Pengaruh Model Assure Berbantuan Konten Titktok terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot

Authors

  • Tuti Herawati Universitas Asahan, Indonesia, Indonesia
  • Nila Sudarti Universitas Asahan, Indonesia
  • Ilham Triawan Universitas Asahan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1234

Keywords:

Model Assure, Konten Tiktok, Menulis Anekdot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks Anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri satu Tanjung Tiram, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian two group post-test design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini terdapat dua kelas. adapun teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random  sampling class. Pada kelas X satu sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa tiga puluh enam siswa dan pada kelas X empat sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran Model Assure Berbantuan Konten Titktok pada konten Billy Fachrul Lubis dengan jumlah tiga puluh enam orang. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik berupa  tes tertulis. hasil penelitian dapat dinyatakan Model Assure berbantuan konten tiktok dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri satu Tanjung Tiram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ati, Aster Pujaning, Maria Cleopatra, and Sigit Widiyarto. 2020. “Strategi Pembelajaran Dan Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia: Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0.” Proceedings 1(2):141–46.

Crystallography, X-ray Diffraction. 2019. “済無No Title No Title No Title.” 7:1–23.

Dewanta, A. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa 9(2):79–85.

Hutamy, Ericha Tiara, Fany Swartika, Andi Naila Quin Azisah Alisyahbana, Nur Arisah, and Muhammad Hasan. 2021. “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021 1(1):1270–81.

Mana, Lira Hayu Afdetis. 2021. “Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 2(4):428–29. doi: 10.47387/jira.v2i4.107.

Sukirman. 2020. “Tes Kemampuan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah.” Jurnal Konsepsi 9(2):1–10.

Yani, Sri Rahayu Dinda, and Dina Novita Amaliyah. 2023. “Penerapan Model Assure Dengan Menggunakan Media Power Point Berbasis Animasi Dan Video Dalam Pembelajaran Fiqih.” Raudhah Proud To Be Professionals : JUurnal Tarbiyah Islamiyah 8(1):376–85.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Herawati, T., Sudarti, N., & Triawan, I. (2024). Pengaruh Model Assure Berbantuan Konten Titktok terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot. Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1234

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check