Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi

Authors

  • Dailami Dailami Universitas Asahan, Indonesia
  • Nila Sudarti Universitas Asahan, Indonesia
  • Dewi Sartika Universitas Asahan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1236

Keywords:

Problem Based Learning , Kemampuan menulis, Teks Eksplanasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri satu Air Joman Tahun Ajaran dua ribu dua puluh tiga atau dua ribu dua puluh empat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ada dua kelas  yang diambil secara random sampling class. Pada kelas IPSdua  sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berjumlah tiga puluh enam dan pada kelas IPS satu sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional berjumlah tiga puluh lima. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil nilai kemampuan menulis teks eksplanasi kelas eksperimen memiliki skor rata-rata delapan puluh dua membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri satu Air Joman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, V. T. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Scripts Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA N 9 Padang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10).

Pinastiti, G. S., & Maret, U. S. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Impelementation of Problem Based Learning to IncreasebStudent Interest and Writing Skill of Explanatory Text. 8(April), 100–108.

Sugiyono. (2015). Metode Pendidikan Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.

Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013.

Tarigan, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Xi Iis Sma Negeri 1 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 123. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Dailami, D., Sudarti, N., & Sartika, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1236

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check