Eksplorasi Etnomatematika Permainan Congklak untuk Operasi Bilangan Bulat pada Masyarakat Batu-belah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1253Keywords:
Permainan Congklak, Operasi Bilangan Bulat, EtnomatematikaAbstract
Konsep matematika sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah yang menyebutkan konsep matematika pada konsep budaya adalah etnomatematika. Etnomatematika adalah suatu ilmu yang digunakan untuk memahami bagaimana matematika diadaptasi dari sebuah budaya. Skripsi ini membahas tentang eksplorasi etnomatematika yang terdapat pada permainan tradisional congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep etnomatematika yang terdapat pada permainan congklak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara yang berkaitan dengan permainan congklak Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Batu-Belah pada bulan juni sampai bulan juli 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep matematika yang ada pada permainan congklak yaitu operasi bilangan bulat seperti penjumlahan. perkalian, dan pembagian. Persamaan linear satu variabel, geometri refleksi(pencerminan) dan untung dan rugi.
Downloads
References
Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75
Alfonsa, M A. 2016. Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 1(1): 1-6
Andriani, 2021. (2011). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh : Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 122.
A Astuti,Z Zulfah & D rian (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung.jurnal pendidikan Tambusai,9222-9231
Astuti, & Sari, N. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) pada mata pelajaran matematika siswa kelas x sma. 1(2), 13–24.
Bishop, A. (2014). by. December.
Casandra, B., Ediputra, K., & Astuti, A. (2023). Validasi Instrumen Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Songket Riau. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(4), 241–245. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i4.63
D'Ambrosio. 1994. Cultural Framing of Mathematics Teaching and Learning. Mathematics Education Library. Cluwer Academik Publisher. 1(3): 443-445.
D'Ambrosio. 1985. Ethnomathematics and its in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics. 5(1): 44-47.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589
Gazali Yuliana, R. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.
Hamzuri, S, Tiarma R. 1998. Permainan Tradisional Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Hidayat, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Negeri 1 Rumbio Jaya. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23–40. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.30
Hilmi Zaki Islahati; Rezza Trie Kusdayati; Saluky Saluky. (2021). Implementasi Bilangan Bulat pada Permainan Tradisional Congklak. Nurjati Journal of Mathematics and Mathematical Sciences, 1(2), 115–129.
J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Kurniati, E. (2016). Permainan tradisinal dan Pertanyaan dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. PT Kharisma Putra Utama.
Ningsih, Arfatin N, Rita. 2018. Penerapan Permainan Tradisional Berbasis Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2 (2): 43-50.
Rumeksa, petrianika n. (2012). Eksplorasi Serat Kapuk (Ceiba Pentandra) dengan Teknik Tenun ATBM dan KEMPA. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa Dan Desain, 3.
Rusmana, D. D. A. (2010). PERMAINAN CONGKAK: Nilai dan Potensinya bagi Perkembangan Kognitif Anak. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 2(3), 537. https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i3.247
Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfa Beta.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana
Zulhendri, Hidayat, A., & Zulfah. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear Dengan Menggunakan Maple Program Studi Pendidikan. 03(02), 389–399.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Alvia Gamela Reza, Zulhendri Zulhendri, Astuti Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).