Penggunaan Komputer dalam Pendidikan: Mengubah Paradigma Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1245Keywords:
Teknologi digital dalam pendidikan, Transformasi metode pembelajaran, Keterampilan digital siswa, Paradigma pendidikan yang berubahAbstract
Perkembangan teknologi komputer memberikan dampak yang signifikan terhadap pendidikan dengan mengubah cara belajar yang tradisional. Pemanfaatan komputer dalam dunia pendidikan telah mempengaruhi paradigma pembelajaran sehingga menimbulkan tantangan dan peluang baru bagi pengembangan pengetahuan siswa. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan komputer dalam pendidikan terhadap paradigma pembelajaran, dengan fokus pada perubahan metode, proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus sebagai metode utama untuk memahami secara mendalam dampak informatika dalam pendidikan. Populasi penelitian terdiri dari siswa dan guru yang belajar di berbagai SMA di kota metropolitan dan dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian ini. Metode Pengumpulan Data dan Instrumentasi: Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan analisis dokumen mengenai program dan hasil pembelajaran. Alat penelitian meliputi daftar periksa, kuis terpandu, dan analisis rubrik untuk mengetahui kemajuan siswa. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola, tema, dan hubungan antara penggunaan komputer dalam pendidikan dan mengamati perubahan paradigma pembelajaran. Temuan utama menunjukkan bahwa pemanfaatan komputer dalam pendidikan mengubah paradigma pembelajaran dari pengajaran yang berpusat pada guru menjadi model pengajaran yang mandiri dan mandiri.
Downloads
References
Hasibuan, N. (2016). Pengembangan Pendidikan Islam Dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. Fitrah, 1(2), 189. https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.313
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana/Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924
Jayawardana, H. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika/Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Hadade, H. I. (2015). Efektivitas penggunaan Komputer Sebagai media Presentasi Terhadap peningkatan motivasi Dan Hasil Belajar dalam pembelajaran penjas. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(3), 180. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.6005
Abrianto, D., & Sitompul, H. (2015). Penggunaan media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Sikap inovatif terhadap hasil belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1869
Penggunaan Komputer Sebagai media Pembelajaran Siswa pada pendidikan Berbasis Lingkungan authors Siskanda Dewi. (2022). Education Journal Of Indonesia. https://doi.org/10.30596/eji.v3i2.3207
Lubis, I. (2018). Pengaruh Penggunaan media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Kemampuan berpikir kreataif TERHADAP Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8764
Higgins, S., Xiao, Z., & Katsipataki, M. (2012). "The Impact of Digital Technology on Learning: A Summary for the Education Endowment Foundation." Education Endowment Foundation.
Cuban, L., Kirkpatrick, H., & Peck, C. (2001). "High Access and Low Use of Technologies in High School Classrooms: Explaining an Apparent Paradox." American Educational Research Journal, 38(4), 813-834.
Selwyn, N. (2016). "Education and Technology: Key Issues and Debates." British Journal of Educational Technology, 47(6), 1012-1020.
Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2010). "New Technology and Digital Worlds: Analyzing Evidence of Equity in Access, Use, and Outcomes." Review of Research in Education, 34(1), 179-225.
Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., Bakia, M., & Jones, K. (2009). "Evaluation of Evidence-Based Practices in Online Learning: A Meta-Analysis and Review of Online Learning Studies." U.S. Department of Education.
Li, Y., & Ranieri, M. (2013). "Educational and Social Correlates of the Digital Divide for Rural and Urban Children: A Study on Primary School Students in a Provincial City of China." Computers & Education, 60(1), 197-209.
Tamim, R. M., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Abrami, P. C., & Schmid, R. F. (2011). "What Forty Years of Research Says About the Impact of Technology on Learning: A Second-Order Meta-Analysis and Validation Study." Review of Educational Research, 81(1), 4-28.
Papastergiou, M. (2009). "Digital Game-Based Learning in High School Computer Science Education: Impact on Educational Effectiveness and Student Motivation." Computers & Education, 52(1), 1-12.
Rosen, Y., Wolf, I., & Stoeffler, K. (2020). "Developing Computational Thinking Skills in Students: Learning Outcomes of the Bebras Challenge." Computers & Education, 145, 103736.
Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). "Teacher Technology Change: How Knowledge, Confidence, Beliefs, and Culture Intersect." Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255-284.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Lilis Stianingsih, Taufiq Al Farisi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).