Penggunaan Komputer dalam Pendidikan: Mengubah Paradigma Pembelajaran

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1245

Keywords:

Teknologi digital dalam pendidikan, Transformasi metode pembelajaran, Keterampilan digital siswa, Paradigma pendidikan yang berubah

Abstract

Perkembangan teknologi komputer memberikan dampak yang signifikan terhadap pendidikan dengan mengubah cara belajar yang tradisional. Pemanfaatan komputer dalam dunia pendidikan telah mempengaruhi paradigma pembelajaran sehingga menimbulkan tantangan dan peluang baru bagi pengembangan pengetahuan siswa. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan komputer dalam pendidikan terhadap paradigma pembelajaran, dengan fokus pada perubahan metode, proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus sebagai metode utama untuk memahami secara mendalam dampak informatika dalam pendidikan. Populasi penelitian terdiri dari siswa dan guru yang belajar di berbagai SMA di kota metropolitan dan dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian ini. Metode Pengumpulan Data dan Instrumentasi: Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan analisis dokumen mengenai program dan hasil pembelajaran. Alat penelitian meliputi daftar periksa, kuis terpandu, dan analisis rubrik untuk mengetahui kemajuan siswa. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola, tema, dan hubungan antara penggunaan komputer dalam pendidikan dan mengamati perubahan paradigma pembelajaran. Temuan utama menunjukkan bahwa pemanfaatan komputer dalam pendidikan mengubah paradigma pembelajaran dari pengajaran yang berpusat pada guru menjadi model pengajaran yang mandiri dan mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasibuan, N. (2016). Pengembangan Pendidikan Islam Dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. Fitrah, 1(2), 189. https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.313

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana/Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Jayawardana, H. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika/Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Hadade, H. I. (2015). Efektivitas penggunaan Komputer Sebagai media Presentasi Terhadap peningkatan motivasi Dan Hasil Belajar dalam pembelajaran penjas. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(3), 180. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.6005

Abrianto, D., & Sitompul, H. (2015). Penggunaan media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Sikap inovatif terhadap hasil belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1869

Penggunaan Komputer Sebagai media Pembelajaran Siswa pada pendidikan Berbasis Lingkungan authors Siskanda Dewi. (2022). Education Journal Of Indonesia. https://doi.org/10.30596/eji.v3i2.3207

Lubis, I. (2018). Pengaruh Penggunaan media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Kemampuan berpikir kreataif TERHADAP Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8764

Higgins, S., Xiao, Z., & Katsipataki, M. (2012). "The Impact of Digital Technology on Learning: A Summary for the Education Endowment Foundation." Education Endowment Foundation.

Cuban, L., Kirkpatrick, H., & Peck, C. (2001). "High Access and Low Use of Technologies in High School Classrooms: Explaining an Apparent Paradox." American Educational Research Journal, 38(4), 813-834.

Selwyn, N. (2016). "Education and Technology: Key Issues and Debates." British Journal of Educational Technology, 47(6), 1012-1020.

Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2010). "New Technology and Digital Worlds: Analyzing Evidence of Equity in Access, Use, and Outcomes." Review of Research in Education, 34(1), 179-225.

Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., Bakia, M., & Jones, K. (2009). "Evaluation of Evidence-Based Practices in Online Learning: A Meta-Analysis and Review of Online Learning Studies." U.S. Department of Education.

Li, Y., & Ranieri, M. (2013). "Educational and Social Correlates of the Digital Divide for Rural and Urban Children: A Study on Primary School Students in a Provincial City of China." Computers & Education, 60(1), 197-209.

Tamim, R. M., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Abrami, P. C., & Schmid, R. F. (2011). "What Forty Years of Research Says About the Impact of Technology on Learning: A Second-Order Meta-Analysis and Validation Study." Review of Educational Research, 81(1), 4-28.

Papastergiou, M. (2009). "Digital Game-Based Learning in High School Computer Science Education: Impact on Educational Effectiveness and Student Motivation." Computers & Education, 52(1), 1-12.

Rosen, Y., Wolf, I., & Stoeffler, K. (2020). "Developing Computational Thinking Skills in Students: Learning Outcomes of the Bebras Challenge." Computers & Education, 145, 103736.

Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). "Teacher Technology Change: How Knowledge, Confidence, Beliefs, and Culture Intersect." Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255-284.

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Stianingsih, L., & Al Farisi, T. (2024). Penggunaan Komputer dalam Pendidikan: Mengubah Paradigma Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(3), 3122–3127. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1245

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)