Pengaruh Model Pembelajaran TPACK terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks

Authors

  • Nila Sudarti Universitas Asahan, Indonesia
  • Tuti Herawati Universitas Asahan, Indonesia
  • Sella Novita Universitas Asahan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1235

Keywords:

TPACK, Kemampuan Menulis, Teks Prosedur Kompleks

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks kelas X IPA satu dan X IPA tiga SMA Negeri satu Air Joman, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian two group post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah dua ratus lima belas siswa. Sampel dalam penelitian ini dua kelas yang diambil secara simple random sampling. Kelas X IPA tiga sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas X IPA satu sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajarn TPACK, masing-masing kelas sampel berjumlah tiga puluh enam siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja mengenai menulis teks prosedur kompleks. Berdasarkan hasil nilai kemampuan siswa membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran TPACK terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri satu Air. Maka H nol ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, V., & Pratiwi, D. R. (2021). Integrasi Technological Pedagogical

Content Knowledge (Tpack) Dalam Perangkat Pembelajaran Daring Guru Bahasa Indonesia. Basastra, 10(2), 196. https://doi.org/10.24114/bss.v10i2.26621

Fajero, T., Festiawan, R., Anggraeni, D., & Ngadiman. (2021). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota Tegal. 7(2), 342–353.

Hamzah, A., & Lidia, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Literasi Nusantara.

Nusa, P. D., Sumarno, S., & Aziz, A. (2021). Penerapan Pendekatan Tpack Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iii Sd Negeri 1 Kemiri. Jurnal Handayani, 12(1), 91. https://doi.org/10.24114/jh.v12i1.26251

Putri, M. F., & Suwartini, I. (2021). Penerapan Model TPACK Menggunakan Video Pembelajaran pada Materi Teks Eksposisi Kelas X. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 618–624

Rachman, L. L. (2019). Pengaruh Pedagogical Content Knowledge terhaadap Pemahaman Materi Siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun 2018/2019. Skripsi, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Witarsa, R., & Siregar, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Technological Pedagogic and Content Knowledge (Tpack) Terhadap Kognisi Siswa Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 95–106. https://doi.org/10.30762/sittah.v4i1.971

Yanuarista, R. W., Surabaya, U. N., Savitri, A. D., & Surabaya, U. N. (n.d.). Implementasi Teks Prosedur pada Video Tutorial Memasak dalam Media Sosial Tik Tok Abstrak

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Sudarti, N., Herawati, T., & Novita, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran TPACK terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks . Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1235

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check