Eksplorasi Etnomatematika Permainan Congklak untuk Operasi Bilangan Bulat pada Masyarakat Batu-belah

Authors

  • Alvia Gamela Reza Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Zulhendri Zulhendri Universitas Pahlawan Tuanku Bangkinang, Indonesia
  • Astuti Astuti Universitas Pahlawan Tuanku Bangkinang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1253

Keywords:

Permainan Congklak, Operasi Bilangan Bulat, Etnomatematika

Abstract

Konsep matematika sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah yang menyebutkan konsep matematika pada konsep budaya adalah etnomatematika. Etnomatematika adalah suatu ilmu yang digunakan untuk memahami bagaimana matematika diadaptasi dari sebuah budaya. Skripsi ini membahas tentang eksplorasi etnomatematika yang terdapat pada permainan tradisional congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep etnomatematika yang terdapat pada permainan congklak.  Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara yang berkaitan dengan permainan congklak Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Batu-Belah pada bulan juni sampai bulan juli 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep matematika yang ada pada permainan congklak yaitu operasi bilangan bulat seperti penjumlahan. perkalian, dan pembagian. Persamaan linear satu variabel, geometri refleksi(pencerminan) dan untung dan rugi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Alfonsa, M A. 2016. Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 1(1): 1-6

Andriani, 2021. (2011). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh : Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 122.

A Astuti,Z Zulfah & D rian (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung.jurnal pendidikan Tambusai,9222-9231

Astuti, & Sari, N. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) pada mata pelajaran matematika siswa kelas x sma. 1(2), 13–24.

Bishop, A. (2014). by. December.

Casandra, B., Ediputra, K., & Astuti, A. (2023). Validasi Instrumen Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Songket Riau. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(4), 241–245. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i4.63

D'Ambrosio. 1994. Cultural Framing of Mathematics Teaching and Learning. Mathematics Education Library. Cluwer Academik Publisher. 1(3): 443-445.

D'Ambrosio. 1985. Ethnomathematics and its in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics. 5(1): 44-47.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Gazali Yuliana, R. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.

Hamzuri, S, Tiarma R. 1998. Permainan Tradisional Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Hidayat, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Negeri 1 Rumbio Jaya. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23–40. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.30

Hilmi Zaki Islahati; Rezza Trie Kusdayati; Saluky Saluky. (2021). Implementasi Bilangan Bulat pada Permainan Tradisional Congklak. Nurjati Journal of Mathematics and Mathematical Sciences, 1(2), 115–129.

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Kurniati, E. (2016). Permainan tradisinal dan Pertanyaan dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. PT Kharisma Putra Utama.

Ningsih, Arfatin N, Rita. 2018. Penerapan Permainan Tradisional Berbasis Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2 (2): 43-50.

Rumeksa, petrianika n. (2012). Eksplorasi Serat Kapuk (Ceiba Pentandra) dengan Teknik Tenun ATBM dan KEMPA. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa Dan Desain, 3.

Rusmana, D. D. A. (2010). PERMAINAN CONGKAK: Nilai dan Potensinya bagi Perkembangan Kognitif Anak. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 2(3), 537. https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i3.247

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfa Beta.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana

Zulhendri, Hidayat, A., & Zulfah. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear Dengan Menggunakan Maple Program Studi Pendidikan. 03(02), 389–399.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Reza, A. G., Zulhendri, Z., & Astuti, A. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Permainan Congklak untuk Operasi Bilangan Bulat pada Masyarakat Batu-belah . Journal of Education Research, 5(3), 3496–3506. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1253

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)