Pemanfaatan Laboratorium Bahasa di Tingkat Universitas

Authors

  • Lusi Marleni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Karimaliana Karimaliana Universitas Negeri padang
  • Novia Juita Universitas Negeri Padang
  • Havid Ardi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1247

Keywords:

Pemanfaatan, Laboratorium Bahasa

Abstract

Universitas dapat mengevaluasi apakah laboratorium bahasa digunakan secara optimal oleh dosen dan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pemanfaatan laboratorium bahasa sebagai fasilitas pembelajaran bahasa di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Penelitian deskriptif ini dilaksanakan dari bulan Maret-Juni 2024 dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara kepada pihak yang terkait di laboratorium bahasa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Data yang terkumpul dianalasis secara deskriptif dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas yang ada di laboratorium bahasa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai sudah tersedia perangkat keras dan lunak yang lengkap. Yang terdiri dari 40 komputer mahasiswa dan 1 komputer dosen. Selain itu dilengkapi dengan headphone, microphone, TV LED. Beberapa perangkat lunak terdiri dari aplikasi pembelajaran TOEFL dan CAT yang dilengkapi dengan akses internet yang kuat. Laboratorium bahasa ini dimanfaatkan untuk proses pembelajaran bahasa. Selain itu juga digunakan dalam penyelenggaraan webinar dan perlu ditingkatkan. Pemanfaatan laboratorium bahasa sangat bermanfaat bagi civitas akademika. Secara keseluruhan, laboratorium bahasa di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai telah berfungsi dengan baik dan memberikan kontribusi positif bagi pembelajaran bahasa di lingkungan universitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Babu, Y. V. (2013). Enhancing Communication Skills through ELCS Labs of JNTU-H Engineering Colleges in Nalgonda District of Andhra Pradesh : A Review. Journal of Education and Practice, 4(5), 58–64.

Doherty, S., & Moorkens, J. (2013). The Journal of Specialised Translation Issue 19 – January 2013. 19, 122–136.

Early, P. , Swanson, P. B. (2008). Technology for Oral Assessment. ScholarWorks @ Georgia State University, 39–48.

Ibrahimova, F. S. (2023). Language Competence as a Factor of Shaping Human Identity. International Journal of Social Science and Human Research, 06(02), 1111–1114. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i2-43

Krishna, D. (2021). Importance of Language Laboratory in Developing Language Skills. 8(1), 101–106.

Limbi moderne, S., Chireac, S.-M., & Devis ARBONA, A. (2019). Buletinul Ştiinţific al Universităţii Politehnica Timişoara Preserving and saving Quichua language with software. The value of indigenous laboratory of Quichua-Spanish language in San Lucas (Ecuador). Transactions on Modern Languages, 18(1), 54–61.

Mahajan, P. R. (2017). Language Lab a nd It ’ s Role t o Increase Students Employability. 5(01), 1–4.

Meenakshi, M. (2013). Impact of Training Through Language Laboratory on Intonation and Retention of IXth Graders of Kashmir Valley. International Journal of Linguistics, 5(2), 147–157. https://doi.org/10.5296/ijl.v5i2.3391

Navas Brenes, C. A. (2011). The language laboratory and the EFL course. Actualidades Investigativas En Educación, 6(2). https://doi.org/10.15517/aie.v6i2.9209

Nikolić, M., & Cvijetić, M. (2023). The predictive influence of intelligence and communicative language ability on school achievement. Research in Pedagogy, 13(1), 131–145. https://doi.org/10.5937/istrped2301131n

Pangestu, F. (2019). Evaluation of the Implementation of Workshop and. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 172–184.

Sartini, S. (2016). Essential Role Of Language Laboratory To Enhance Nautical Science Student ’ S Communication Ability. 33–58.

Simões, A. R., & Helena, M. (2012). Language Workshops in the Development of Language Awareness Departamento de Educação Departamento de Educação. 2(2), 222–234.

Sudartinah, T. (2013). Maximizing the Advantages of Language Laboratory for English Language Teaching in Senior High Schools.

Tampubolon sahlan, Usman, S., & Srisofian, S. (2018). The Effect of English Laboratory Use in Speaking Ability. International Journal of Research and Review, 5(9), 177–183.

Vijay, G., & Phil, M. (2015). Technology-Integrated Language Teaching. 15(April), 232–238.

Volodymyrivna, O. (2017). Contemporary Methods Of Second Language Research. 74–81.

Wang, L., & Dai, J. (2021). Economic Effect of Language Ability on Income and Employment: The Evidence from China. International Journal of Business and Management, 16(2), 54. https://doi.org/10.5539/ijbm.v16n2p54

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Marleni, L., Karimaliana, K., Juita, N., & Ardi, H. (2024). Pemanfaatan Laboratorium Bahasa di Tingkat Universitas. Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1247

Issue

Section

Articles

Categories