Pengaruh Model Assure Berbantuan Konten Titktok terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1234Keywords:
Model Assure, Konten Tiktok, Menulis AnekdotAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks Anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri satu Tanjung Tiram, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian two group post-test design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini terdapat dua kelas. adapun teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling class. Pada kelas X satu sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa tiga puluh enam siswa dan pada kelas X empat sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran Model Assure Berbantuan Konten Titktok pada konten Billy Fachrul Lubis dengan jumlah tiga puluh enam orang. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik berupa tes tertulis. hasil penelitian dapat dinyatakan Model Assure berbantuan konten tiktok dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri satu Tanjung Tiram.
Downloads
References
Ati, Aster Pujaning, Maria Cleopatra, and Sigit Widiyarto. 2020. “Strategi Pembelajaran Dan Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia: Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0.” Proceedings 1(2):141–46.
Crystallography, X-ray Diffraction. 2019. “済無No Title No Title No Title.” 7:1–23.
Dewanta, A. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa 9(2):79–85.
Hutamy, Ericha Tiara, Fany Swartika, Andi Naila Quin Azisah Alisyahbana, Nur Arisah, and Muhammad Hasan. 2021. “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021 1(1):1270–81.
Mana, Lira Hayu Afdetis. 2021. “Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 2(4):428–29. doi: 10.47387/jira.v2i4.107.
Sukirman. 2020. “Tes Kemampuan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah.” Jurnal Konsepsi 9(2):1–10.
Yani, Sri Rahayu Dinda, and Dina Novita Amaliyah. 2023. “Penerapan Model Assure Dengan Menggunakan Media Power Point Berbasis Animasi Dan Video Dalam Pembelajaran Fiqih.” Raudhah Proud To Be Professionals : JUurnal Tarbiyah Islamiyah 8(1):376–85.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Tuti Herawati, Nila Sudarti, Ilham Triawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).