Evaluasi Program Seven Habits With Sunnah Dalam Menunjang Pendidikan Karakter ii Sekolah Dasar Islam Terpadu

Authors

  • Aditya Pebriansyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Indonesia
  • Arum Fatayan Pendidikan Dasar, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Indonesia
  • Yessy Yanita Sari Pendidikan Dasar, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1232

Keywords:

Evaluasi Program, CIPP, Seven Habits with Sunnah, Karakter

Abstract

Implementasi dan keberhasilan dari Program Seven Habits with Sunnah dalam Menunjang Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu, serta mengevaluasi agar mendapatkan hasil program yang optimal dalam suatu kegiatan sekolah dan membentuk karakter peserta didik sesuai sunnah yang diajarkan Rasulullah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model CIPP yang meliputi Contex, Input, Process dan Product. Berdasarkan hasil temuan konteks, dokumentasi menunjukkan program seven habits with sunnah dalam menunjang pendidikan karakter memiliki landasan hukum dan tujuan cukup sesuai dengan visi, misi dan standar kelulusan sekolah. Hasil temuan produk, kuisioner dari 80 siswa, nilai F yang signifikan menunjukkan bahwa dengan adanya program seven habits with sunnah dalam menunjang pendidikan karakter berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pelaksanaan kebiasaan positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, N. W., Fatayan, A., Pranata, K., & Bachrudin, A. (2022). Efektifitas Metode Critical Thinking dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan ( MMP ). 6(5), 4705–4712. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2784

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom Reach Every Student in Every Class Every Day. https://doi.org/10.1111/teth.12165

Cahyaningrum, D., & Suyitno, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Siswa Sd Muhammadiyah Karangkajen Ii Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 65–76. https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.40975

Chen, Y. C. (2019). Effect of Mobile Augmented Reality on Learning Performance, Motivation, and Math Anxiety in a Math Course. Journal of Educational Computing Research, 57(7), 1695–1722. https://doi.org/10.1177/0735633119854036

Fatayan, A. (2022). The Role of University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) in Developing Holistic Education.

Fatayan, A., & A. Ghani, R. (2022). Pendidikan Berkeadaban.

Fatayan, A., Bachrudin, A. A., & Ayu, S. (2022). Evaluasi Efektivitas Sekolah Dasar dan Menengah Muhammadiyah Cabang Ciledug Kota Tangerang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4258–4265. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2850

Fatayan, A., Ghani, A. R. A., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (n.d.). The Dynamics of Learning Loss for Elementary Students Jakarta in the New Normal. 23(6), 196–204.

FATAYAN, A., HANAFI, I., SARI, E., & GHANI, A. R. A. (2019). The Implementation of School Based Management: School Committee Involvement in Islamic Schools. International E-Journal of Educational Studies, 4(7), 106–110. https://doi.org/10.31458/iejes.608131

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Ganesan, M., & Muruganantham, G. (2015). Developing an E-content package by using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54.

Karen E. Bohlin, Deborah Farmer, K. R. (2001). Building Character in Schools. Jossey-Bass A Wiley Company.

Khusna, N. I., Sumarmi, Bachri, S., Astina, I. K., Nurhayati, D. A. W., & Shresthai, R. P. (2022). New Technologies for Project-Based Empathy Learning in Merdeka Belajar (Freedom to Learn): The Use of inaRISK Application and Biopore Technology. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(22), 94–110. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.36153

Miller, J. P., Nigh, K., Binder, M. J., Novak, B., & Crowell, S. (2019). International handbook of holistic education. In International Handbook of Holistic Education. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315112398

Sari, Y. Y. (2017). Membidik Karakter Hebat. Gema Insani Press.

Sari, Y. Y., Zulaiha, S., & Mulyono, H. (2020). The development of a digital application to promote parents’ involvement in character education at primary schools. Elementary Education Online, 19(4), 2564–2570. https://doi.org/10.17051/ilkonline.19.04.001

Visscher, D., & White, N. (2019). New Dimensions of Math Anxiety in an RMARS-Addendum.

Wati, D. P., & Fatayan, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 5193–5200. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I2.1082

Yatri, I., Fatayan, A., & Granatuma, H. F. (2022). The Implementation of School-Based Management in Islamic Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4629–4636. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2239

Yessy Yanita Sari, Nani Solihati, A. F. (2022). Development of a Prophetic Character Education Model for Elementary School Students through the Work. Jurnal Kependidikan, 8(4), 1052–1062.

Zhang, Q., & Wu, F. (2016). State-of-the-Art and Future Directions of Smart Learning. In State-of-the-Art and Future Directions of Smart Learning (Y. Li et a, pp. 257–261). Lecture Notes in Educational Technology. https://doi.org/10.1007/978-981-287-868-7

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Pebriansyah, A., Fatayan, A., & Sari, Y. Y. (2024). Evaluasi Program Seven Habits With Sunnah Dalam Menunjang Pendidikan Karakter ii Sekolah Dasar Islam Terpadu. Journal of Education Research, 5(3), 2694–2703. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1232

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check