Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1236Keywords:
Problem Based Learning , Kemampuan menulis, Teks EksplanasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri satu Air Joman Tahun Ajaran dua ribu dua puluh tiga atau dua ribu dua puluh empat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ada dua kelas yang diambil secara random sampling class. Pada kelas IPSdua sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berjumlah tiga puluh enam dan pada kelas IPS satu sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional berjumlah tiga puluh lima. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil nilai kemampuan menulis teks eksplanasi kelas eksperimen memiliki skor rata-rata delapan puluh dua membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri satu Air Joman.
Downloads
References
Dewi, V. T. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Scripts Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA N 9 Padang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10).
Pinastiti, G. S., & Maret, U. S. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Impelementation of Problem Based Learning to IncreasebStudent Interest and Writing Skill of Explanatory Text. 8(April), 100–108.
Sugiyono. (2015). Metode Pendidikan Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.
Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013.
Tarigan, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Xi Iis Sma Negeri 1 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 123. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dailami Dailami, Nila Sudarti, Dewi Sartika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).