Pengaruh Model Assure Berbantuan Konten Titktok terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot

Authors

  • Tuti Herawati Universitas Asahan, Indonesia
  • Nila Sudarti Universitas Asahan
  • Ilham Triawan Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1234

Keywords:

Model Assure, Konten Tiktok, Menulis Anekdot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks Anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Tiram, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian two group post-test design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini terdapat 2 kelas yaitu kelas X-1 dan X-4 adapun teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random  sampling class. Pada kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 36 siswa dan pada kelas X-4 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran Model Assure Berbantuan Konten Titktok pada konten Billy Fachrul Lubis dengan jumlah 36 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik berupa  tes tertulis. Sesuai dengan hasil penelitian pada nilai kemampuan menulis teks anekdot pada kelas X-1 yang dijadikan sebagai kelas kontrol memiliki skor rata-rata 69,44 dan hasil nilai kemampuan menulis teks anekdot pada kelas X-4 sebagai kelas eksperimen memiliki skor rata-rata 78,06. Dengan nilai signifikan 5% maupun 1% dengan dk = 70 sehingga nilai signifikan dari  5% =  1,66 dan taraf signifikan 1% = 2,38. Diperoleh lebih besar dari  yaitu 25,3  1,66, maka hipotesis Maka pada taraf signifikan 1% dk 70 >  yakni 25,3 > 2,38 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan Model Assure berbantuan konten tiktok dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Tiram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ati, Aster Pujaning, Maria Cleopatra, and Sigit Widiyarto. 2020. “Strategi Pembelajaran Dan Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia: Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0.” Proceedings 1(2):141–46.

Crystallography, X-ray Diffraction. 2019. “済無No Title No Title No Title.” 7:1–23.

Dewanta, A. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa 9(2):79–85.

Hutamy, Ericha Tiara, Fany Swartika, Andi Naila Quin Azisah Alisyahbana, Nur Arisah, and Muhammad Hasan. 2021. “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021 1(1):1270–81.

Mana, Lira Hayu Afdetis. 2021. “Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 2(4):428–29. doi: 10.47387/jira.v2i4.107.

Sukirman. 2020. “Tes Kemampuan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah.” Jurnal Konsepsi 9(2):1–10.

Yani, Sri Rahayu Dinda, and Dina Novita Amaliyah. 2023. “Penerapan Model Assure Dengan Menggunakan Media Power Point Berbasis Animasi Dan Video Dalam Pembelajaran Fiqih.” Raudhah Proud To Be Professionals : JUurnal Tarbiyah Islamiyah 8(1):376–85.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Herawati, T., Sudarti, N., & Triawan, I. (2024). Pengaruh Model Assure Berbantuan Konten Titktok terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot. Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1234

Issue

Section

Articles

Categories