Pengaruh Model Pembelajaran TPACK terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1235Keywords:
TPACK, Kemampuan Menulis, Teks Prosedur KompleksAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks kelas X IPA satu dan X IPA tiga SMA Negeri satu Air Joman, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian two group post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah dua ratus lima belas siswa. Sampel dalam penelitian ini dua kelas yang diambil secara simple random sampling. Kelas X IPA tiga sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas X IPA satu sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajarn TPACK, masing-masing kelas sampel berjumlah tiga puluh enam siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja mengenai menulis teks prosedur kompleks. Berdasarkan hasil nilai kemampuan siswa membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran TPACK terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri satu Air. Maka H nol ditolak dan Ha diterima.
Downloads
References
Aditama, V., & Pratiwi, D. R. (2021). Integrasi Technological Pedagogical
Content Knowledge (Tpack) Dalam Perangkat Pembelajaran Daring Guru Bahasa Indonesia. Basastra, 10(2), 196. https://doi.org/10.24114/bss.v10i2.26621
Fajero, T., Festiawan, R., Anggraeni, D., & Ngadiman. (2021). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota Tegal. 7(2), 342–353.
Hamzah, A., & Lidia, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Literasi Nusantara.
Nusa, P. D., Sumarno, S., & Aziz, A. (2021). Penerapan Pendekatan Tpack Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iii Sd Negeri 1 Kemiri. Jurnal Handayani, 12(1), 91. https://doi.org/10.24114/jh.v12i1.26251
Putri, M. F., & Suwartini, I. (2021). Penerapan Model TPACK Menggunakan Video Pembelajaran pada Materi Teks Eksposisi Kelas X. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 618–624
Rachman, L. L. (2019). Pengaruh Pedagogical Content Knowledge terhaadap Pemahaman Materi Siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun 2018/2019. Skripsi, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Witarsa, R., & Siregar, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Technological Pedagogic and Content Knowledge (Tpack) Terhadap Kognisi Siswa Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 95–106. https://doi.org/10.30762/sittah.v4i1.971
Yanuarista, R. W., Surabaya, U. N., Savitri, A. D., & Surabaya, U. N. (n.d.). Implementasi Teks Prosedur pada Video Tutorial Memasak dalam Media Sosial Tik Tok Abstrak
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nila Sudarti, Tuti Herawati, Sella Novita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).