Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi

Authors

  • Dailami Dailami Universitas Asahan
  • Nila Sudarti Universitas Asahan
  • Dewi Sartika Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1236

Keywords:

Problem Based Learning , Kemampuan menulis, Teks Eksplanasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Air Joman Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas XI IPS1 dan kelas XI IPS2) yang diambil secara random sampling class. Pada kelas IPS2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berjumlah 36 dan pada kelas IPS1 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional berjumlah 35. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil nilai kemampuan menulis teks eksplanasi kelas eksperimen memiliki skor rata-rata 82 dan hasil nilai kemampuan menulis teks eksplanasi kelas kontrol memiliki skor rata-rata 63,94. Nilai signifikan yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 17,39 >2,38. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Air Joman Tahun Pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, V. T. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Scripts Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA N 9 Padang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10).

Pinastiti, G. S., & Maret, U. S. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Impelementation of Problem Based Learning to IncreasebStudent Interest and Writing Skill of Explanatory Text. 8(April), 100–108.

Sugiyono. (2015). Metode Pendidikan Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.

Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013.

Tarigan, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Xi Iis Sma Negeri 1 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 123. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Dailami, D., Sudarti, N., & Sartika, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1236

Issue

Section

Articles

Categories