Pengembangan Model Jigsaw Berbantuan E Modul untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1256Keywords:
Jigsaw, E-Modul, Pembelajaran Kontekstual, Motivasi dan Prestasi BelajarAbstract
Pengembangan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan e-modul bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap model Pembelajaran tersebut, mengetahui desainnya dan mengetahui keefektifan model Pembelajaran tersebut dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Kimia siswa kelas X di SMAN satu Bojong Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE. Peneliti melaksanakan penelitian pada tiga tahap pertama yaitu Analysis, Design dan Development. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMAN satu Bojong Kabupaten Tegal. Sumber data dan sampel penelitian diambil siswa yang berjumlah seratus empat puluh siswa, dan dua orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pretes-postest, angket motivasi belajar siswa, angket model pembelajaran dan observasi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian dari tahap analisis diperoleh data bahwa siswa kelas X SMAN satu Bojong membutuhkan model pembelajaran Jigsaw berbantuan e-modul. E-Modul dan perangkat pembelajaran yang dibuat dinyatakan layak dan memenuhi aspek kelayakan baik dari segi teoritis maupun dari segi empiris. Berdasarkan uji t hasil prestasi belajar dan hasil angket motivasi belajar pada kelas kontrol dan eksperimen diperoleh hasil ada peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbantuan e-modul.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah, v5, n1. Lantanida Jurnal
Agustin, E. Nugroho ACS. Mulyani, S. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar siswa pada Mata Pokok Hidrokarbon Kelas Xc SMAN 1 Gubug. v2 n4. H66-71, Jurnal Pendidikan Kimia, USM
Alfazr, A. S., Gusrayani, D., & Sunarya, D. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menemukan Kalimat Utama pada Tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 111–120. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.2937
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran, v5, n2, h172-182. Lantanida Journal
Imansari, N. Sunaryatiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmu Pendidikan Teknik Eleketro, v2, n1.
Kristalia, A. Yerimadesi. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul pada Materi Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Guide Discovery Learning Terhadap Hasil belajar Kelas X, Jurnal Pendidikan Kimia Undhiksa, V5, n2. pp-54-59. Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK
Chandra, L. M. K. S. B., & Listiani, T. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Mendorong Kedisiplinan Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-14.
Nashirotun, B. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Jigsaw dan Media Tubuh Manusia pada Pembelajaran IPA di MTs. Negeri 4 Klaten Jawa Tengah. Vn .h 402-407
Priliyanti, A. Muderawan, IW. Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. V5, n1, pp. 11-18 p-ISSN: 2614-1086 e-ISSN: 2599-3380 Open Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK
Sariati, NK. Suardana, IN. Wiratini, Ni Made. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas Xi Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran.Universitas Pendidikan Ganesha p-ISSN: 1858-4543 e-ISSN: 2615-6091
Septryanesti, N. Lazulva. (2019). Desain Dan Uji Coba E-Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Pada Materi Hidrokarbon 1JTK: Jurnal Tadris Kimiya v4, n2 202-215 Website: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/index ISSN 2527-9637 (online) ISSN 2527-6816 (print)
Sudiana, I. Suja, IW, Mulyani. (2019). Analisis Kesulitan belajar Kimia Pada Materi kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia. V3.n1.p-ISSN 2087-9040.e-ISSN 2613-9537. http://ejurnal.undiksha.ac.id/ index.php/JPK/indek
Wira Kusuma, A. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal. Universitas Muhammadiyah Malang. Konselor v 7, n1. pp. 26-30 ISSN: Print 1412-9760–Online 2541-5948 DOI: 10.24036/02018718458-0-00/ http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor
Sunarya Herawati, N. Muhtadi, A. (2018). Pengebangan Modul eleketronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 5 No 2,
Kristian Laoli, J. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan BK pada Perkuliahan Filsafat Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan. V, n7
Maydiantoro, A. 2021. Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Diakses dari: http://repository.lppm.unila.ac.id /34333/1/ Model-model %20 Penelitian %20 dan %20 Pengembangan. Pdf
Mulyatiningsih, E. 2016. Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf pada September 2021.
Nugraha, Rahmad Agung. 2019. Model – Model Self Regulated Learning Dalam Meningkat Prestasi Akademik Siswa. Tegal: Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal
Nugraha, Rahmad Agung., Degeng, I Nyoman Sudana., Hanurawan, Fattah., Chusniah, Tutut. 2017. The Effect Of Self-Regulated Learning On High School Students’ Self-Efficacy. International Journal Of Development Research. 7 (07), 13612-13617.
Riyanto, Slamet. Adlis andhita hatmawan. 2020. Metode riset penelitian kuantitatif. Yogyakarta: deepublhis.
Rayanto, Y.H. & Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute
Rusman. 2021. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi 2. Cet. 8. Depok: Rajawali Pers
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi Jurna Pendidikan Ekonomi UM Metro Vol 3 No. 1 (73-82).
Susongko, P. 2019. Aplikasi Model Rasch Dalam Pengukuran Pendidikan Berbasis Program R (M. Agus, Ed.). Tegal: Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal
Susongko, P., Kusuma, M., Arfiani, Y., Samsudin, A., & Aminudin, A. 2020. Revising of the Integrating Scientific Literacy Skills Scale (ISLS) with Rasch Model Analysis. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1583-1602.
Susongko, P., Widiatmo, H., Kusuma, M., & Afiani, Y. 2019. Development of integrated science-based science literacy skills instruments using the Rasch model. Unnes Science Education Journal, 8(3).
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. 2018. Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Makhmudin Makhmudin, Purwo Susongko, Beni Habibi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).