (2021). Cultivating Civic Empathy in the Digital Age: The Role of Citizen Journalism Education. Media and Communication, 9(2), 155-165.
Yamamoto, M., Kushin, M. J., & Dalisay, F. (2019). Civic engagement in the social media age: How online interaction influences offline political participation. The Social Science Journal, 56(3), 337-346.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ita Aristia Sa'ida, Guruh Putro Dirgantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).