Pengaruh Pola Asuh dan Tingkat Pendidikan Orang Tua melalui Perilaku Sosial Anak terhadap Kesiapan Sekolah Anak
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1266Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Tingkat Pendidikan, Perilaku Sosial, Kesiapan SekolahAbstract
Salah satu faktor yang menjadi penentu kesiapan sekolah anak adalah pola asuh orang tua. Tingkat pendidikan orang tua memberikan dampak yang besar terhadap pola interaksi dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pola asuh orang tua dan tingkat pendidikan orang tua melalui perilaku sosial terhadap kesiapan sekolah anak di PAUD Gugus I Kecamatan Martapura Timur, Banjar, Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis jalur. Sampel penelitian sebanyak seratus tiga puluh delapan orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari pola asuh orang tua dua puluh item, tingkat pendidikan orang tua empat belas item, perilaku sosial dua puluh tiga item, kesiapan sekolah anak dua puluh dua item yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kesiapan sekolah anak, tingkat pendidikan orang tua terhadap kesiapan sekolah anak, perilaku sosial terhadap kesiapan sekolah anak, pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial, tingkat pendidikan orang tua terhadap perilaku sosial, pola asuh orang tua terhadap kesiapan sekolah anak melalui perilaku sosial, tingkat pendidikan orang tua terhadap kesiapan sekolah anak melalui perilaku sosial.
Downloads
References
Dalyono. (2019). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.
Damayanti, A. K., & Kristanti, E. P. (2020). Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua. PSIKOVIDYA, 40–52.
Djamarah, S. B. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Hakim, S. N., & Mustamiroh, N. (2017). Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar Ditinjau dari Tingkat Pendidikan Orang Tua. Journal of Early Childhood and Inclusive Education.
Hurlock, E. B. (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Kartono, K. (2019). Pemimpin dan Kepemimpinan. RajaGrafindo Persada.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. IKAPI.
Normiati, Novitawati, & Rizalie, M. (2023). The Effect of Parental Role and Parenting Patterns Thtough Social Behavior on Independence. International Journal of Social Science and Human Researc, 6(12), 7798–7806.
Novitawati. (2013). Kesiapan Sekolah Anak Taman Kanak-Kanak Berbasis Model Pembelajaran Sentra (Studi Kualitatif di Taman Kanak Kanak Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin, tahun 2011. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 109–132.
Novitawati, N. (2022). Developing Fine Motor Skills Using The Explicit Instrcution Model and Assigning Tasks in Cutting Out Group B Patterns In Baitul Makmur Islamic Kindergarten Banjarmasin. E-CHIEF Journal, 2(2), 11-19.
Novitawati, N., & Yulius, H. (2023a). Pemanfaatan Google Site Terintegrasi E-Worksheet Bagi Guru PAUD Kota Banjarmasin. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8298-8303.
Novitawati, N., Anggreani, C., & Reski, P. (2023b). Pemberdayaan Kelompok Ibu Rumah Tangga dalam Pengolahan Labu Kuning Menjadi Camilan Sehat Sebagai Upaya Pencegahan Stunting. JCES: Journal of Character Education Society, 6(1), 27-34
Papalia, D. E. (2018). Human Development (Psikologi Perkembangan). Erlangga.
Putri, S. A. P. (2019). Peranan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kesiapan Bersekolah Anak Memasuki Sekolah Dasar. Psikoborneo, 4(3), 341–348.
Rachman, A., Rini, T. P. W., Anggreani, C., & Shalihah, U. (2023a). Pemanfaatan Media tpack (Technology, Paedagogy, And Content Knowledge) Bagi Guru di Kota Banjarmasin. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13518-13521.
Rachman, A., Verawati, I., & Rusandi, M. A. (2023b). Understanding ‘flexing’: the impact on mental health and public trust. Journal of Public Health, 45(4), e806-e807.
Rachman, A., Sugianto, A., Prayudy, R., & Ramadhan, M. R. (2024). Analysis of Bullying’Perpetrators and Victims in Middle Schools in Banjarbaru City, South Kalimantan. Journal of Education Method and Learning Strategy, 2(01), 115-125.
Rahmawati, A. (2018). Profil Kesiapan Sekolah Anak Memasuki Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 201–210.
Rakhmawati, Rustam Effendi, & Darmiyanti. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Urutan Kelahiran Anak dengan Perilaku Sosial terhadap Kemandirian Anak di TK Gugus Anggrek Kecamatan Banjarmasin a Timur. Prgram Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat.
Santrock, J. W. L. (2018). Life Span Development. Erlangga.
Susanto, A. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Walgito, B. (2019). Teori-Teori Sosial. Andi Offset.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Siti Rukayah, Ali Rachman, Novitawati Novitawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).