The Analisis Kesalahan Berbahasa pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas X MA
Kesalahan Berbahasa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1264Keywords:
Ejaan, Karangan Deskripsi, Kesalahan BerbahasaAbstract
Karangan deskripsi merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa di tingkat Sekolah Menengah Atas. Namun, siswa sering kali melakukan kesalahan berbahasa dalam menulis karangan deskripsi yang dapat mempengaruhi kadar tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan berbahasa siswa Kelas X MA Al-Barokah Kolese. Penelitian termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini adalah kesalahan penulisan yang bersumber dari karangan deskripsi yang ditulis oleh siswa Kelas X MA Al-Barokah Kolese. Data dikumpulkan dengan teknik tes mengarang teks deskripsi secara langsung. Setelah itu, data dianalisis berdasarkan langkah yang dikemukakan oleh para ahli terkait analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan kesalahan yang terdapat pada penulisan kata merupakan kesalahan paling banyak dan diprediksi menjadi potensial mendatangkan kesalahan pada penulisan karangan deskripsi selanjutnya. Analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa dari tiga puluh orang siswa yang menjadi sampel penelitian terdapat kesalahan penulisan kata sebanyak tujuh puluh empat kesalahan, kesalahan penggunaan huruf kapital sebanyak lima puluh satu kesalahan, dan kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak tiga puluh lima kesalahan. Total kesalahan bebahasa secara keseluruhan berjumlah seratus enam puluh kesalahan.
Downloads
References
Abdurahim, A., Santoso, A., & Harsiati, T. (2023). Errors in descriptive essay text for fifth-grade elementary school students. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 11(2). https://doi.org/10.23887/jpbi.v11i2.68956
Ahamed, F. E., & Othman, H. M. (2019). Analysis and assessment of lexical errors committed by Saudi EFL University students in descriptive essay writing (A Case study of College of Science & Arts-Tanumah, King Khalid University). International Journal of English Language and Linguistics Research, 7(6), 1–26. https://doi.org/10.37745/ijellr.13
Andong, N. S., Ibnohashim, M. J., Isnain, A. H., Jarak, A. J., Sabbaha, N. A., Sahali, M. S., & Sakkam, N. I. (2024). Attitudes, motivation, and anxiety on writing academic essay among the senior high school students of Mindanao State University-Sulu. Ignatian International Journal for Multidisciplinary Research, 2(5), 2011–2024. https://doi.org/https://hcommons.org/deposits/item/hc:66377
Azizah, I. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD. Basic Education, 5(24), 2–313. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/4199
Coder, S. P. (1982). Error analysis and interlanguage (2nd ed.). Oxford University Press.
Fadhilah, E. P., Syariani, S., & Ulya, C. (2023). Analisis kesalahan ejaan dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2023.3.1.1-10
Haryono, E. (2023). Metodologi penelitian kualitatif di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2). https://doi.org/10.58403/annuur.v13i2.301
Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis kesalahan berbahasa bidang semantik pada karangan teks deskripsi siswa kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1–9. https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/9402
Jawas, U. (2019). Writing anxiety among Indonesian EFL Students: Factors and strategies. International Journal of Instruction, 12(4), 733–746. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12447a
Jumadi, J., Nurcaya, N., Samad, A. G., & Muhlis, M. (2023). Analisis kesalahan berbahasa pada karangan deskripsi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1563–1577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5028
Kamalia, F., & Al-Fahad, M. F. (2022). Analisis kesalahan berbahasa pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Plus Al-Watasi Caringin Bogor. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 2(2), 54–58. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v2i2.6733
Kartono. (2014). Bunga rampai penelitian bahasa dan sastra (1st ed.). Kantor KBPL Bahasa Provinsi Lampung.
Kismawati, U., Sumarwati, S., & Wardhani, N. E. (2018). Bentuk, faktor penyebab, dan upaya mengatasi kesalahan berbahasa pada karangan eksposisi siswa sekolah menengah atas. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 365–379. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.25
Muzaki, A., Chadis, C., & Agustin, Y. (2019). Pengenalan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar bagi para guru. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(02), 82–86. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3202
Sugiarto, E. (2017). Kitab PUEBI : Pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia (1st ed.). Andi Offset.
Suriamiharja, H. A. (1996). Petunjuk praktis menulis (1st ed.). Depdikbud.
Syahputra, E., & Alvindi, A. (2022). Berlakunya perubahan ejaan yang disempurnakan (EYD) menjadi pedoman umum ejaan bahasa indonesia (PUEBI). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 160–166. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3923
Tarigan, D., & Sulistyaningsih, L. S. (1996). Analisis kesalahan berbahasa (1st ed.). Depdikbud.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187
Wiranti, D. A. (2022). Analisis kesalahan ejaan dalam penulisan karangan deskripsi siswa kelas IV SD 04 Besito Kudus. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 127–132. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8643
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Juflyn Alim, Juharmin Suruambo, Yasmin Rudiyasa, Zidan Lariyos, Satrino Satrino
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).